Berbagai Makanan Khas Bali


jalanjalanaja.com – Salah satunya kulineran yang banyak disukai ialah kulineran yang dari Pulau Dewata. Ya, makanan ciri khas Bali jangan dilewati, apa lagi bila kitaBanyak orang menjelaskan jika tidak afdol rasanya jika jalanan, tidak sekalian kuliner atau nikmati makanan ciri khas dari wilayah yang didatangi.

Ada beragam macam kulineran ciri khas yang dapat kita coba di Bali.Dimulai dari sajian yang diolah dengan beberapa rempah-rempah sampai kue sebagai makanan penutup juga ada.

Ayam Betutu

Nama makanan ciri khas Bali satu ini tentu tidak asing.Bila liburan ke Bali, pasti menyaksikan menu satu ini nyaris di semua tempat makan.Ayam betutu dibuat dari bumbu betutu, yakni bumbu ciri khas Bali yang dibuat dari kombinasi daun jeruk, sereh, salam, kunyit, kemiri, jahe, bawang merah, dan sebagainya, yang jelas dibuat dari rempah-rempah.

Bumbu ini nanti akan ditempatkan ke rongga pada tubuh ayam saat sebelum diolah, supaya bumbunya menyerap dengan prima dalam olahan ayam itu dan hasilkan cita-rasa yang sedap.Langkah mengolah ayam betutu sendiri bearagam, yakni ayam betutu yang direbus (betutu basah) atau dipanggang (betutu kering). Yang mana jadi favorite, Guys?

Sate Lilit

Bukan hanya Jakarta dan sekelilingnya yang populer dengan sate taichan, Bali mempunyai makanan ciri khas berbentuk sate, yakni sate lilit.Makanan ciri khas Bali satu ini dapat dibuat dari daging ayam atau ikan yang digiling.Daging ini selanjutnya digabung dengan kelapa parut, selanjutnya dililit pada tangkai bambu atau tangkai sereh yang tebal.

Sate ini enaknya dikonsumsi bersama dengan nasi campur Bali.Walau demikian, banyak pula yang menjualnya secara terpisah dengan sauce sambal sebagai sauce cocolan pengiring sate.

Babi Guling

Walaupun makanan ini tidak halal untuk kaum muslim, tetapi makanan ciri khas Bali berikut yang banyak dicari pelancong lokal atau luar negeri. Dagingnya yang empuk dan rasanya yang berbumbu ciri khas Bali jadi target kulineran harus.

Nasi Tepeng

Makanan ciri khas dari Bali ataupun lebih persisnya Gianyar ini dihidangkan dengan cukup benyek, seperti bubur. Nasi benyek ini diperlengkapi dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Ada pula telur dan suwiran daging ayam. Apalagi dengan siraman bumbu rempah-rempah ala-ala Bali, menambahkan kesedapan nasi tepeng satu ini.

Lawar

Walau mempunyai nama lawar, tetapi menu makanan ini bukanlah dibuat berbahan baku lawar tetapi dibuat dari beragam jenis sayur sehatkan dan kaya nutrisi.Beberapa sayur yang dipakai untuk membikin menu makanan lawar ialah seperti kacang panjang, sayur nangka dan kelapa parut.

Baca Juga : 7 Wisata Ini Dianggap Paling Seram di Indonesia, Kamu Berani Ke sini?

Nanti semua sayur itu akan digabung dengan bumbu rempah ciri khas Bali. Menariknya kembali menu makanan ini mempunyai beberapa macam yang dapat kalian dapatkan seperti lawar kuwir yang mempunyai daging entok, lawar ayam dan lawar babi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *