Berbagai Minuman Khas Bali


jalanjalanaja.com – Minuman ciri khas Bali dapat dijadikan menu kulineran alternative saat bertandang ke pulau Dewata. Sekalian nikmati keelokan tujuan rekreasi yang hebat mengagumkan, kamu dapat coba beberapa hidangan makanan atau minuman ciri khas yang berada di Bali. Betul saja, selainnya mempunyai makanan ciri khas, rupanya Bali mempunyai minuman ciri khas.Ditambah lagi cuaca di Bali yang condong panas, membuat jumlahnya minuman fresh ciri khas Bali yang dapat kamu eksplor. Ini kali akan kami beri beberapa referensi minuman ciri khas Bali yang unik dan beri kesegaran yang harus kamu coba saat berekreasi ke Bali.

Es Tambring

Es tambring, atau kerap disebutkan tambring saja, sebagai minuman dengan bahan dasar serutan kelapa muda dan digabungkan dengan rasa asam jawa. Kombinasi itu hasilkan rasa renyah dan manis. Dan yang membuat rasanya makin berasa ciri khas ialah kombinasi putih telurnya.

Es Daluman

Es daluman sebagai panggilan untuk es cincau hijau yang berada di warga Bali. Tetapi yang membandingkannya dengan es cincau hijau wilayah yang lain ialah pada kuah santannya. Es daluman dibuat dari daun daluman dan daun cincau, digabung dengan kuah santan dari kelapa bakar . Maka tidak boleh bingung bila ada tapak jejak gosong wangi pada es ini.

Loloh Cemcem

Loloh cemcem ialah minuman ciri khas dari Dusun Penglipuran, salah satunya dusun yang populer di Bali. Loloh sendiri memiliki arti jamu dengan bahasa Bali. Loloh cemcem dibuat dari buah asam, daun cemcem, dan kombinasi gula dan garam. Minuman ini mempunyai rasa yang unik, di antara asam, manis, dan asin. Karena dibuat dari daun dan rempah, loloh cemcem memiliki kandungan banyak manfaat untuk kesehatan, lho.

Baca Juga : 7 Pulau di Indonesia yang Dikenali Berhantu, Kamu Berani Datang?

Es Bir

Es bir sebagai minuman ciri khas Bali yang dibuat dari kombinasi kelapa muda dan perasan jeruk nipis. Berlainan dengan bir secara umum, es bir ciri khas Bali ini tidak beralkohol. Gabungan kelapa muda dan jeruk nipis itu hasilkan rasa manis, asam, dan fresh yang unik. Pas untuk dimakan saat cuaca panas.

Brem

Brem sebagai minuman peragian yang dibuat dari kombinasi ketan hitam dan ketan putih, difermentasi dengan ragi tape, dan beralkohol di antara 3-5 %. Minuman ini dahulunya dipakai pada upacara umat Hindu di Bali, intinya Upacara Tabuh Rah. Tetapi, sekarang minuman ini telah banyak diketemukan dalam aktivitas setiap hari dan jadi sajian menarik untuk pelancong.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *