Berbagai Makanan Khas Aceh


jalanjalanaja.com – Berada pada bagian barat Indonesia, Aceh mempunyai beberapa sajian yang dibikin memakai kombinasi rempah dan sistem mengolah yang bermacam hingga hasilkan cita-rasa yang unik dan sedap. Mencuplik buku Masakan Aceh, keunikan makanan Aceh kerap menggunakan belimbing sayur untuk olahan ikan laut untuk memberikan rasa fresh dan kurangi wewangian amis ikan. Disamping itu, kombinasi rempah seperti cengkeh, lawang, kapulaga, pala, kayu manis dan akar manis kerap dipakai untuk menambahkan kesedapan.

Mie Aceh

Kulineran yang ini telah banyak ada di beberapa wilayah. Umumnya Mie Aceh dipasarkan di warung makanan ciri khas Aceh bersama dengan Teh ambil dan martabak.Mie Aceh mempunyai struktur yang kenyal dengan bumbu rempah yang renyah dan kaya rempah. Ada variasi mie goreng atau mie kuah dengan telur, daging, kepiting, seafood, dan lain-lain.Mie Aceh paling sedap bila dikonsumsi saat hujan, bermacam rempah yang terdapat di dalam satu porsi mie aceh dapat menghangatkan tubuh Kalian bisa juga membuat hidangan serba berkuah yang dapat bisa dikonsumsi saat hujan. Tabloid “Sajian” berisi menu hangat berkuah yang dapat Kalian kerjakan.

Kuah Masam Keu-Neung

Sepintas kulineran ini seperti kari ya, Kalian. Tetapi kuah dari Keuneung ini rasanya beri kesegaran. Untuk kamu pencinta kulineran berkuah, kuah masam keu eung harus dicoba.Kulineran ini umumnya menggunakan ikan tongkol, tenggiri, bandeng atau kakap. Ikan direbus ke air mendidih yang sudah diberi bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, kunyit, daun jeruk, dan belimbing wuluh. Biasanya warga Aceh mengolah kuah masam ini memakai periuk tanah liat supaya rasanya makin sedap dan wangi.

Baca Juga : Resep Rendang Sapi Khas Padang dan Tips Memasaknya

Rujak Aceh

Rujak Aceh ialah kulineran yang beri kesegaran yang terbagi dalam potongan buah seperti rujak secara umum. Tetapi yang memikat pada rujak aceh ialah pemakaian buah rumbia. Buah rumbia ialah buah yang cuma bisa dijumpai di kepulauan Sumatra. Rasa dari buah rumbia condong sepat, tetapi rasanya cocok saat bersatu dengan potongan buah yang lain.

Ungkot Kemamah

Eungkot Keumamah sebagai masakan ciri khas Aceh yang dibuat dari ikan dan mempunyai cita-rasa yang melawan, Kalian. Ikan yang dipakai ialah ikan tuna yang direbus lalu dikeringkan, lalu diirisi. Supaya lebih sedap, kulineran ini dipertambah beragam jenis bahan seperti santan kelapa, kentang, cabe hijau dan rempah yang lain.

Kabarnya masakan ini ialah makanan beberapa pejuang Aceh saat menantang penjajah. Ini karena ikan yang dipakai diproses sebegitu rupa hingga dapat tahan lama. Ikan tuna yang sudah melalui proses pengeringan jadi tidak gampang basi, hingga dapat dibawa oleh beberapa pahlawan sebagai lauk saat mereka sedang berusaha.

Kuah Sie Itek

Kulineran ciri khas Aceh satu ini ialah opsi pas yang suka cita-rasa daging itik. Bebeda dengan kulineran dengan bahan itik secara umum, makanan asal Aceh satu ini mempunyai resep tertentu dengan beragam bumbu-bumbu yang membuat sanggup memberikanmu pengalaman konsumsi olahan itik yang lain.

Rujak Aceh

Ingin melahap kulineran ciri khas Aceh yang beri kesegaran? Rujak Aceh jawabnya. Dibuat dari buah rumbia yang banyak diketemukan di Aceh dan disirami sauce rujak, panganan ciri khas Aceh ini sering dihidangkan dingin dengan parutan es hingga membuat semakin beri kesegaran!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *