Daftar 7 Gunung Paling tinggi di Pulau Jawa


Daftar 7 Gunung Paling tinggi di Pulau Jawa – Posisinya yang tepat ada pada garis cincin api bumi membuat pulau Jawa banyak ditempati gunung-gunung berapi aktif. Tak heran, di pulau ini banyak pegunungan tinggi yang cantik yang sering jadi tempat pendakian beberapa petualang.

Bukan hanya menerangkan 7 pucuk paling tinggi di dunia, di indonesia ada juga istilah seven summits of indonesia atau 7 pucuk paling tinggi di Indonesia, di mana pegunungan itu diambil satu demi satu dari beberapa kepulauan di Indonesia.

7 Gunung Paling tinggi di Pulau Jawa

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru sebagai gunung api aktif yang disebut gunung dengan ketinggian 3676 mtr. di permukaan laut, yang jadikan pucuknya yang disebutkan mahameru jadi pucuk atau tanah paling tinggi di pulau jawa. Gunung ini punyai daya tarik keelokan yang paling hebat. Di atas ketinggian gunung ini, ada danau yang diberi nama ranukumbolo, yang menjadi satu diantara tempat paling romantis di gunung yang ada di Malang, Jawa Timur ini.

2. Gunung Slamet

Gunung Slamet ialah gunung api aktif yang ada di tempat kabupaten banyumas, purbalingga, tegal dan pemalang. Gunung ini memiliki ketinggian 3428 mdpl dan sebagai gunung paling tinggi ke-2 di pulau jawa.

3. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing ialah gunung api yang ada di Pulau Jawa, Indonesia. Tegak dengan tinggi 3.372 mtr. dari permukaan laut, gunung ini berada di tiga kabupaten Jawa tengah, yakni Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo.

4. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno (kadang dilafalkan Gunung Arjuna) ialah sebuah gunung berapi kerucut (istirahat) di Jawa Timur, Indonesia dengan ketinggian 3.339 m dpl. Gunung Arjuno yang berada berdekatan dengan Gunung Welirang ini tidak memilki kawah, hingga asap putih yang umum kelihatan sebetulnya datang dari Gunung Welirang. Pucuk Arjuno dikenali bernama pucuk Ogal Agil yang ada pada ketinggian 3.399 mdpl.

5. Gunung Raung

Gunung berapi kerucut ini berada di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia dengan ketinggian 3332 mdpl Secara administratif, teritori gunung ini terhitung dalam daerah tiga kabupaten di daerah Jenguki, Jawa Timur, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.
Gunung ini sebagai salah satunya tujuan pendakian, karena lajur tracknya yang dipandang melawan. Gunung raung memiliki sebuah pucuk yang paling populer, yang disebutkan dengan pucuk sejati. Gunung ini sebagai salah satunya dari seven summits java.

6. Gunung Lawu

Pas di tepian Jawa tengah (Kabupaten Wonogiri) dan Jawa Timur (Kabupaten Magetan), berdiri tabah Gunung Lawu. Gunung ini mempunyai tiga pucuk, Pucuk Hargo Dalam, Hargo Dumling dan Pucuk Hargo Dumilah. Antara ke-3 pucuk itu, Pucuk Hargo Dumilah sebagai pucuk paling tinggi dengan ketinggian 3,265 mdpl.

7. Gunung Welirang

Gunung paling akhir dengan tinggi 3.156 mdpl ini, walau tingginya berbeda, terletak yang bersisihan dengan Gunung Arjuna membuat Gunung Welirang memperoleh panggilan sebagai saudara kembar Gunung Arjuna. Dengan bahasa Jawa, “Welirang” memiliki arti belerang. Ini bisa disaksikan pada pucuk Welirang yang diselimuti asap putih dari kawahnya yang menyembur belerang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *