Ngarai Sianok, Keindahan Panorama Lembah di Bukittinggi


Ngarai Sianok, Keindahan Panorama Lembah di Bukittinggi – Kota Bukittinggi di Sumatera Barat mempunyai banyak kekayaan alam yang mempesona. Salah satunya objek wisata alam di Bukittinggi yang hendak membuat kamu terkesima ialah Ngarai Sianok.

Ngarai Sianok sebuah lembah yang mempunyai panjang 15 km dan lebar 200 mtr.. Lembah yang mempunyai kedalaman 100 mtr. ini terkenal sampai luar negeri lho.

Lembah menakjubkan ini melewati 3 teritori di Bukittinggi yakni Nagari Koto Gadang, Nagari Sianok Enam Suku, dan Palupuh. Disamping itu, lembah yang ini jadi komunitas flora dan fauna.

Teritori ini mempunyai panggilan lain yakni, Lembah Pendiam, karena situasinya yang tenang dan damai. Disokong dengan udaranya yang bersih dan sejuk, disertai latar suara kicauan burung dan gemericik air sungai, ngarai ini pas sebagai tempat melepas beban pemikiran dari kegiatan rutin setiap hari.

Karena itu, banyak masyarakat Kota Bukittinggi isi akhir minggu mereka dengan olahraga disekitaran ngarai ini. Olahraga yang umum dilaksanakan di sini diantaranya, trackking, naik sepeda gunung, atau sekadar jalan-jalan enteng melepaskan kepenatan.

Bila Anda cuma berkunjung sesaat di Bukittinggi dan tidak mempunyai beberapa waktu, tak perlu cemas. Anda masih bisa nikmati keindahan panorama Ngarai Sianok yang menghijau dari terlalu jauh pada tempat namanya Taman Panorama.

Baca Juga : Pantai Caruban Tetangganya Pantai Indah Layur

Sejarah

Proses terciptanya lembah ini muncul karena gerakan patahan bumi. Patahan itu berwujud berliku – kelok dan memanjang dari samping selatan Nagari Koto Gadang ke Nagari Sianok Enam Suku. Sampai pada akhirnya patahan ini stop di Palupuh.

Menurut pengetahuan geologi, lembah hasil patahan ini dikatakan sebagai sisi yang memotong pulau Sumatera jadi dua. Patahan ini diberi nama patahan Semangko yang memanjang dari Aceh sampai Teluk Semangka di Lampung.

Patahan Semangko hasilkan tebing terjal yang mengapit lembah ini. Tidak itu saja, karena patahan ini lalu tercipta saluran sungai Tangkai Sianok yang airnya demikian fresh dan bening. Patahan ini hasilkan Pegunungan Bukit Barisan yang populer.

Lokasi

Lembah yang pantas dipertemukan dengan keindahan Grand Canyon National Park Amerika ini ada di perbatasan kota Bukittinggi. Lembah yang keindahan panorama alamnya demikian memikat ini persisnya ada di daratan tinggi Minangkabau.

Lokasi lembah yang ini tepatnya ialah di Dusun Sianok, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Propinsi Sumatera Barat. Meskipun secara administratif letak lembah yang ini ada di Kabupaten Agam, tetapi akses ke pusat perkotaan Bukittinggi malah lebih dekat.

Jalan ke Ngarai Sianok

Rute ke arah lembah ini termasuk gampang. Bila kamu dari Bandar Udara Internasional Minangkabau yang ada di Padang, perlu naik mobil persewaan atau mini bis jalur Padang – Bukittinggi.

Jarak di antara Padang dengan Bukittinggi sekitaran 90 km hingga kamu perlu berkendaraan sepanjang 2 jam. Sesampai di Bukittinggi, kamu dapat meneruskan perjalanan dengan transportasi umum untuk capai lokasi.

Bila ingin perjalanan yang semakin nyaman, seharusnya naik kendaraan individu. Tidak itu saja, ada beberapa biro travel yang sediakan jasa antara ke lokasi. Kamu dapat pergi dan pulang kapan pun sama sesuai kemauanmu jika memakai ke-2 model transportasi itu.

Perjalanan ke arah lembah ini meletihkan dan memerlukan waktu yang lama. Tetapi, perjalananmu tidak berasa menjemukan. Sejauh perjalanan kamu akan disajikan pemandangan yang menganakemaskan mata.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *