Gunung Rinjani, Wisata Pendakian Taman Nasional NTB Lombok


Gunung Rinjani, Wisata Pendakian Taman Nasional NTB Lombok – Gunung Rinjani Lombok ialah salah satu gunung paling tinggi yang terdapat di Indonesia dengan ketinggian 3. 726 mdpl. Panorama gunung Rinjani begitu eksotis dengan banyaknya garis kontur yang terdapat di gunung tersebut mulai dari hutan rimbun, semak belukar, sampai padang savana yang luas.

Belum lagi dengan kawah segara anak yang telah populer akan keindahannya. Banyak pendaki lokal ataupun mancanegara menjadikan Rinjani sebagai sasaran utama dan impian dalam pendakian mereka. Bukan sebab keindahannya saja tetapi tantangan yang wajib dialami dalam 10 jam perjalalanan pendakian mengarah puncak dengan bermacam keadaan lintasan di gunung terindah di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat ini.

Gunung Rinjani masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani( TNGR) yang mempunyai luas lebih dari 75. 000 hektar. Gunung Rinjani terletak di bagian utara pulau lombok. Sehingga sepanjang proses pendakian akan dipantau langsung lewat pos- pos yang sudah disediakan.

Banyak keindahan lain yang bisa ditemui di jalan pendakian Gunung Rinjani. Misalnya terdapat keindahan bunga edelweis, keindahan samudra di atas awan, keindahan pasir dan tebing berbisik, dan masih banyak lagi yang akan menemani ekspedisi mengarah ke puncak sehingga membuat ekspedisi yang meletihkan terbayar tuntas. Apalagi keindahan gunung ini banyak pembentuk penciptaan film menjadikannya sebagai latar balik.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Pandeglang Paling Mempesona

Sejarah Taman Nasional Gunung Rinjani

Gunung Rinjani ialah gunung yang masih aktif dan jadi gunung aktif terbanyak kedua di Indonesia. Tingginya gunung Rinjani membuat dominasi panorama alam pulau Lombok spesialnya pada bagian utara nampak dengan jelas.

Untuk para pendaki terdapat baiknya untuk tiba kesini pada bulan juli hingga agustus sebab ialah waktu yang pas dengan hawa yang sejuk akan kamu temui disini. Pada bulan tersebut pula keadaan tanaman yang terdapat di gunung Rinjani begitu hijau dan nampak lebih eksotis.

Kawah Rinjani

Gunung Rinjani memiliki kawah yang besar dengan diameter kurang lebih 10 kilometer. Kawah Rinjani pula dipadati dengan air sehingga membentuk suatu danau ataupun segara yang dinamakan segara anak.

Di kawah ini pula ada gunung kecil yang menaikkan keindahan segara anak. Airnya juga jernih dan hangat dengan banyak ikan di dalamnya. Kedalaman segara anakan diperkirakan lebih dari 200 m sehingga membuat warna biru hitam bagian atasnya.

Jalan Pendakian

Untuk yang mau mendaki gunung Rinjani disediakan 2 jalan yang relatif gampang. Walaupun banyak jalan lain yang bisa ditempuh akan namun 2 jalan inilah yang sangat dianjurkan sebab jalan lain memiliki medan yang lebih ekstrem.

2 jalan tersebut merupakan jalan sembalun dan jalan senaru. Jalan sembalun ialah jalan yang sangat gampang dengan bidang yang lumayan datar dan tidak sangat miring, ada pula jalan senaru mempunyai medan dan kemiringan yang lebih akan namun sanggup memangkas ekspedisi sepanjang 1 kilometer.

Kedua jalan ini mempunyai tiap- tiap 3 pos untuk memantau keadaan para pendaki. Di pos- pos ini para pendaki bisa istirahat dan mendirikan tenda untuk istirahat.

Keindahan Puncak dan Danau Segara Anak

Terlebih yang bisa dikatakan akan keindahan puncak Rinjani yang begitu indah. Dari mari nampak segala gugusan daerah pulau Lombok apalagi hingga dengan puncak gunung Agung yang terdapat di Bali. Tidak akan terdapat kata yang bisa menggambarkan keindahannya tidak hanya luar biasa.

Di mulai dari keindahan kaldera kawah Rinjani yang menggangga sebesar 10 kilometer dengan kawah indah segara anak beserta gunung kecilnya. Jauh memandang masih terdapat lautan yang memisahkan pulau Bali dengan pulau Lombok. Sampai hingga di puncak gunung Agung yang menggaung.

Tidak sedikit para pendaki yang tertegun lama sampai meneteskan air mata mau meluapkan seluruh emosinya untuk perjuangan mencapai keindahan Si Pencipta. Puas dengan panorama yang terletak di puncak Rinjani tibalah waktunya turun untuk istirahat sejenak sambil menikmati keindahan segara anak.

Untuk hingga ke segara anak memerlukan waktu yang lumayan lama sebab wajib turun dari ketinggian 3. 726 mdpl ke 1. 700 mdpl dengan jalan turun yang lumayan beresiko sebab kemiringannya.

Dikala hingga ke segara anakan tentu akan terbuat takjub kembali dengan keindahan danau surga ini. Terletak diantara gunung- gunung dan tebing yang berdiri kuat, air segara anakan menaruh pantulan yang mendalam dan menampakkan eksotisme kegagahan Rinjani.

Terlebih bila terletak pada dikala matahari tenggelam hingga semburat warna orange akan menghiasi warna tebing dan warna air di segara anakan.

Tidak akan terdapat kata yang bisa melukiskannya sehingga sebagai pendaki sejati harus rasanya untuk muncul di gunung ini untuk bersama menikmati keindahan segara anakan dan puncak Rinjani.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *