Berbagai Minuman Khas Singkawang


jalanjalanaja.com – Singkawang adalah kota yang berada di wilayah Kalimantan Barat. Kota ini memberi nuansa yang cantik dan asri karena mempunyai rimba yang lumayan banyak. Berekreasi ke kota ini bukan hanya memberi selingan yang hangat tetapi bermacam daya tarik kulineran nikmat dan sedap. Alamnya memberi bermacam bahan yang dapat dibuat jadi minuman dan makanan yang sedap.

Selingan yang berada di Singkawang bukan hanya berbentuk rekreasi alam saja, tetapi rekreasi kulineran ciri khas memberi rasa tertentu. Untuk Anda yang menyukai makan dan suka sekali rekreasi kulineran, pas dech ada di daerah Singkawang ini. Karena banyak menu opsi dimulai dari yang fresh, pedas atau renyah lengkap. Berikut ada 16 makanan dan minuman ciri khas Singkawang yang harus dicoba saat bertandang.

Es Nam mong

Ini minuman unik sekali. Rekan-rekan tahu kan jeruk kecil jika di Singkawang dikenali dengan panggilan jeruk sambal, karena kerap dipakai untuk toping nyambal. Jeruk kecil barusan dikeringkan sampai jadi benar-benar layu lalu difermentasi hingga hasilkan rasa yang paling asam. Dalam penyuguhannya, Es Nam mong dikasih sedikit air gula lalu ditambahkan batu es . Maka dech.

Es Jeruk Kecil

Jika barusan jeruk kecilnya difermentasi, Es Jeruk Kecil ini berbeda kembali . Maka jeruk kecil diperas airnya dikasih air gula lalu ditambahkan batu es. Rasanya manis, asam, asin karena dikasih sedikit garam.

Baca Juga : Istana Langkanae Luwu di Palopo

Es Kacang Susu

Tetap dengan material dasar sama yaitu kacang hijau. Cuma untuk es kacang susu ini kacangnya tidak diblender. Kacang hijau direbus sampai masak selanjutnya campur pada susu manis. Janganlah lupa tambah es batu sebagai pendamping supaya masih tetap fresh dan dingin. Minuman ini pas untuk rekan makan siang atau rekan bercakap. Asyik makan bersama roti tawar yang direndam. Hmm, jadi haus kan

Liang Teh

Minuman herbal yang telah populer di Singkawang ini jadi menu sehat unggulan. Dibuat dari kumis kucing yang bersatu dengan teh hijau opsi. Selanjutnya ada isian berbentuk cendol kotak yang dapat beri kesegaran kerongkongan. Selainnya dapat hilangkan haus, lubang teh dipercayai bisa hilangkan panas dalam. Minumlah lubang teh ini saat tubuh sedang kurang bugar, karena itu ketahanan badan akan bertambah. Umumnya lubang teh ini jadi minuman harus untuk mereka yang sakit atau sesudah sakit karena bisa percepat rekondisi.

Mie Tiaw Asuk

Nama makanan ini memang lumayan berlebihan bila Anda memahami bahasa Jawa. Panggilan Asuk dipakai orang Singkawang untuk panggil paman yang menyuguhkan menu ini dengan mahir. Triknya yang unik dan bumbunya yang cocok membuat mie tiaw ini tidak ada bandingannya. Jika Anda ingin coba menu ini silahkan saja tiba ke Jl. Yos Sudarso Melayu, Singkawang. Cukup hanya menyisihkan uang Rp. 13.000,- saja bisa nikmati menu sedap ini.

Warung ini menyuguhkan minuman ciri khas Singkawang berbentuk Limun Sarsi. Minuman ini ada dalam tiga variasi rasa yaitu jeruk, pisang dan sarsaparila. Ke-3 rasa itu benar-benar legendaris dan mempunyai faedah untuk kesehatan. Umumnya per botol dipasarkan pada harga Rp. 9.000,- dan dapat dibawa pulang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *