Berbagai Minuman Khas Betawi


jalanjalanaja.com – Jakarta yang ditempati oleh bermacam warga dari beragam suku ini masih mempunyai kekhasannya. Satu diantaranya berbentuk minuman. Warga asli Jakarta, yakni warga Betawi mempunyai beberapa macam minuman tradisionil yang bisa ditemui sampai sekarang ini. Minuman itu memang beberapa telah sangat jarang tetapi bila untung kamu bisa menikmatinya.

Apa minuman ciri khas Betawi yang dapat kamu cicip? Untuk informasi secara lengkap, baca pembahasan berkenaan minuman ciri khas Betawi di bawah ini.

Es Cingcau

Disebutkan cincau atau cingcau adalah bahan untuk membikin minuman yang banyak dicintai oleh warga Betawi dari jaman dahulu. Minuman ini dibuat dari perasan daun semacam tanaman menjalar yang disebutkan cingcau. Hasil perasan tersebut lantas dikentalkan.

Umumnya cingcau digabung dengan gula, santan, dan dipertambah es batu hingga es cingcau memiliki cita-rasa yang renyah dan manis. Hingga saat sekarang cingcau bisa dijumpai secara mudah kehadirannya. Tidak cuma gampang diketemukan, minuman ini harga juga dapat dijangkau.

Saat ini penjual es cincau banyak, ada pedagang kaki lima sampai kedai-kedai kecil sampai besar menawarkan minuman fresh ini. Walau berkesan kuno, minuman ciri khas betawi ini ada banyak orang yang cari minuman ciri khas orang Betawi itu.

Baca Juga : Resep Coto Makassar, Rasanya Gurih dan Mudah Dibuat

Kopi Jahe

Kopi menjadi minuman yang memiliki sifat internasional karena nyaris di penjuru dunia ada minuman kopi. Tetapi minuman kopi jahe ini berlainan dengan kopi lainnya. Kopi jahe sebagai kesukaan orang Betawi semenjak jaman dulu sampai sekarang ini ada banyak dicari-cari.
Pada jaman dulu orang Betawi benar-benar suka dengan minuman yang ini khususnya yang disebut keluarga Betawi-arab. Pada jaman dulu minuman kopi jahe dipandang spesial hingga kerap dihidangkan dalam beberapa acara penting dan tertentu saja.
Bila anda coba minuman ini anda akan rasakan enaknya kopi digabung dengan hangatnya jahe. Perlu anda kenali jika orang Betawai menyebutkan kopi dengan istilah gahwa dan menyebutkan kopi jahe dengan istilah zanzabil. Sampai sekarang ini anda bisa menemui minuman kopi jahe yang unik rasanya ini.

Es Campur Betawi

Dengar kata es campur kemungkinan sangat akrab untuk anda. Es campur sebagai minuman favorite untuk orang Indonesia. Es campur banyak dipasarkan oleh pedagang kaki lima tetapi jaman saat ini telah banyak es campur yang djiual di resataurant. Tetapi siapa kira jika es campur semenjak jaman dulu menjadi minuman ciri khas orang Betawi.
Sesuai namanya es campur memiliki isian yang campur-campur seperti buah, agar-agar, es batu serut, dan lain-lain. Tidak ada ketentuan buah yang dipakai dalam es campur, hingga semua tipe buah dapat dipakai untuk membikin es campur. Umumnya minuman es campur ini ditambahkan dengan sirup sebagai pemanisnya.

Bir Pletok

Saat sebelum mengulas minuman lainnya, kurang senang rasa-rasanya bila kita tidak membahas hal bir pletok. Walau diberi nama bir, minuman ini tidak beralkohol sedikit juga.Minuman ini dibuat dari bermacam gabungan rempah. Dimulai dari jahe, daun pandan harum, sampai serai.

Berdasar buku Pusaka Cita Rasa Indonesia: Macam Minuman Indonesia yang dicatat oleh Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito, minuman bir pletok dibuat orang Betawi.

Kabarnya pembuatannya ini karena dampak acara pesta orang Belanda. Nach umumnya, beberapa orang Belanda menyuguhkan anggur untuk beberapa tamu. Tetapi karena mayoritas suku Betawi sebagai Muslim, dibuatlah minuman yang serupa dengan bir dengan memakai bermacam rempah barusan. Adapun nama pletok diambil dari suara yang ada saat tutup botolnya dibuka.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *