Berbagai Makanan Khas Bali


jalanjalanaja.com – Bali populer dengan wisatanya yang cantik dan banyak didatangi wisatawan di luar negeri. Selainnya daya tarik dari kekayaan alam yang dipunyai, rupanya makanan ciri khas Bali enak-enak yang membuat siapa yang mencicip tentu suka. Beberapa makanan itu jugalah sebagai daya magnet beberapa pelancong, karena makanan ciri khas Bali tidak diketemukan di wilayah lain. Sebagai info, makanan Bali datang dari kombinasi budaya China, India, dan Timur tengah. Oleh karena itu, makanan ciri khas Bali dan sejarahnya tidak terlepas dari bumbu masakan dari ke-3 budaya itu. Keunikan dari makanan membeli berada dari bumbu dasar yang dipakainya. Bila Anda konsumsi makanan ciri khas dari Bali, Anda pasti menemui bumbu seperti cabe, bawang putih, bawang merah, dan minyak dari kelapa yang makin perkuat cita-rasa.Berikut beragam makanan ciri khas bali

Ayam Betutu

Menu makanan ayam betutu kemungkinan tidak asing dalam telinga kalian. Olahan ayam yang ini memang sering sekali jadi favorite warga yang ingin nikmati makanan ciri khas Bali.

Kekayaan rasa yang ditawari oleh menu makanan ayam betutu ialah datang dari keanekaragaman bumbu rempah yang berada di dalamnya.

Beberapa bumbu rempah yang masuk ke olahan menu makanan ayam betutu ialah seperti daun jeruk, serai, daun salam, kunyit, jahe, bawang merah, kemiri dan rempah yang lain

Sate Lilit

Berlainan dengan sate secara umum. Umumnya potongan dagingnya ditusuk, tetapi makanan ciri khas Bali ini dibikin dengan daging yang telah dilumatkan, dililitkan pada tangkai daun serai atau batang bambu. Daging yang dipakai tidak cuma daging ayam, dapat daging babi atau ikan tenggiri.

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo ini dapat disebut sama dengan nasi kucing. Nasinya cuma sebesar kepalan tangan orang dewasa, dipertambah dengan daging ayam suwir, mi goreng, dan tempe goreng. Yang paling ciri khas ialah sambalnya, super duper pedas. Kamu tidak akan kenyang jika hanya makan sebungkus. Ditanggung, kamu akan tambah kembali!

Baca Juga : Pesona Pink Beach, Pantai Yang Menyuguhkan Keindahan Menakjubkan

Nasi Tepeng

Makanan ciri khas dari Bali ataupun lebih persisnya Gianyar ini dihidangkan dengan cukup benyek, seperti bubur. Nasi benyek ini diperlengkapi dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Ada pula telur dan suwiran daging ayam. Apalagi dengan siraman bumbu rempah-rempah ala-ala Bali, menambahkan kesedapan nasi tepeng satu ini.

Lawar

Lawar Dengar kata lawar, apa yang tebersit di pikiran Anda? Kemungkinan banyak antara kita yang menduga makanan ini dengan bahan khusus kelelawar, walau sebenarnya bukan. Walau nama makanan ciri khas Bali ini serupa bernama hewan nokturnal, tetapi bahan intinya datang dari sayur-sayuran yang kaya nutrisi.

Nasi Campur Bali

Bicarakan makanan ciri khas bali saja pasti Campur Bali.Sama sesuai namanya, nasi campur (atau umum juga dikenal dengan nasi rames) pada intinya ialah nasi dengan beragam lauk dan sayur. Nach, untuk Nasi Campur Bali, umumnya yang dihidangkan ialah nasi dan suwiran daging, lawar atau urap, dan sate lilit.

Tidak jarang-jarang yang diperlengkapi dengan potongan telur rebus dan kacang tanah goreng. Oh iya, janganlah lupa dengan sambal matahnya, ya!
Saat berlibur ke Bali, kamu dapat mendapati nasi campur dalam “tiga nama”: nasi campur babi yang memiliki arti dihidangkan dengan daging babi guling; nasi campur ayam atau nasi ayam, yang dihidangkan dengan ayam suwir; atau nasi pedas, yakni warung nasi campur yang menyuguhkan sambal pedas sebagai berjualan intinya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *