Air Terjun Tumpak Sewu, Sepotong Surga Tersembunyi di Lumajang


Air Terjun Tumpak Sewu, Surga Tersembunyi di Lumajang – Nama Lumajang kemungkinan belum familier untuk dijadikan tujuan traveling bila dibanding dengan Malang, Surabaya, atau Banyuwangi. Walau sebenarnya, Lumajang mempunyai bermacam keindahan alam yang memikat buat dieksplorasi, satu diantaranya ialah Air Terjun Tumpak Sewu.

Dikenali sebagai Coban Sewu, Air Terjun Tumpak Sewu mempunyai ketinggian sekitaran 120 mtr. dan menjadi satu diantara air terjun paling indah di Pulau Jawa. Susunannya unik, karena mempunyai aliran air bertipe tiered yang melebar seperti Air Terjun Niagara yang ada di tepian Amerika Serikat dengan Kanada.

Lokasinya yang ada di tepian Kabupaten Lumajang dengan Malang membuat air terjun ini digelari sebagai Niagara Jawa Timur. Berada dalam suatu lembah terjal memanjang dengan elevasi 500 mdpl, Air Terjun Tumpak Sewu tercipta dari aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

Niagara Jawa Timur ini dinamakan sebagai Tumpak Sewu karena beritanya terbagi dalam seribu aliran air, atau yang dengan bahasa Jawa disimpulkan sebagai sewu. Menariknya kembali, Air Terjun Tumpak Sewu mendapatkan predikat sebagai spot penjelajahan yang Instagramable, lho.

Air terjun ini ada dalam hutan yang rimbun dengan tanaman dan pohon-pohonan hijau. Wujud air terjun ini disebutkan serupa Niagara di tepian Amerika Serikat dan Kanada. Karena sangat cantiknya, banyak pula yang menjelaskan jika Air Terjun Tumpak Sewu ini ialah salah satu air terjun paling indah yang berada di Indonesia.

Pesona dan Mitos Tumpak Sewu

Niagaranya Indonesia, demikianlah air terjun ini kerap disebutkan orang- orang karena keindahan yang dipunyainya. Memiliki bentuk yang unik, tempatnya yang asri alami, dan perjalanan capai lokasinya yang paling melawan jadi daya tarik yang tidak ada duanya.

Pasti bukan tanpa argumen wisatawan menjuluki air terjun ini sebagai Niagaranya Indonesia. Panggilan itu mengarah pada wujud Air Terjun Tumpak Sewu yang sepintas memang serupa Niagara Waterfall.

Berlainan dengan umumnya air terjun di Indonesia yang aliran airnya cuma sebuah, Air Terjun Grojogan Sewu ini punyai aliran air yang banyak. Jumlahnya aliran air itu membuat air yang jatuh terlihat seperti gorden, benar-benar serupa dengan Air Terjun Niagara.

Disamping itu, air terjun dengan tinggi 120 mtr. ini sebagai air terjun bertipe tiered, yaitu air terjun yang aliran airnya menempel atau mengucur pada dinding tebing.

Jadi walau tinggi, terpaan air yang sampai ke atas sungai di bawahnya tidak terlampau keras. Air terjun ini berada dalam lembah terjal dengan ketinggian wilayah sekelilingnya sekitaran 500 mdpl._

Jika wisatawan tiba saat cuaca sedang ceria, bisa menyaksikan gagahnya pucuk Gunung Semeru dari lokasi air terjun ini. Kabarnya, banyak narasi yang tersebar dalam masyarakat dan jadi Mitos di masyarakat sekitaran berkenaan air terjun Tumpak Sewu . Maka, siapa saja yang membersihkan mukanya sama air yang mengucur dari air terjun ini akan tahan lama muda.

Walau belum tentu kebenarannya, Mitos itu tentunya membuat beberapa orang yang yakin semangat untuk bertandang ke air terjun ini.

Baca Juga : Daftar Wisata Air Terjun Terindah Di Jawa Timur

Bukit Panorama

Dicap sebagai air terjun paling indah di Pulau Jawa dan Indonesia, air terjun ini punyai bermacam daya tarik yang tidak dipunyai air terjun lain. Pertama untuk nikmati keindahan air terjun ini dapat di atas dan dari bawah.

Untuk wisatawan yang ingin menyaksikan dan rasakan langsung kesegaran airnya, dapat turun ke lembah melalui trek yang cukup terjal sejauh 800 mtr. yang penuh adrenalin

Untuk wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan Tumpak Sewu, tetapi malas atau mungkin tidak berani turun ke bawah, ada opsi untuk nikmati pesona yang ada. Lokasi karena itu berada di Bukit Panorama.

Di sini telah disiapkan sebuah gardu pandang tetap berbentuk bangunan selebar 30 mtr. persegi. Bangunan ini sanggup memuat sekitaran 50 orang pengunjung yang umumnya benar-benar ramai di akhir minggu. Jarak gardu pandang ini dari lokasi air terjun sekitaran 100 mtr.. Walau lumayan jauh, tetapi pemandangan air terjun yang terhidang dari tempat ini tidak kalah cantiknya.

Selainnya nikmati keindahan air terjun Tumpak Sewu, wisatawan bisa juga nikmati air terjun namanya Goa Tetes di saat masuk Tumpak Sewu dari pintu masuk Lumajang. Dinamakan Goa Tetes karena dibalik air terjun ini ada sebuah goa yang kabarnya kerap jadi tempat menyepi oleh beberapa orang yang berpedoman keyakinan tertentu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *