Inilah Makanan Nikmat Khas Maluku


jalanjalanaja.com – Makanan ciri khas Maluku sebagai salah satunya makanan Nusantara yang jangan dilewati. Makanan ciri khas Maluku populer dengan rempah-rempahnya yang unik. Terhitung pala sebagai rempah-rempah menjadi legenda di Tanah Maluku.

Propinsi Maluku punyai riwayat yang panjang dengan penjajahan. Tanah Maluku pernah diperebutkan karena sumber daya alamnya yang hebat. Tidak lain buah pala, rempah sebagai background beberapa penjajah ingin kuasai pulau ini. Sampai sekarang, pala jadi rempah-rempah Maluku yang menjadi legenda. Rempah-rempah juga memimpin makanan ciri khas Maluku.

Gohu Ikan

Bila di Jepang ada sashimi, di Ternate (Maluku Utara) ada Gohu Ikan. Gohu ikan sebagai makanan ciri khas Maluku dengan bahan dasar daging ikan mentah. Ikan cakalang dan ikan tuna jadi opsi kesukaannya.

Cara untuk membuat termasuk gampang, dengan menggunting daging ikan seperti dadu. Selanjutnya mencucinya, dan membalurinya sama air lemon, dan garam. Ini mempunyai tujuan untuk meminimalkan berbau amis yang ada di daging ikan

Sebagian orang kerap menambah daun kemangi sesuai dengan selera. Lantas adonan itu didiamkan sesaat. Untuk menambahkan hasrat, umumnya dipertambah bumbu tumisan cabai rawit, dan bawang merah yang dirajang. Bumbu itu dituangkan di atas ikan, dan siap disajikan.

Ikan Kuah Kuning

Makanan ciri khas Maluku ini menjadi favorite pelancong. Olahan ikan ini umumnya dihidangkan bersama dengan papeda, makanan dasar warga Maluku dan Papua yang dibuat dari sagu. Selainnya papeda, ikan kuah kuning dapat dikonsumsi dengan nasi putih hangat.

Material dasar untuk membikin menu ikan kuning adalah ikan cakalang atau ikan tongkol yang memiliki kandungan banyak daging. Diolah dengan kunyit, serai, jeruk nipis, dan rempah-rempah yang lain, ikan kuah kuning mempunyai cita-rasa sedikit asam dan fresh. Apabila Anda hoby masakan pedas, dapat menambah cabe rawit didalamnya.

Ikan kuah kuning sebagai salah satunya menu tradisionil unggulan dari Maluku. Sama sesuai namanya, yakni “kuah kuning”, kulineran ini mempunyai warna kuning yang mengunggah hasrat. Warna ini dibuat dari bumbu kunyit.

Sagu Papeda

Sagu Papeda kemungkinan salah satunya makanan paling populer dari Maluku. Dengan struktur kenyal dari sagu, langkah makan papeda juga cukup unik sekalian memberikan kesan tertentu.

Baca Juga : Rekomendasi Makanan Ciri Khas Tulungagung

Rasa tawar sagu papeda membuat pas dikonsumsi dengan olahan ikan kuah kuning. Disamping itu, sagu papeda biasa dipertemukan dengan sayur ganemo yang dibuat dari daun melinjo muda.

Nasi Lapola

Makanan ciri khas Maluku berbahan dasar nasi ini biasa diproses dengan kombinasi kacang tolo. Cara membuat nasi lapola juga termasuk cukuplah gampang karena perlu direbus dengan kombinasi kelapa parut dan sedikit garam sebelumnya setelah beras sudah diolah sampai 1/2 mati.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *