Air Terjun Luweng Sampang, Keindahan Curug Unik di Yogyakarta

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang, Keindahan Curug Unik di Yogyakarta – Ingin menyaksikan relief alami batu-batuan yang serupa Grand Canyon? Hadirlah ke objek wisata Curug Luweng Sampang. Luweng Sampang ialah sebuah air terjun yang mempunyai karakter bebatuan yang sepintas serupa dengan Grand Canyon dari AS. Air Terjun Luweng Sampang ini berada di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Diberi nama Luweng Sampang karena Luweng dengan bahasa Jawa memiliki arti Lubang dan Sampang karena lokasinya ada di desa namanya Sampang. Yang spesial dari wisata air ini ialah saluran air terjunnya dijepit oleh bebatuan yang cantiknya hebat. Bebatuan ini mempunyai struktur bergaris-garis karena terkikis erosi air sungai. Airnya jatuh ke sungai yang tidak berapa dalam hingga benar-benar nyaman bila dibikin berenang atau sekadar bermain air. Tinggi air terjun cantik ini rupanya terhitung cukup pendek, cuma sekitaran 5 mtr. saja.

Jika disaksikan di atas, memang tidak demikian kelihatan keindahan air terjun ini. Tetapi, sesudah Anda jalan menuruni sisi bawah akan kelihatan keindahan air terjun dan keindahan ukir-pahatan alami batu-batuan di kanan kirinya. Di saat musim penghujan datang, air sungai demikian berlimpah dan air terjun terlihat demikian terang. Tetapi, di saat musim kemarau datang, debet air sungai benar-benar kurang. Hingga air terjun imut ini tidak terlihat.

Pesona Curug Luweng Sampang

Air terjun Luweng Sampang adalah objek wisata alam yang memesona di Jogja. Banyak keindahan dan hal bagus yang bisa dicicipi dan jarang-jarang diketemukan di lokasi wisata alam semacam yang lain.

Salah satunya keunikannya ialah panoramanya. Tebing yang ada seperti kikisan bukit dengan rapi. Disamping itu air terjunnya berlainan saluran dan memiliki bentuk dibanding curug yang lain. Baik tebing dan wujud air terjunnya mempunyai proses tercipta dan asal mula tertentu.

Asal mula pemberian nama Luweng Sampang bisa kelihatan dari wujud air terjunnya. Saluran airnya membuat lobang yang dengan bahasa di tempat dikatakan sebagai luweng. Dan sampang sebagai tempat di mana air terjun ini ada.

Berkenaan wujud tebingnya, berdasar sebagian wisatawan yang sempat mengunjungi lokasi ini, tebing ini berwujud serupa dengan spot Antalope Canyon di Arizona, Amerika Serikat. Karena sama berwujud kikisan yang teratur dari segi atas ke segi bawahnya.

Di saat musim penghujan, air kolam terlihat kecoklat-coklatan dengan derasnya debet air terjun. Ini dapat disebabkan karena derasnya air yang membuat tanah di dasar kolam naik ke atas. Tetapi berlainan saat musim kering.

Di saat musim kering air terlihat jernih sampai ke dasar kolam. Di siang hari, air kolam yang jernih ini dapat terlihat kebiruan seperti warna tosca. Nach, umumnya yang paling dinanti-nantikan ialah peristiwa saat air kolam warna tosca.

Di spot wisata ini, beberapa pengunjung lebih ramai untuk berpose. Bahkan juga ada banyak pengunjung yang menyengaja jadikan tempat ini sebagai lokasi pengambilan foto. Tetapi, bermain air di kolam yang ada sangat menarik lho!

Baca Juga : Air Terjun Tumpak Sewu, Surga Tersembunyi di Lumajang

Lokasi dan Jalur

Curug Luweng Sampang ada di Jl. Juminahan, Sampang, Mongkrong, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul. Gedang Sari dapat disebutkan lokasi tertinggi di bukit-bukit tempat Gunung Kidul.

Tetapi untuk ke arah lokasi keadaan jalur cukuplah aman dan mencukupi. Dan jaraknya dari pusat Kota Jogja ialah 29 km. Jarak ini benar-benar jauh jika dilakukan memakai kendaraan motor beroda 2. Waktu tempuhnya dapat sampai 1 jam lebih.

Untuk jalur perjalanan dari pusat Kota Jogja ke timur yakni ke arah jalan Wonosari. Masuk jalan Wonosari terus ke arah timur melalui Piyungan ke Ngoro-oro. Karena sejalan dengan jalur ke arah Pantai Baros, lokasi ini gampang diketemukan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *