Rekomendasi Minuman Khas Papua, Dijamin Segar!


jalanjalanaja.com – Papua adalah pulau di Indonesia dengan kekayaan banyak. Bukan hanya tujuan rekreasi dan sumber daya alamnya saja, Papua kaya minuman ciri khas yang berasa nikmat dan bermanfaat untuk kesehatan.

Kepuasan minuman dari tanah Papua ini dicintai oleh masyarakat lokal, pendatang di luar negeri, dan pendatang dalam negeri. Apa kamu pernah mencicip salah satunya minuman dari Papua?

Es Matoa

Matoa sebagai buah ciri khas Papua dengan cita-rasa yang unik. Bila kamu nikmati es Matoa di Papua, kamu akan mendapati kombinasi buah Matoa dengan kombinasi bahan yang lain seperti kolang-kaling dan jelly yang dipadukan dengan rempah opsi ciri khas Papua. Kombinasi isi dalam es ini membuat cita-rasa asam dan manis yang beri kesegaran. Untuk membikin es Matoa ini lebih dulu buang biji buah matoanya, ya. Konsumsi buah Matoa membuat ketahanan badanmu terbangun karena kaya votamin A dan vitamin C.

Sunset Papua

Nama minuman yang unik ini sebagai kombinasi dari juice jeruk pada bagian bawah dan juice wortel di bagian atasnya. Hasilnya, juice dari 2 buah ini hasilkan warna ciri khas seperti matahari tenggelam. Kombinasi ke-2 bahan ini kaya vitamin C dan vitamin A yang bagus untuk kekebalan dan kesehatan mata. Untuk mencicipi rasa alaminya seharusnya tidak diberi tambahan gula. Kebalikannya bukat kamu yang teka terlampau menyenangi rasa masam, dapat dipertambah sedikit gula.

Baca Juga : Pantai Lakeba dengan Pemandangan Sunset Menawan

Teh Sarang Semut

Sepintas minuman yang ini kemungkinan berasa aneh dan menggelitik untuk kamu. Dibuat dari sarang semut yang kaya faedahnya untuk mengobati beberapa penyakit seperti sehatkan jantung dan menyembuhkan diabetes. Rasanya memang pahit tetapi sesudah dibuat jadi teh cita-rasa pahitnya akan lenyap. Selainnya sebagai bahan minuman, sarang semut umumnya dipakai sebagai olahan makanan dan beberapa bahan pembikinan bermacam tipe kue ciri khas Papua.

Es Kelapa Muda Asam Manis

Berlainan dengan kelapa di beberapa pulau yang lain, buah kelapa di pulau Papua mempunyai cita-rasa yang unik asam manis. Minuman ini akan makin nikmat jika dipertambah jeruk nipis dan gula merah. Tentunya benar-benar pas diminum pada siang hari.

Swansrai Papua

Swansrai sebagai minuman peragian air kelapa yang disuguhi dengan batok kelapa. Minuman ini umumnya disuguhi untuk tamu yang bertandang ke rumah masyarakat Papua sebagai wujud penghormatan pada tamu. Swansrai mempunyai rasa yang kuat, dan sedikit pahit. Tetapi, kamu perlu berhati-hati dalam nikmati minuman ini.

Karena datang dari peragian air kelapa, Swansrai memiliki kandungan kandungan alkohol sekitaran 20 sampai 30 %. Minuman ini seperti tuak atau arak. Untuk kamu yang tidak terlatih minuman mengandung alkohol, tidak dianjurkan untuk minum Swansarai karena cemas akan mabok dan tidak kuat dengan kandungan alkoholnya.

Walau demikian, Swansarai Papua masih tetap jadi minuman ciri khas Papua yang kerap membuat ingin tahu untuk pelancong. Hingga, seringkali pada mereka coba Swansarai setelah tiba di Papua. Minuman ini jadi perekat persaudaraan antara sama-sama warga Papua yang selanjutnya dicicipi saat diadakan acara tradisi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *