15 Macam Jajanan Kuliner Khas Jakarta Yang Harus Kalian Coba


15 Macam Jajanan Kuliner Khas Jakarta Yang Harus Kalian Coba – Kota Jakarta menaruh banyak sekali perihal menarik untuk Kamu eksplor mulai dari kekayaan budaya, sejarah, kuliner, sampai oleh- oleh khas. Ditambah lagi beberapa halaman tamasya seru dan pusat perbelanjaan murah akan membuat ekspedisi Kamu terus menjadi bercorak.

Tidak ketinggal bermacam- macam tipe oleh oleh khas Jakarta yang dapat Kamu seleksi untuk buah tangan sehabis puas berkelana Kota Jakarta. Kamu dapat memastikan sendiri oleh- oleh apa saja yang mau Kamu membawa kembali dapat berbentuk makanan, baju, ataupun beberapa barang unik yang lain.

Untuk memperoleh beberapa barang tersebut pula sangat gampang sebab ada nyaris di tiap tempat oleh- oleh di Jakarta. Biar Kamu tidak bimbang memastikan opsi, berikut ini 15 rekomendasi oleh- oleh Jakarta terbaik untuk Kamu membawa kembali sehabis berkunjung:

Oleh- oleh Khas Jakarta yang Terkenal

  • 1. Kerak Telor

Siapa yang tidak memahami kerak telor, makanan khas Jakarta yang lezat satu ini telah sangat melegenda dan senantiasa dicari wisatawan yang tiba. Rasanya yang nikmat dan proses pembuatannya yang unik membuat makanan khas Betawi ini disukai banyak orang. Ditambah lagi penjualnya yang telah susah ditemui, membuat kerak telor jadi oleh- oleh harus dari Jakarta untuk Kamu membawa kembali.

  • 2. Putu Mayang

Jika Kamu mau oleh- oleh makanan khas Jakarta yang manis, kue putu mayang dapat jadi opsi. Putu mayang dibuat dari tepung beras ataupun tepung tapioka yang dibangun semacam mie dan disajikan bersama kuah santan gula Jawa. Warna kue yang menarik dan rasa kuahnya yang manis gurih membuat putu mayang sangat sesuai dijadikan buah tangan.

  • 3. Roti Buaya

Oleh oleh yang tidak kalah menarik merupakan roti buaya khas Betawi. Semacam namanya roti buaya ini berupa semacam buaya dengan dimensi yang lumayan besar. Umumnya roti buaya diberikan selaku seserahan dari mempelai laki- laki kepada mempelai perempuan dikala perkawinan adat Betawi berlangsung.

  • 4. Kue Kembang Goyang

Tidak hanya putu mayang, kue kembang goyang pula layak untuk Kamu peruntukan oleh- oleh dari jakarta dikala kembali kampung. Kembang goyang masih tercantum jajanan khas Betawi yang telah terdapat semenjak lama dan masih bertahan sampai saat ini. Nama unik kembang goyang ini berasal dari proses pembuatannya yang harus menggoyang cetakan berupa bunga supaya adonan terlepas dikala digoreng.

  • 5. Telur Gabus Keju

Dikala lebaran telur gabus jadi salah satu jajanan harus untuk masyarakat Betawi untuk disajikan kepada tamu. Jajanan dengan nama unik ini dibuat dari adonan tepung kanji, telur, dan garam yang digoreng dengan wujud semacam telur gabus. Rasanya yang gurih dan renyah membuat telur gabus jadi kudapan lezat dikala bersantai.

Baca Juga: Berbagai Minuman Khas Palembang

  • 6. Kue Semprong

Kue semprong ataupun egg rolls ialah tipe kue kering khas Betawi yang pula dapat Kamu peruntukan oleh- oleh. Nama semprong diambil dari wujudnya yang mirip dengan semprong perlengkapan tiup dari batang bambu untuk menyalakan api kayu bakar. Kue semprong sendiri termotivasi dari egg rolls yang dibawa oleh penjajah Portugis dikala awal kali datang di Jakarta.

  • 7. Tape Uli

Tape uli ialah tipe tapai khas Betawi yang terdiri dari tapai ketan merah dan uli ataupun kue beras ketan putih. Makanan ini tercantum jajanan tradisional khas Betawi yang telah terdapat semenjak lama paling utama di perkampungan. Wujud dan tekstur tape uli yang berbeda dijadikan selaku simbol kebersamaan dan persaudaraan untuk warga Betawi.

  • 8. Dodol Betawi

Diantara seluruh makanan khas Betawi, dodol Betawi jadi salah satu hidangan yang sangat sesuai dijadikan oleh- oleh dari Jakarta. Rasa manisnya yang khas dan sanggup bertahan lumayan lama membuat dodol betawi harus masuk dalam catatan oleh- oleh Kamu. Ditambah lagi proses pembuatannya yang memakan waktu membuat dodol Betawi terasa terus menjadi istimewa.

  • 9. Hokkaido Cheese Tart

Hokkaido Cheese Tart jadi salah satu oleh- oleh khas Jakarta kekinian yang harus Kamu beli dikala mendatangi Jakarta. Kue tart kecil yang berasal dari Jepang ini awal kali timbul pada tahun 2014 dan sukses menarik atensi segala dunia. Toko- tokonya dapat Kamu temukan nyaris di tiap belahan dunia semacam Jakarta, Malaysia, Australia, dan yang lain.

  • 10. Keripik Buah

Bosan dengan oleh- oleh Jakarta yang biasa, saatnya untuk Kamu berupaya membeli keripik buah selaku buah tangan. Keripik buah yang dapat ditemui di Malang ini dapat pula Kamu miliki di Jakarta dengan sangat gampang.

  • 11. Pencok Betawi

Untuk para pencinta wisata kuliner Jakarta, pasti telah tidak asing lagi dengan hidangan bernama pencok Betawi. Makanan khas Betawi ini senantiasa tersaji dikala kegiatan perkawinan ataupun hajatan berlangsung selaku salah satu lauk kesukaan wisatawan.

  • 12. Bir Pletok

Bir pletok jadi salah satu kuliner khas Betawi yang jadi kesukaan banyak wisatawan untuk dijadikan oleh- oleh. Tidak semacam namanya, bir pletok sama sekali tidak memiliki alkohol sebab dibuat dari rempah spesial yang efektif.

  • 13. Kue Biji Ketapang

Kue biji ketapang tercantum dalam catatan jajanan khas Betawi yang sesuai untuk Kamu peruntukan oleh- oleh dikala berkunjung ke Jakarta. Nama biji ketapang diberikan sebab wujud kue kering ini sangat mirip dengan biji buah ketapang yang dahulu banyak di Jakarta.

  • 14. Geplak Betawi

Tidak hanya roti buaya, geplak Betawi pula sering jadi sajian dalam hantaran ataupun kegiatan hajat masyarakat Betawi. Berbeda dengan geplak dari Bantul, geplak Betawi berupa balok dengan warna putih dari tepung beras yang digunakan.

  • 15. Marguerite Nougat

Marguerite Nougat bisa jadi terbilang asing untuk sebagian besar orang tetapi nyatanya hidangan ini mempunyai rasa yang nikmat. Kue ini dibuat dari kombinasi kacang dan gula ataupun madu dan putih telur sehingga memperoleh tekstur chewy yang nikmat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *