Berbagai Makanan Khas Kuningan


jalanjalanaja.com – Kota kecil yang mempunyai lambang kuda dengan kaki berdiri ini punyai banyak makanan ciri khas Kuningan yang penting dicoba.Ini karena ada beragam makanan unik yang dapat membuat kamu dan pelancong yang lain ingin tahu. Kuningan tersebut sebagai kota kecil di Jawa Barat yang lingkungannya masih asri.

Tersebut kenapa banyak pelancong yang ingin liburan dan nikmati keelokan alam di situ. Walau daerahnya dekat sama Cirebon, tetapi udaranya tidak sepanas Cirebon, justru sejuk dan dingin.Teritori atau daerah Kuningan terbagi dalam 32 kecamatan dengan beragam jenis opsi kulineran yang unik dan bermacam.

Liburan ke Kuningan seperti lebih hebat ramai-ramai dengan rekan atau keluarga. Dengan demikian, keliling tempat rekreasi dan tempat makan jadi lebih asyik dan bisa menjadi peristiwa yang tidak terlewatkan.Saat liburan, peristiwa paling hebat yang dinanti-nantikan ialah memburu makanan dan kulineran ciri khas di kota arah rekreasi.

Nach, di Kuningan sendiri banyak kulineran ciri khas yang pantas untuk Kamu coba. Makanan dan oleh-oleh ciri khas Kuningan apa ya yang kurang lebih harus sekali dicoba saat liburan ke situ?Yok, baca keterangan mengenai kulineran di Kuningan berikut ini.

Kwecang

Salah satunya makanan ciri khas Kuningan yang terpopuler adalah kwecang.Makanan ini benar-benar serupa dengan bacang. Bila bacang mempunyai cita-rasa renyah berisi potongan daging atau sayur, kwecang Kuningan ini mempunyai rasa yang manis.

Baca Juga : 6 Fakta Menarik Gunung Gede Pangrango Yang Memikat

Kwecang dibikin berbahan dasar beras ketan yang digabung sama air kapur dan dibuntel memakai daun bambu.
Kwecang umumnya dihidangkan dengan gula pasir sebagai tambahan untuk dicocol.

Bila kamu tertarik mencicipinya, langsung bisa tiba ke toko Denurrah Food di Jalan Siliwangi 263, Cijoho, Kabupaten Kuningan.

Hucap

Hucap sebagai akronim dari tahu kecap. Menu makan pagi ciri khas Kuningan ini satu jatahnya terbagi dalam tahu yang disiram dengan bumbu kacang dan kecap lalu diberi bawang goreng.

Makanan ciri khas Kuningan ini berbumbu sauce kacang yang lebih kental, dengan rasa asin, manis sampai asam dan pedas.

Antiknya, sauce kacang ini mempunyai rasa rempah yang kental bila dibanding dengan sauce kacang yang ada di kupat tahu secara umum.

Bila kamu ingin coba hucap, langsung bisa tiba ke Kupat Tahu Hebat Hj. Ma Iroh yang berada di Jalan Dewi Sartika, Kuningan.

Nasi Kasreng

Nasi kasreng termasuk juga salah satunya makanan ciri khas Kuningan yang terkenal.Satu jatah nasi kasreng terbagi dalam nasi, sayur toge, taburan udang rebon, dan gorengan sebagai lauknya.

Tidak lupa ada juga tambahan sambal terasi didalamnya supaya rasanya makin nikmat.Menurut beragam sumber, nasi kasreng awalannya dipasarkan dengan seorang wanita namanya Kasri semenjak tahun 80-an di Terminal Luragung Kuningan.

Nasi kasreng dengan lauk simpel ini umumnya laris dibeli oleh beberapa aktor ekonomi di Pasar Luragung seperti pedagang, kernet, kuli, sampai supir transportasi umum.

Sampai sekarang, sebagian besar warga Kuningan mengenali sajian ini.

Ketempling

Ketempling sebagai camilan ciri khas Kuningan dengan bahan dasar singkong sebagai cemilan favorite beberapa masyarakat Kuningan.
Ketempling mempunyai wujud bundar dengan berwarna kekuningan. Teksturnya gurih dan rasanya renyah. Dapat dipikirkan?

Cemilan ciri khas Kuningan ini mempunyai nama lain, yaitu keripik gemblong. Bedanya, ketempling mempunyai wujud bundar kembung dan sisi tengahnya kopong.

Ketempling dipasarkan dengan 2 variasi rasa yaitu rasa oncom dan rasa orisinal. Karena rasanya yang sedap, ketempling banyak dicari oleh beberapa pelancong yang tiba ke Kuningan.

Sop Buntut Bakar

Makanan ciri khas Kuningan satu ini membuat mereka yang melahapnya suka, karena cita-rasa dan rempah rempah yang dipakai benar-benar kuat. Banyak yang bingung dengan hidangan satu ini karena menjadi satu diantara makanan yang tidak biasa. Secara umum, Anda akan menemui sop buntut dengan sajian berkuah yang paling iconic. Namun, kuningan mempunyai langkah pemrosesan yang lain dengan wewangian bakaran yang paling ciri khas.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *