Nostalgia Berbagai Makanan Di Pasar


jalanjalanaja.com – Jajan pasar sendiri sebagai makanan tradisional yang dipasarkan di pasar, terutamanya pasar tradisional. Istilah jajan pasar mengarah pada beragam tipe kue dan cemilan yang berada di pasar tradisional.

Tipe jajan pasar bukan hanya diketemukan di pasar, tapi bisa juga dipasarkan di beberapa jenis pas, seperti pada warung kaki lima atau pedagang keliling.

Ada bermacam tipe jajan pasar yang disukai oleh warga. Berikut penjabaran selengkapnya.

Pastel

Tipe jajan pasar selanjutnya ialah pastel. Pastel mempunyai rasa yang renyah dan gurih, hingga beberapa orang menyenanginya. Apa lagi, isi pada pastel dapat dibikin bermacam. Ada yang didalamnya sayur, ada juga yang berisi tambahan telur atau daging. Melahapnya dengan cabai rawit sangat nikmat.

Baca Juga : Jalanan Pendakian Gunung Salak di Indonesia

Klepon

Klepon dibuat dari tepung beras ketan yang dibuat seperti bola-bola kecil dan berisi gula merah lalu direbus di air mendidih. Klepon yang telah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa supaya menempel.

Apem

Apem sebagai tipe jajan pasar yang dibuat dari tepung beras dan kombinasi telur, santan, gula dan tape dan sedikit garam. Adonan apem dibakar atau dikukus dan memilki rasa manis ciri khas tape. Kue apem dipercaya dibawa Ki Ageng Gribig yang disebut turunan Prabu Brawijaya. Kue apem bahkan juga masuk ke kekayaan budaya Jawa.

Cucur

Kue cucur terhitung tipe jajan pasar yang banyak dijumpai pada tempat jajan pasar. Kue ini dibuat dari adonan tepung beras dan gula aren yang dimasak. Kue ini tebal menggembung seperti gunung di sisi tengah dan tipis di pinggirannya. Di Indonesia, terutamanya Jakarta, makanan ini terhitung makanan tradisi maknanya pada upacara-upacara tradisi budaya Betawi.

Bakwan

Bakwan sebagai gorengan yang kemungkinan dapat diketemukan dimanapun. Tipe jajan pasar yang umumnya berwujud mangkuk ini terbagi dalam adonan tepung berisi sayur dengan rasa yang demikian sedap. Apa alagi bila dipertambah dengan cabe rawit atau sauce sambal.

Bolu kukus

Kue basah yang banyak diketemukan setelah itu bolu kukus. Kue ini dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, susu, soda, dan perisa tambahan seperti vanila atau cokelat. Bolu kukus mempunyai penampilan serupa cupcake dengan kue yang merekah dan halus saat masuk ke mulut.

Kue Cubit

Kue cubit sebagai kue tradisional ciri khas Betawi yang sekarang sebagai salah satunya tipe jajan pasar yang terkenal. Diberi nama kue cubit karena kue ini dibuat dengan capitan, hingga terlihat seperti dicubit.

Panada

Panada sebagai tipe jajan pasar yang dari Minahasa yang terlihat seperti roti goreng yang dikasih isian ikan. Sepintas memiliki bentuk serupa pastel, yakni 1/2 lingkaran dengan sisi pinggirnya yang berliuk-liuk.

Lemper

Salah satunya tipe jajan pasar yang banyak disukai oleh warga karena rasanya ialah lemper. Lemper ialah kue basah yang dibikin dari ketan kukus yang sisi dalamnya berisi abon atau daging ayam.

Kue Apem

Kue apem sebagai tipe jajan pasar tradisional yang dibuat dari tepang beras dan gula. Istilah apem sendiri datang dari bahasa Arab yang maknanya maaf. Kue ini umumnya ramai dibikin di bulan Ramadhan dan saat lebaran.

Arem-Arem

Arem-arem ialah cemilan enteng yang dari wilayah Jawa tengah. Arem-arem ialah semacam lemper, tapi saat ini dikreasikan memakai bumbu dasar bumbu rendang supaya unik, masih tetap tetap sedap.

Serabi

Serabi sebagai makanan tradisional yang dihidangkan untuk minum teh. Serabi secara umum dibikin dari tepung beras dan dihidangkan dengan kuah kombinasi gula merah dan santan.

Balapis

Balapis ialah kue lapis tradisional yang dari Manado yang dibikin memakai resep khusus yang membuat teksturnya berlainan dengan kue lapis yang lain.

Combro

Combro sebagai salah satunya tipe jajan pasar yang dengan bahan dasar oncom. Struktur luarnya yang gurih dan isinya yang pedas dan harum, membuat penikmatnya sulit untuk stop kunyah.

Pisang Goreng

Pisang goreng sebagai jajan pasar yang paling terkenal. Jajan ini sangat sederhana dibikin, yaitu dengan menggoreng pisang dengan tepung khusus. Pisang goreng dapat dikonsumsi dengan sambal atau mungkin dengan manisan untuk membuat bertambah rasanya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *