7 Kuliner dari Negeri Tetangga Malaysia Terpopuler


7 Kuliner dari Negeri Tetangga Malaysia Terpopuler – Berbicara masalah kuliner dari Malaysia, negara tetangga satu ini mempunyai makanan yang rasanya dapat dicicipi oleh lidah orang Indonesia. Sebagian besar makanan khas Malaysia sebagai hasil kombinasi di antara style etnis Melayu, China, dan India. Dari kombinasi berikut dibuat makanan yang mengunggah selera.

Ingin tahu dengan cita-rasa makanan khas Malaysia? Baca referensi makanan khas Negeri Jiran berikut ini!

Kuliner Khas Malaysia

1. Ayam Percik

Untuk kamu fans masakan Melayu, pasti sudah mengenal dengan menu yang ini, namanya ayam percik. Makanan khas Malaysia ini banyak memiliki fans di Indonesia. Rasa ayam dan kuahnya sangat terasa renyah, karena diolah menggunakan bumbu dan rempah yang khas.

Langkah mengolah ayam percik juga bisa dilaksanakan dengan beragam langkah, dimulai dari dimasak sampai dipanggang. Di Malaysia ada dua tipe ayam percik yang sesuai kelompok tempat asal, yakni Ayam Percik Trenggannu dan Ayam Percik Kelantan.

Ayam percik khas Kelantan mempunyai ciri-ciri khas berbentuk bumbu kombinasi santan dan beragam rempah-rempah yang membuat jadi kuah yang spesial. Dan Ayam Percik Trengganu memakai tambahan bumbu cabe untuk menambahkan cita-rasa pedas.

Untuk membikin makanan khas Malaysia ini, ayam harus dipendam ke bumbu dan rempah lebih dulu saat sebelum dipanggang sampai kelihatan sedikit hangus. Kemudian, ayam yang dipanggang akan “dipercik” hingga disebutkan dengan Ayam percik.

2. Nasi Lemak

Nasi Lemak ialah makanan khas suku Melayu yang biasa diketemukan di Malaysia. Menu kuliner ini mempunyai rasa yang nikmat dan menggungah selera makan dengan beragam lauk pengiringnya. Nasi Lemak sebagai sajian yang diolah memakai santan dengan bumbu pedas.

Sebelumnya, makanan khas Malaysia satu ini ialah sajian untuk makan pagi saja. Seiring waktu berjalan, menu ini dapat dikonsumsi baik siang atau malam. Nasi Lemak sebelumnya cuma dihidangkan dengan telur, potongan ketimun, ikan bilis, atau teri goreng, dan sambal. Tetapi sekarang ini, Nasi Lemak dipasarkan dengan beragam [pilihan lauk-pauk seperti, tempe, tahu, petai, kacang goreng, sate, atau hati sapi dan umumnya dibarengi dengan parutan kelapa.

3. Ayam Pongteh

Menu khas Malaysia yang ini cukup spesial. Potongan daging ayam, kentang, dan jamur shitake membuat rasanya makin renyah dan nikmat. Sekilas makanan ini seperti terlihat semur. Resep asli dari masakan ini umumnya memakai daging non halal, tapi cukup banyak yang memakai ayam sebagai substitusinya. Hal yang membuat Ayam pongteh dan semur berlainan adalah dengan pemakaian tauco saat mengolahnya. Masakan khas Malaysia ini harus disajikan dengan sambal belacan.

4. Asam Laksa Penang

Bila kamu bertandang ke Penang, kurang komplet rasanya jika belum mencicip Ayam laksa Penang. Kuliner ini datang dari kombinasi masakan Tionghoa dan Melayu dan mempunyai cita-rasa yang bagus sekali. Laksa ini ialah semacam mie berkuah yang paling populer di Malaysia.

Makanan khas Malaysia satu ini sangat pas menjadi makanan di saat makan pagi. Kesedapan khusus makanan khas Malaysia ini berada di kuah kaldu ikan yang dibuat dari telur, tulang ikan makarel yang direbus dengan serai, cabai, dan asam.

5. Mee Siam

Dengan bahan dasar bihun atau misoa, Mee Siam ialah kuliner khas Malaysia yang paling terkenal hingga diberi gelar “Truly Malaysia” buat mempromokan kuliner ini sebagai sisi dari daya tari pariwisata Malaysia.

Bihun atau misoa pada makanan khas Malaysia ini dihidangkan dengan kuah berasa asam pedas dan diperlengkapi beragam topping seperti suiran daging ayam, daun bawang, sampai potongan telur.

6. Char Kway Teow

Char Kway Teow simpelnya ialah kwetiauw goreng. Perbedaannya, beberapa bahan yang ada dalam makanan ini lebih banyak. Kwetiauw sebagai material dasarnya digabung dengan udang, taoge, kecap kedelai, lokio, dan kerang. Untuk kamu yang pantang dengan daging babi, waspadalah, karena makanan ini kadang dibikin memakai minyak babi dan lemaknya. Makanan khas Malaysia ini gampang kamu jumpai di kawasan Kuala Lumpur dan Pulau Pinang.

7. Nasi Kerabu

Nasi Kerabu salah satunya kuliner khas Negeri Jiran yang selalu dicari oleh beberapa wisatawan. Kuliner khas Malaysia ini kelihatan unik karena nasinya memiliki warna yang kebiruan hingga beberapa orang ingin tahu dengan rasanya. Warna biru itu bukan lantaran nasi telah basi atau jamuran, tapi dibuat oleh pemakaian kelopak bunga telang kering di saat proses mengolah.

Sajian khas Malaysia ini umumnya jadi makanan khusus dengan lauk pengiring seperti ikan kering, ayam goreng, telur asin, krupuk, ayam bakar dan beragam tipe sayur. Tetapi sayang sekarang ini nasi kerabu sekarang ini tidak banyak yang menyajikan nasi warna biru, karena susah mendapati bunga telang kering sebagai bahan warna alaminya hingga biasa ditukar dengan nasi putih biasa, nasi kuning atau nasi hitam.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *