Resep Cara Membuat Cireng Renyah dan Gurih!


Resep Cara Membuat Cireng Renyah dan Gurih! – Gorengan adalah makanan favorite beberapa orang di Indonesia. Umumnya, gorengan yang dipasarkan di tepi jalan mempunyai beragam macam, dimulai dari tempe, tahu, sampai cireng lezat.

Nach, salah satunya gorengan yang cukup terkenal ialah cireng. Gorengan satu ini nerupakan jajan khas Bandung, yang dibuat dari tepung kanji atau tepung aci . Maka, cireng datang dari kata ‘aci’ yang ‘digoreng’.

Kadang, kita kurang berani jajan di tepi jalan karena cemas makanan tidak higienis. Tenang, kamu dapat membuat sendiri cireng di dalam rumah, lho.

Tetapi, jika resep yang dipakai tidak pas, cireng bikinan kamu bisa saja keras atau keras, lho. Tentunya hal itu akan bikin rugi kamu, kan?

Maka dibanding salah, coba bikin resep cireng ringkas dan enak berikut, yok!

Bahan-Bahan

2 sendok makan tepung tapioka untuk bahan biang
250 g tepung tapioka untuk adonan
5 biji bawang putih, haluskan
1 sendok teh garam
1 sdt kaldu bubuk
400 mililiter air

Cara Membuat Cireng

1. Haluskan bawang putih dan irislah tipis daun bawang lebih dulu, lalu pinggirkan ke satu tempat.

2. Dalam tempat itu, masukan tepung tapioka dan tambah garam. Aduk sampai tercampur rata dengan bawang putih dan daun bawang..

3. Rebus air sampai mendidih. Selanjutnya, mengambil 2 sdm adonan tepung barusan dan masukan ke rebusan air. Aduk sampai air beralih menjadi kental seperti lem. Kombinasi ini nanti bisa menjadi adonan biang.

4. Seterusnya, campur biang ke tersisa adonan tepung tapioka. Aduk sampai tercampur rata memakai sendok atau tangan sampai memiliki tekstur gampang dibuat.

5. Selanjutnya, mengambil 10 gr adonan, bulatkan lebih dulu, lalu gepengkan. Tetapi, jauhi memipihkannya terlampau tipis karena kelak cireng kamu bakal menjadi keras. Ulang menggenapkan semua adonan sampai habis, lalu pinggirkan ke tempat.

6. Panasi minyak dalam wajan dan goreng cireng sampai warna putih kekuningan dan crispy. Cireng siap dikonsumsi.

7. Jika belum ingin melahapnya, kamu dapat menyimpan lebih dulu di freezer ya.

Nach, gampang sekali ‘kan resep cireng satu ini? Dengan resep ini, kamu tentu suka membuat cireng sebagai cemilan setiap hari.

Cireng ini dapat dihidangkan dengan sauce kacang, sauce sambal, sambal rujak, atau sambal kecap sama sesuai selera. Selamat mempraktikkan!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *