16 Makanan Khas Sunda Paling Lezat dan Ngangenin!


16 Makanan Khas Sunda Paling Lezat dan Ngangenin! – Jawa Barat dikenali sebagai salah satunya provinsi dengan macam kekayaan kuliner. Bicarakan kuliner di Jawa Barat, karena itu kita tidak dapat terlepas dari sentuhan budaya Sunda. Beberapa makanan tradisional diproses dengan cita-rasanya yang enak dan memikat hati.

Uniknya kembali, Sunda memberikan nama beberapa nama kulinernya dengan singkatan yang lucu dan unik. Misalkan cilok yang memiliki arti aci dicolok, cireng yang dari aci digoreng, dan cimol dari kependekan aci digemol. Menarik kan?

1. Nasi Timbel

Parents tentu sudah akrab dengan tipe makanan yang ini, donk. Nasi timbel sebagai salah satunya kuliner khas Sunda yang terpopuler. Nasi yang dibuntel oleh daun membuat cita-rasanya khas. Ditambah, nasi khas ini dihidangkan dengan beragam hidangan makanan yang tidak kalah nikmat seperti ayam goreng, ikan asin, tahu, tempe, lahapan, sampai sambal terasi lezat nun mengunggah hasrat. Supaya tidak begitu kering dan menambahkan cita-rasa, nasi timbel sering dihidangkan dengan sayur asem.

2. Nasi tutug oncom

Makanan khas pertama yang dari Sunda yakni nasi tutug oncom. Sama dengan namanya, makanan ini mempunyai dua bahan khusus yaitu nasi dan oncom. Untuk membuat, Anda langsung bisa menambahkan nasi putih dengan oncom yang telah dimasak. Selanjutnya di tutug atau di tumbuk sampai ke-2 nya tercampur. Umumnya nasi ini dihidangkan dengan lauk yang lain seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, lahapan, dan yang jangan ketinggal sambal terasi. Begitu nikmat melahap sajian ini saat hangat.

3. Kupat tahu

Makanan ini termasuk berat karena di dalamnya memakai kupat atau ketupat yang dibuat dari beras yang direbus di dalam daun kelapa. Ketupat itu selanjutnya dipotongi dan ditambah lagi tahu goreng, tauge, dan siraman bumbu kacang. Kehalusan dari tahu dan ketupat yang mengenyangkan membuat makanan ini pas dikonsumsi di saat makan siang, karena selainnya mengenyangkan juga fresh.

4. Bakakak hayam

Makanan khas Sunda yang lain namanya bakakak hayam. Walau tidak ketahui tipe makanan ini, Anda tentu sudah dapat menebang bila makanan ini tentu dari Sunda. Hayam dengan bahasa Sunda mempunyai makna makanan yang bahan intinya ayam. Makanan ini dibuat dari ayam yang diberi bumbu memakai bumbu khusus selanjutnya di bakar. Umumnya makanan ini dihidangkan untuk di makan beramai-ramai, tentunya didampingi lahapan dan sambal.

5. Mie kocok

Sama dengan namanya, mie kocok dibikin berbahan mie kuning yang dihidangkan memakai kuah yang dari kaldu sapi. Umumnya mie kocok ini ditemui di wilayah Bandung dan sekelilingnya. Mie kocok ini bukan hanya terhidang mie dan kuah, ada banyak sayur yang dipakai seperti tauge dan daun seledri. Umumnya mie kocok ini ditambahkan bakso, kikil, dan topping daun bawang dan bawang goreng yang membuat makanan ini makin lezat dikonsumsi. Nama mie kocok diambil dari langkah mengolahnya yang unik yakni dengan mengocak mie dalam tempat khusus dan mencelupkan ke air mendidih hingga masak.

6. Empal gepuk

Makanan khas Sunda ini dengan bahan dasar daging yang dimasak bersama dengan bumbu dan kelapa. Gepung ini benar-benar pas dikonsumsi bersama nasi yang hangat. Karena langkah memesaknya dimasak, karena itu makanan ini umumnya tahan lumayan lama. Tidak ke-3 lan untuk membikin makanan ini makin nikmat Anda dapat melahapnya bersama sambal khas Sunda.

7. Soto Bandung

Dari namanya, sudah tentu makanan ini datang dari Bandung, Jawa Barat. Soto Bandung sebagai soto asli Bandung dengan cita-rasa yang fresh dan unik. Soto ini memakai potongan daging sapi atau tetelan yang disiram memakai kuah kaya rempah. Untuk membikin kuah Soto Bandung ini, Anda memerlukan jahe, serai, lengkuas, gulai, bawang merah, lada, bawang putih, dan rempah-rempah lain. Jangan ketinggal, soto ini diperlengkapi dengan sayur seperti lobak, selederi, bawang goreng, dan kacang kedelai. Sekarang ini Soto Bandung telah makin mengalami perkembangan dan banyak yang menambah beragam topping tanpa kurangi cita-rasa uniknya yang fresh dan kaya rempah.

8. Lotek

Bicara makanan khas Jawa Barat, tidak afdol rasa-rasanya bila tidak membahas makanan ini. Lotek sebagai makanan asli Sunda yang dibuat dari sayur-sayuran fresh seperti kol, tauge, kacang panjang, dan kangkung yang direbus. Anda bisa juga berkreatifitas memakai sayur yang lain. Kemudian, sayur disiram memakai bumbu kacang yang membuat cira rasanya makin unik dan nikmat.

9. Karedok

Makanan ini sebetulnya hampir sama dengan lotek, sama dibuat dari material dasar sayur. Perbedaannya, bahan sayur yang dipakai masih mentah. Umumnya makanan ini dicicipi bersama nasi hangat atau lontong dan tambahan krupuk yang membuat makan siang Anda jadi makin nikmat.

10. Empal gentong

Bila awalnya sudah diterangkan mengenai empal gepuk, rupanya masihlah ada makanan khas Sunda yang dari daging, yaitu empal gentong. Makanan ini dibuat berbahan khusus daging, usus, dan babat sapi. Beberapa bahan itu diolah dalam gentong dan memakai kayu bakar hingga cita-rasa tradisionilnya benar-benar kuat. Sesudah masak, empal gentong ditempatkan dalam mangkuk yang berisi nasi atau lontong selanjutnya disiram dengan santan renyah dan diberi kucai yang makin mengunggah hasrat.

11. Sate maranggi

Sate kemungkinan tidak asing dalam telinga masyrakat Indonesia. Sangkin populernya, makanan yang ini bahkan juga mempunyai macam variasi dimulai dari sate ayam, sate jamur, sate usus, sate kambing, dan tipe sate yang lain. Jawa Barat tidak ingin kalah, di wilayah ini populer dengan sate maranggi yang umumnya banyak ditemui di Purwakarta dan Cianjur.

12. Batagor

Batagor atau bakso tahu goreng jadi makanan khas Sunda yang sekarang ini sangat populer. Sebetulnya batagor bukan makanan berat. Makanan ini dibuat dari kombinasi ikan tenggiri, tepung sagu atau aci, dan kulit pangsit. Setelah itu dimasak dan dihidangkan dengan siraman sambal kacang dan kecap manis. Rasa renyah, manis, dan agak pedas membuat siapa sukai dengan makanan ini. Biasanya batagor jadi jajan yang gampang ditemui di pedagang kaki lima dan makanan ini telah banyak memiliki fans dimulai dari anak-anak sampai orangtua.

13. Surabi

Surabi atau ada pula yang mengatakan Serabi sebagai makanan khas Sunda yang lain yang telah populer. Makanan ini umumnya gampang ditemui di wilayah Bandung dan sekelilingnya. Surabi ini menjadi cemilan tetapi juga bisa dikonsumsi pagi hari untuk makan pagi.

14. Tahu gejrot

Makanan khas Jawa Barat seterusnya yang jangan Anda terlewat yakni tahu gejrot. Sama dengan namanya, makanan yang ini dengan bahan khusus tahu. Umumnya tahu yang dipakai yakni tahu kulit asli Sumedang yang dipotong kecil-kecil selanjutnya disiram dengan bumbu cabe. Bumbunya bukan seperti bumbu kacang yang kental, tetapi cair dan rasanya bukan hanya pedas tetapi juga fresh karena ada tambahan kencur didalamnya.

15. Bakso goreng

Bakso goreng atau basreng jadi cemilan khas Sunda yang banyak disukai. Makanan ini sudah tentu dibuat dari bakso yang dimasak. Bakso yang dipakai dapat bakso sapi atau ayam, selanjutnya diiris-iris tipis dan dimasak sampai kering. Yang menjadikan makin disukai karena bakso goreng ini diberi dengan bumbu cabe atau bumbu pedas. Cemilan renyah ini pas untuk temani waktu rileks.

16. Peuyeum

Dari saja namanya kita akan ketahui jika makanan ini datang dari Jawa Barat yang dengan bahan dasar singkong yang sudah di peragian. Peuyeum di wilayah lain dikenali bernama Tape. Struktur makanan ini tembut dan rasa yang manis sedikit asam.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *