Wisata Pantai Ngurtafur, Menikmati Pantai Paling Cantik di Maluku

Pantai Ngurtafur

Wisata Pantai Ngurtafur, Menikmati Pantai Paling Cantik di Maluku – Kepulauan Kei sebagai rangkaian pulau yang berada di samping tenggara Kepulauan Maluku, persisnya ada di Maluku Tenggara. Kepulauan ini memiliki beberapa pulau kecil dengan panorama alam yang mengagumkan.

Terutamanya adalah wisata pantainya, Maluku merupakan surganya pantai di dunia. Karena panorama alam yang terhidang di pantai Maluku benar-benar menakjubkan.

Bila kamu sedang ada di Maluku sempatkan diri untuk berkunjung Pantai Ngurtavur atau Pantai Ngurtafur yang berada di Pulau Woha, Maluku Tenggara. Ngurtafur terdiri dari 2 kata yaitu ngur maknanya pasir dan tafur memiliki arti muncul.

Saat Anda ada di Wisata Pantai Ngurtafur ini, karena itu Anda seakan-akan berasa sedang jalan ditengah-tengah lautan luas meskipun sebenarnya cuma jalan di atas bentangan pasir putih yang memotong pantai jadi dua segi yakni kanan dan kiri.

Tidak itu saja, air laut di Pantai Ngurtafur ini juga bersih dan warna biru. Bahkan juga Anda dapat menyaksikan terumbu karang yang berada di pantai di atas kapal. Panorama bawah laut yang ditawari oleh Pantai Ngurtafur sendiri sangat cantik. Hingga pantai ini pas untuk berenang atau snorkeling.

Penyu belimbing atau yang yang lebih dikenali bernama “Tabob” oleh warga di tempat ada di pantai ini. Penyu belimbing sendiri sebagai tipe penyu yang sangat jarang dan diproteksi. Kehadirannya di teritori pantai ini diproteksi dan memiliki sebuah penangkaran yang dikelola oleh World Wide Fund for Nature (WWF).

Konon di pantai ini ada Penyu Belimbing yang memiliki ukuran sebesar sedan dan berbobot sejumlah 1 ton. Ialah hal yang sangat jarang bila kita mendapatinya karena hewan ini susah sekali untuk diketemukan. Bahkan juga ada ritus khusus untuk panggil Penyu Belimbing yang memiliki ukuran yang hebat besar.

Disamping itu pantai ini sebagai tempat pelabuhan untuk beberapa kumpulan burung pelikan asal dari Australia yang migrasi. Jika untung Anda dapat menyaksikannya di saat tertentu. Waktu terbaik untuk bertandang ke pantai ini ialah pada bulan April sampai Mei dan di antara bulan Oktober sampai Desember. Ini karena di antara bulan itu cuaca termasuk ceria dan ombak yang berada di pantai condong tenang.

Daya Tarik Pantai Ngurtafur

Kehadiranmu ke Maluku Tenggara tidak komplet rasa-rasanya bila tidak berkunjung Pantai Ngurtafur, karena pantai ini memiliki daya magnet yang paling menarik, yaitu:

1. Fenomena Pasir Muncul

Pantai Ngurtafur sebagai bentangan pasir muncul yang hendak ada jika air laut sedang kering, dan akan ditutupi air kembali saat air laut mulai pasang.

Bentangan pasir putih yang halus ini seolah memisah laut jadi dua sisi, dan kamu akan rasakan kesan berjalan pada tengah lautan terlepas.

Sejauh kaki mengambil langkah telusuri pasir putih ini, rasa takjub dan kagum tidak berhenti-hentinya bergema di dalam diri. Demikian hebatnya Tuhan bisa melukis keindahan yang semacam ini, benar-benar tidak ada duanya.

Bila untung kamu bisa berjumpa dengan burung pelikan yang berkunjung di Pantai Ngurtafur. Burung Pelikan itu memang tinggal disekitaran pantai, bukan migrasi dari Australia.

Selainnya menyaksikan temanan Burung Pelikan, kamu dapat melihat kedatangan penyu belimbing yang umum dinamai Tabob oleh masyarakat sekitaran.

2. Menikmati Segarnya Air Laut

Sesudah melihat fenomena akan kehadiran pasir muncul, kamu harus juga berenang rasakan fresh dan jernihnya air laut. Tetapi bila kamu kurang mengusai berenang seharusnya memakai jaket pelampung, karena kedalamannya yang cukup dalam.

Berenang di Pantai Ngurtafur benar-benar benar-benar beri kesegaran, airnya jernih sekali hingga kamu bisa dengan bebas menyaksikan ke dasar tanpa yang merintangi. Aktivitas yang terbaik untuk menyaksikan keindahan dasar lautnya adalah dengan Snorkeling.

Tetapi, karena tidak ada persewaan perlengkapan untuk snorkeling kamu harus bawa kepentingan untuk snorkeling sendiri.

3. Menyaksikan Laut Terlepas Dari Gardu Pandang

Lanjutkan perjalananmu telusuri bentangan pasir putih ini, selanjutnya kamu akan mendapati sebuah gardu pandang dengan tinggi sekitaran 3 sampai 4 mtr. yang berada di Pulau Woha.

Dari menara itu kamu bisa menyaksikan secara jelas liukan Pantai Ngurtafur dengan dihias pasir putih yang paling bersih. Ditambah lagi luasnya laut biru yang seolah tidak berbuntut, Maluku memang surganya pantai di Indonesia.

4. Spot Foto Yang Luar Biasa

Keindahan alam sebagai spot foto terbaik dan tidak ada duanya, panorama yang dihidangkan Pantai Ngurtafur benar-benar cantik sekali. Bentangan pasir putih yang bersih dan halus, dipadankan dengan birunya laut dan putihnya awan yang memayungi.

Tidak boleh terlewat untuk mendokumentasikan keindahan itu, dokumentasikanlah berbentuk video atau foto. Dan diamkan seseorang menyaksikan keindahan Pantai Ngurtafur.

Baca Juga : Hutan De Djawatan, Menikmati Keindahan Alam Yang Unik di Banyuwangi

Lokasi Pantai Ngurtafur

Lokasi Pantai Ngurtafur berada di daerah Laut Banda dan ada di Pulau Woha yang disebut sisi dari Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku.

Jalur Ke arah Pantai Ngurtafur

Jalur ke arah Pantai Ngurtafur bila kamu pergi dari Jakarta, kamu harus memakai pesawat terbang ke arah Lapangan terbang Karel Sadsuitubun di Kota Langgur, sama waktu perjalanan sekitaran 5 jam.

Dari lapangan terbang teruskan perjalanan ke arah Dermaga Ohoi Kiprah, disini kamu harus meneruskan dengan memakai perahu yang telah kamu sewa awalnya.

Perjalanan yang hendak kamu menempuh dengan memakai perahu itu sekitaran 30 menit, dengan melalui lautan luas yang beratap birunya langit bersatu dengan birunya laut.

Jam Buka Pantai Ngurtafur

Jam operasional Pantai Ngurtafur dibuka sepanjang 24 jam satu hari dan sepanjang 7 hari satu minggu. Tetapi untuk ke arah Pantai Ngurtafur harus menyaksikan pasang kering air laut, dan waktu terbaik yakni saat Bulan April-Mei atau Bulan Oktober-Desember.

Tiket Pantai Ngurtafur

Tiket saat berkunjung Pantai Ngurtafur tidak dikenai ongkos sepeser juga, tetapi kamu harus keluarkan uang untuk sewa perahu dengan range harga sekitaran Rp. 1jt untuk per perahu yang bisa diisikan oleh 8 sampai 10 orang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *