Raja Ampat, Destinasi Wisata Surga Dunia yang Mempunyai Banyak Keindahan


Raja Ampat, Destinasi Wisata Surga Dunia yang Mempunyai Banyak Keindahan – Sekilas benak menerawang dan suatu lukisan elok juga timbul terbayang. Lautan lepas dengan pulau- pulau karang yang tersusun apik menyambut sebagian ekor lumba- lumba yang berloncatan riang. Langit yang biru berpadu dengan indahnya riak ombak menyisir tiap pasir putih di tepian pantai. Udara segar bertiup riuh rendah menjamin kesegaran natural khas hutan- hutan tropis yang hijau. Suara burung- burung camar juga menyeruak indah seolah bernyanyi dan mensyukuri pemandangan luar biasa ini. Dari dalam air juga berkeriapan berbagai ikan bercorak menawan menghiasi karang- karang hidup yang menari gemulai. Ini merupakan suatu surga kehidupan nyata di bumi.

Deskripsi tempat indah di atas tidaklah mimpi, seluruhnya nyata dan benar- benar ada. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia- lah tempatnya. Kepulauan yang terletak di ujung barat laut pulau Papua ini memanglah telah diketahui luas selaku‘ tambang emas’ untuk para penggila petualangan. Sebaliknya, untuk para penyelam dalam dan luar Indonesia, Raja Ampat dikira selaku surga yang tidak bisa diungkapkan perkata. Salah satunya metode untuk meyakinkan bermacam komentar ini merupakan dengan tiba langsung menikmati‘ si mutiara’ di ujung Papua ini.

Raja Ampat merupakan suatu kabupaten dan ialah bagian dari Propinsi Papua Barat. Untuk menggapai Kepulauan ini, kita wajib menginjakkan kaki di kota Sorong terlebih dulu. Umumnya para turis banyak memakai penerbangan untuk hingga ke kota ini. Sehabis hingga kota Sorong, kita bisa memakai sejenis kapal kilat yang biasa berlayar 2 kali satu hari mengarah Waisai, ibukota kabupaten Raja Ampat. Ekspedisi cuma akan memakan waktu dekat 2- 3 jam saja dari pelabuhan Sorong, sampai hingga di pelabuhan Waisai Raja Ampat.

Secara umum, Raja Ampat merupakan kepulauan yang terdiri dari banyak sekali pulau karang dan tersebar luas di segala wilayahnya. Tetapi demikian, Raja Ampat mempunyai 4 pulau utama yang sangat besar, ialah Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. 4 pulau besar inilah yang jadi titik dini penyebaran segala penduduk Raja Ampat yang sebagian besar menjabat selaku nelayan. Daerah perairan merupakan energi tarik utama Raja Ampat, mengingat perairan Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik di segala dunia. Perihal ini didasarkan pada bermacam riset tentang kekayaan flora- fauna dan kelestarian alam laut yang dipunyai Raja Ampat.

Suatu laporan tubuh konservasi internasional sempat mengatakan kalau perairan Raja Ampat mempunyai dekat 75% spesies laut segala dunia. Apalagi, daerah laut dan darat Raja Ampat yang mempunyai luas 4, 6 juta hektar ini jadi rumah untuk 540 tipe karang, 1. 511 spesies ikan dan ribuan biota laut yang lain. Oleh sebab itu, dengan bermacam keunggulan ini tidak heran apabila Raja Ampat dikala ini dikira selaku surga dasar laut tercantik di segala dunia.

Baca Juga: Mengintip Indahnya Pesona Alam Taman Nasional Komodo

Tidak cuma kekayaan alam dasar lautnya, Raja Ampat pula mempunyai banyak perihal menarik di atas permukaan lautannya. Banyak sekali pantai- pantai yang indah tersebar di segala kepulauan Raja Ampat. Biasanya, pantai ini berpasir putih dan mempunyai kehalusan mendekati tepung. Tidak hanya itu, pulau- pulau yang membentuk deretan tebing besar juga banyak ada di Raja Ampat. Apalagi, sebagian tempat semacam Piaynemo, Teluk Kabui, dan Wayag sudah populer sampai ke segala dunia lebih dahulu saat sebelum diketahui di dalam negara. Hutan- hutan tropis juga tidak kalah menariknya, apalagi ada sebagian tempat semacam desa Sawinggrai ataupun desa Saporkrein yang menyuguhkan pengalaman tidak terlupakan melihat burung Cenderawasih dari dekat. Semacam kita ketahui, burung Cenderawasih merupakan burung sangat jarang dan menawan khas Papua yang sering diucap selaku burung surga.

Belum berakhir hingga di kekayaan alam saja, Raja Ampat pula mempunyai bermacam kebudayaan dan kesenian yang sangat unik dan menarik. Sebagian desa di Raja Ampat memanglah telah mengukuhkan keberadaan mereka selaku desa wisata, salah satunya merupakan Desa Arborek. Desa yang terletak di satu pulau kecil ini mempunyai banyak sekali kesenian, mulai tarian- tarian tradisional, santapan Sinole yang terbuat dari sagu, sampai kerajinan anyaman daun pandan khas Arborek yang telah diwariskan secara turun- temurun antar generasi. Desa Arborek cumalah satu diantara desa- desa lain dengan keunikannya tiap- tiap.

Bermacam aset sejarah juga banyak ada di Kepulauan yang mempunyai jalinan dengan kesultanan Tidore, Maluku ini. Mulai dari sebagian penduduknya yang mempunyai darah kerajaan Tidore Maluku, peninggalan- peninggalan perang dunia ke 2, hingga gua- gua dengan lukisan tangan khas manusia purba juga tersebar luas di Raja Ampat. Menekuni keunikan Raja Ampat seakan tidak ada habisnya, inilah yang membuat kepulauan ini begitu berjaya sampai dikala ini.

Betapa kayanya alam, sejarah dan budaya Kepulauan Raja Ampat, sehingga membuat dunia berdecak kagum. Saat ini Raja Ampat telah jadi salah satu tujuan wisata populer di dunia, cuma saja sebab akses yang terbatas, untuk mencapainya dibutuhkan bayaran yang tidak sedikit. Tetapi, tidak butuh takut, Raja Ampat terus menjadi hari terus menjadi berbenah diri dengan sediakan bermacam sarana untuk seluruh golongan. Penginapan berupa resort dengan harga mahal sampai motel kecil nan murah akan gampang kita jumpai di Raja Ampat. Para turis cuma butuh lebih bijak untuk melindungi kepulauan indah ini supaya senantiasa terpelihara biar keindahannya bisa terus dinikmati sampai generasi- generasi selanjutnya.

Selaku penutup, alam indah nan elok Raja Ampat ini tidak lepas dari kisah- kisah legenda yang sudah dipercaya turun- temurun oleh segala warga asli Raja Ampat. Konon, nama Raja Ampat diambil dari 7 telur yang ditemui oleh seseorang perempuan leluhur mereka. 4 antara lain menetas jadi 4 orang pangeran yang nanti jadi Raja atas 4 pulau besar Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool. Sebaliknya 4 yang lain jadi hantu, seseorang perempuan dan suatu batu. Cerita inilah yang secara tradisi dipercaya oleh warga setempat selaku dini mula berdirinya Raja Ampat. Memanglah masih susah dipercaya secara ide sehat, tetapi apabila kita menelaah lagi maknanya, alam Raja Ampat merupakan suatu tempat sakral seperti kerajaan yang wajib senantiasa dilindungi dari kehancuran dan kehancuran.

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *