Kepulauan Widi, Destinasi Surga Dunia Tersembunyi di Ujung Selatan Halmahera


Kepulauan Widi, Destinasi Surga Dunia Tersembunyi di Ujung Selatan Halmahera – Berlokasi di Desa Gane Luar, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Kepulauan Widi diketahui mempunyai keindahan dan keunikan tertentu. Hamparan pasir yang putih dan luas, air laut jernih kebiruan, dan terumbu karang yang terhampar dengan berbagai tipe keindahan biota lautnya. Tidak heran bila eksotika kepulauan ini senantiasa disamakan dengan keindahan Kepulauan Mandeh dan Raja Ampat.

Hamparan pasir putih, air berkilau bak pirus, keindahan dasar laut yang bisa dinikmati apalagi dengan mata telanjang. Seluruh dapat Kamu miliki dikala berwisata ke Kepulauan Widi. Kepulauan Widi terdiri dari 99 pulau kecil, 3 atol, dan 2 gugus pulau. Kala air laut pasang, hamparan pasir putih mengaitkan satu pulau ke pulau yang lain.

Tidak hanya jadi destinasi wisata berkelas dunia, Kepulauan Widi pula jadi sumber utama mata pencaharian masyarakat lokal. Perairan laut yang masih jernih dan kaya akan ikan membuat banyak orang menggantungkan hidup selaku nelayan. Dari puluhan pulau kecil di Kepulauan Widi, cuma satu yang berpenghuni, ialah Pulau Daga. Penghuninya juga tidak banyak, ada 11 kepala keluarga, total penunggu pulau jumlahnya cuma puluhan orang.

Baca Juga: Raja Ampat, Destinasi Wisata Surga Dunia yang Mempunyai Banyak Keindahan

Mereka menghuni rumah- rumah panggung kayu di dekat dermaga pulau. Umumnya mereka bersedia menampung turis yang hendak bermalam. Pulau ini

belum mempunyai sarana penunjang pariwisata, bila mau bersnorkeling maupun diving dianjurkan bawa perlengkapannya dari rumah. Banyak kegiatan wisata yang dapat dicoba di pulau ini, mulai dari memancing, snorkeling, ataupun diving.

Untuk Kamu yang suka akan atmosfer pantai yang sepi dan pemandangan laut yang indah, Kepulauan Widi jadi destinasi wisata yang pas untuk Kamu kunjungi. Terlebih kepulauan ini dilengkapi dengan danau air tawar yang jadi tujuan wisata untuk Kamu yang gemar berpetualang. Sepanjang di Widi, Kamu pula akan disuguhi kicauan burung Maleu yang jinak dan lalu lalang di pantai dan semak- semak.

Ada 3 metode untuk mengarah ke Kepulauan Widi

Awal Kamu bisa bertolak dari Ternate memakai kapal di Pelabuhan Bastiong mengarah Pulau Saketa. Ekspedisi ini memakan waktu dekat 5 jam. Sehabis itu, Kamu bisa menumpang kendaraan roda 2 mengarah Kecamatan Gane Timur. ekspedisi bersinambung lagi dengan memakai kapal kilat mengarah ke Pulau Daga. Sehabis dekat 2 jam, barulah Kamu akan hingga di Pulau Widi.

Rute kedua, Kamu bisa naik kapal dengan rute Ternate- Babang( Bacan). Sehabis itu dari Pasar Baru Babang, menumpang kapal nelayan ataupun kapal kilat mengarah Gane Dalam. Ekspedisi dilanjutkan mengarah Desa gane Luar, sehabis itu naik perahu mengarah Pulau Widi.

Metode Ketiga, Kamu dapat menumpang kapal kilat dari Kota Baru ke Sofifi, Tidore sepanjang 45 menit. Sehabis itu menempuh ekspedisi darat ke Matuting, Gane Timur sepanjang kira- kira 4 jam. Turun di Matuting, Kamu dapat menyewa perahu nelayan untuk berlayar ke Pulau Widi. Ekspedisi itu akan memakan waktu dekat 4 jam. Total waktu ekspedisi memanglah tidak sedikit. Tetapi, pemandangan yang indah akan membayar lunas rasa letih Kamu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *