Minuman Khas Tasikmalaya


Es Bojong

jalanjalanaja.com – Minuman ciri khas Tasikmalaya ini benar-benar direferensikan buat buka puasa di Kota Tasikmalaya. Es Bojong namanya. Bukan rahasia kembali bila minuman sirup legendaris ini punya cita-rasa yang ajip.
Permulaannya, minuman ini terkenal karena status penjualnya di daerah Bojong. Karenanya disebut es Bojong.

Tapi, saat ini Es Bojong bisa ditemukan hampir di seluruh penjuru kota. Satu diantaranya warung Es Bojong yang terkenal adalah Warung Es Bojong Ibu Momoh.

Peluang dia lah pelopor pertama lahirnya Es Bojong.

Es Bojong biasanya disajikan dalam gelas bening tinggi atau tempat cup plastik jika dibuntel. Terkait harga, jangan kuatir.

Es Bojong masih terhitung ramah di kantong. Harga sekitaran antara Rp10.000 – Rp20.000 di Ibu Momoh. Tapi, jika beli di warung pinggiran jalan umum di harga Rp5.000 dapat

Sekoteng Ronde CIhideung

Sekoteng ciri khas sebagai minuman ciri khas Tasikmalaya yang berbahan jahe. Minuman itu pas di minum saat cuaca dingin terutamanya malam hari.
Satu diantaranya minuman ciri khas Tasikmalaya ini bisa ditemukan di sejumlah daerah, tidak terkecuali di Kota Tasikmalaya.

Tepatnya di Jalan Cihideung, sekoteng ronde bisa ditemukan di Kota Tasikmalaya. Dengan gerobak di atas mobil bak terbuka, sekoteng ronde ini mangkal setiap malam sejak jam 17. 30 WIB sampai jam 01.00 WIB.

Sekoteng ronde Cihideung ini, pada suatu mangkoknya berisi sekoteng, cangkaleng, roti tawar, susu, gula pasir, dan sudah pasti ronde.
Ronde sendiri sebagai makanan berbentuk bundar dibikin dari tepung ketan berisi kacang dan gula merah.

Baca Juga : 7 Kuliner dari Negeri Tetangga Malaysia Terpopuler

Untuk harga satu mangkuk sekoteng ronde Cihideung ini dibaderol Rp12 ribu. Rasanya yang hangat keunikan aroma jahe dan empuknya ronde, membuat minuman ciri khas Tasikmalaya ini banyak dicintai di Kota Tasikmalaya.

Minuman ciri khas Tasikmalaya ini dipercaya memiliki faedah untuk mempertahankan kesehatan dan kehangatan tubuh, menahan masuk angin, dan membuat lancar pencernaan.

Es Goytobod Mistik

Es goyobod adalah minuman dingin berbahan santan yang sama dengan es campur. Minuman ini dibikin dari santan, tepung aren, gula cair, alpukat, potongan roti tawar, susu, dan sudah pasti es.
Es goyobod yang bisa menghilangkan rasa dahaga ini kabarnya tiba dari bahasa Belanda yang mempunyai makna ‘basah’.

Untuk Kamu yang menyukai kulineran, tidak ada salahnya coba es ini.

Di Kota Tasikmalaya, es goyobod bisa ditemukan di Jalan Tarumanagara, Kecamatan Tawang, kurang lebih 20 mtr. dari Taman Kota Tasikmalaya ke Stasiun Kereta Api Tasikmalaya.

Segarnya es goyobod dengan rasanya yang manis dingin, bisa membuat dahaga musnah waktu itu juga. Harga tidak perlu ambil kantong dalam-dalam, hanya cukup Rp7.000 per gelas, dapat cicipi kesegarannya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *