Inilah Makanan Khas Tasikmalaya


jalanjalanaja.com – Makanan ciri khas Tasikmalaya ini harus anda coba saat berkunjung ke kota ini. Tasikmalaya sebagai salah satunya kabupaten di Jawa Barat yang populer dengan rekreasi alamnya yang cantik.

Tidak cuma rekreasi alamnya saja, Tasikmalaya mempunyai beragam jenis kulineran yang dapat menggoyang lidah. Tidaklah aneh bila banyak pelancong yang menyengaja singgah makan untuk mencicip kulineran ciri khas Sunda ini.

Nasi Tutug Oncom

Banyak warung nasi tutug oncom menyebar di Tasikmalaya. Bahkan juga, beberapa tempat jual tutug oncom paket sebagai oleh-olehan ciri khas Tasikmalaya.Tutug oncom ini sebagai sajian nasi hangat yang digabung olahan oncom. Selainnya rasanya super renyah, nasi tutug oncom biasa disajikan dengan cipe (aci tempe) dan sambal goang.Satu diantara beberapa warung tutung oncom yang bernama wangi ialah tutug oncom benhil. Lokasinya tidak jauh dari Kampus Pendidikan Cabang Tasikmalaya. Warung simpel ini ada di tepi sungai Cimulu.

Walau tidak menunjukkan kesan-kesan eksklusif, tetapi tidak boleh salah pengunjungnya selalu melonjak.

Nasi Cikur

Sama sesuai namanya, nasi cikur sebagai nasi dengan bumbu rempah yang menguasai kencurnya atau dengan bahasa Sunda disebutkan cikur. Proses masaknya, bumbu cikur ditumis dalam wajan panas.Selanjutnya campur nasi putih. Panasi sesaat baru disajikan. Nasi cikur sedap dikonsumsi dengan tahu dan tempe hangat ditambahkan telur ayam dan sambal pedas. Warung nasi cikur yang cukup populer satu diantaranya di Sambongjaya.

Bubur Ayam Haji Zaenal

Tempat makan ciri khas Tasikmalaya yang cukup populer ialah Bubur Ayam Haji Zainal yang berada di Jalan Kalektoran, Tasikmalaya. Bubur ayam Haji Zainal sangat populer bahkan ke luar kota Tasikmalaya. Sehari-harinya rumah makan ini selalu kebanjiran pengunjung baik dari dalam kota Tasikmalaya atau luar kota Tasikmalaya. Harga bubur ayam di warung makan Haji Zainal dapat dijangkau lurus sebanding dengan rasanya yang nikmat, patut saja bila banyak yang jadikan bubur ayam Haji Zainal sebagai makanan favorite. Cita-rasa bubur ayamnya yang renyah pasti selalu teringat oleh siapa saja yang mencoba, hingga saat bertandang ke Tasikmalaya kembali pasti suka untuk coba bubur ayam Haji Zainal ini kembali.

Baca Juga : Air Terjun Pelangi Jonjo Parigi di Kabupaten Gowa

Soto Ayam Pataruman

Maknaan ciri khas Tasikmalaya Jawa barat yang ini sebagai hidangan makanan berkuah sebagai favorite hampir semua warga Tasikmalaya dan pengunjung yang tiba ke Tasikmalaya. Salah satunya penjual soto ayam pataruman yang legendaris ialah Ibu Rina yang sudah jualan semenjak tahun 1960-an. Menurut sang pembikin soto ini, tidak ada suatu hal yang khusus dalam pembikinan dan penyuguhannya, namun stabilitas cita-rasa yang unik dari soto ayam pataruman semenjak zaman dahulu sampai sekaranglah sebagai factor pemasti makanan ini jadi favorite beberapa orang. Sudah ada semenjak tahun 1960-an dan cita-rasanya tetap sama, membuat soto ayam pataruman ini memiliki banyak fans. Bila kamu ingin coba soto ayam pataruman ini, hadirlah ke Jalan Pataruman Nomor 23, Tasikmalaya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *