Keindahan Wisata Karimunjawa yang Eksotis dan Mempesona

wisata Karimunjawa

Keindahan Wisata Karimunjawa yang Eksotis dan Mempesona – Karimunjawa terhitung kepulauan indah yang berada di Indonesia yang ada di wilayah Jepara. Karimunjawa terhitung dalam Kabupaten Jepara, Jawa tengah yakni di pesisir pantai utara Pulau Jawa. Kepulauan ini sudah diputuskan sebagai Taman Nasional. Bentangan pasir putih dan air yang jernih sebagai pemandangan yang hendak Anda cicipi. Situasi alami, asri dan tenang masih berasa dan akan membuat Anda berasa kerasan lama-lama di sini.

Keindahan dari Karimunjawa benar-benar sangat memesona selain itu ada banyak object wisata Karimunjawa bahari yang hendak membuat kerasan anda lama-lama di Karimunjawa. Di sini Anda bisa lakukan beberapa kegiatan yang banyak terkait dengan laut, satu diantaranya yakni penangkaran hiu yang berada di pulau menjangan besar yang berada 1 km dari Dermaga Karimunjawa. Dari pernyataan warga di tempat telah memiara penangkaran hiu sepanjang ±30 tahun. Di sini ada 2 tipe ikan hiu yakni, hiu sirip putih dan hiu sirip hitam. Kita bisa mengetes keberanian dengan masuk ke kolam penangkaran mereka dan berenang bersama ikan-ikan hiu ini. Tak perlu takut, karena hiu di sini cukup jinak dan berteman dengan manusia.

Baca Juga: Danau Paisupok, Danau Cantik Sebening Kaca di Banggai Kepulauan

Sejarah Karimunjawa

Karimunjawa diketemukan oleh Sunan Nyamplungan. Saat itu, Sunan Muria memerintah Amir Hasan ke sebuah pulau yang kelihatan kremun-kremun (kabur) dari pucuk Gunung Muria untuk meningkatkan pengetahuan agamanya. Karena kelihatan kremun-kremun, pada akhirnya pulaunya dinamakan “Karimunjawa” sampai sekarang disebutkan dengan Karimunjawa.

Letak kepulauan yang jauh dari Jepara, sampai Sunan Muria memberikannya nama ‘Karimunjawa’, yang memiliki arti samar-samar kelihatan dari Pulau Jawa.

Amir Hasan yang dikenali sebagai Sunan Nyamplungan karena menanam tanaman Nyamplung disitu, yang rupanya berguna sebagai pemecah angin.

Keindahan Karimunjawa

Kawasan ini terbagi dalam 27 pulau dengan Karimunjawa sebagai pulau paling besar. Kepulauan ini menyuguhkan keindahan air laut yang jernih, pantai pasir putih, koleksi terumbu karang yang elok, kawasan rimba mangrove yang mempesona kebun kupu-kupu, sampai daerah bugis.

Di Karimunjawa kita bisa nikmati pasir putih, alam yang selalu dijaga kebersihannya, dan laut biru terlepas yang jernih. Beberapa pantai di sekitar Karimunjawa dan Kemujan berkunjung tempat wisata bukit-bukit yang terkenal untuk melihat panorama kepulauan Karimunjawa dengan situasi sunrise dan sunset, wisata laut snorkeling, diving, mancing, berkunjung penangkaran hiu, hunting photo dan lain-lain.

Keindahan terumbu karang dan ikan berwarna-warna dalam laut bisa menjadi daya tarik untuk bermain di di air. Air laut di Karimunjawa benar-benar jernih dan bening, hingga Anda dapat melihat dasar laut secara jelas Beberapa pantai di Karimunjawa mayoritas berpasir putih, maka dari itu pas untuk aktivitas berjemur, menyelam dan memancing, bulan madu atau sekedar hanya berlibur. Kelebihan yang lain dari kepulauan ini ialah tumbuhan Dewandaru yang cuma ada di kepulauan ini dan tidak berada di lain tempat. Tumbuhan ini jadi keunikan Taman Nasional Karimunjawa yakni dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang ada pada rimba hujan daratan rendah.

Beberapa wisatawan dapat naik kapal dari Dermaga Tanjung Mas Semarang atau Dermaga Kartini Jepara untuk ke arah pulau khusus. Beberapa pulau tidak memiliki penghuni jadi lokasi yang pas untuk penangkaran hiu, seperti Pulau Menjangan Kecil.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *