Pesona Keindahan Wisata Taman Nasional Ujung Kulon Di Banten

Taman Nasional Ujung Kulon

Pesona Keindahan Wisata Taman Nasional Ujung Kulon Di Banten – Wisata Taman Nasional Ujung Kulon di Sumur Pandeglang Banten adalah tempat wisata yang ada di Desa Ujungjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Wisata Taman Nasional Ujung Kulon di Sumur Pandeglang Banten ialah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan di hari biasa atau hari berlibur. Tempat ini benar-benar indah dan dapat memberi kesan yang lain dengan kegiatan kita setiap hari.

Wisata Taman Nasional Ujung Kulon di Sumur Pandeglang Banten mempunyai pesona keindahan yang bagus sekali untuk didatangi. Benar-benar di menyayangkan bila anda ada di kota Pandeglang tidak berkunjung Wisata Taman Nasional Ujung Kulon di Sumur Pandeglang Banten yang memiliki keindahan yang tidak ada duanya itu.

Sepintas Mengenai Taman Nasional Ujung Kulon

Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon awalannya dikenalkan oleh seakan pakar botani asal Jerman namanya F. Junghun pada Tahun 1846 yang saat itu sedang kumpulkan tumbuhan tropis untuk ditelaah di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Taman Nasional Ujung Kulon mempunyai luas capai 122.955 hektar yang terbagi dalam 78.619 hektar kawasan darat dan 44.337 hektar kawasan perairan.

Secara administratif, Taman Nasional Ujung Kulon berada di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten. Saat sebelum diputuskan sebagai taman nasional, kawasan Taman Nasional Ujung Kulon dulu sebagai beragam cagar alam seperti Cagar Alam Gunung Honje, Cagar Alam Pulau Panaitan, Cagar Alam Pulau Peucang, dan Cagar Alam Ujung Kulon yang selanjutnya diganti perannya jadi satu kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Ada tiga type ekosistem di Taman Nasional Ujung Kulon yaitu ekosistem dataran atau terestrial yang terbagi dalam rimba hujan tropika daratan rendah, ekosistem perairan laut yang terbagi dalam terumbu karang dan padang lamun dan ekosistem pesisir pantai yang terbagi dalam rimba pantai yang ada di sejauh pesisir pantai dan rimba mangrove.

Baca Juga: Keindahan Wisata Karimunjawa yang Eksotis dan Mempesona

Flora dan Fauna di Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon mempunyai keberagaman hayati yang paling kaya. Kawasan ini jadi komunitas untuk beberapa ratus flora yang dipisah persebarannya berdasar type ekosistem yang berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Seperti katang-katang (Ipomoea pescaprae) dan kanyere laut (Desmodium umbellatum) pada ekosistem rimba pantai, pandan duri (Pandanus tectorius) dan pandan bidur (Pandanus bidur) yang hidup di kawasan berbukit sampai lampeni (Ardisia humilis), lembang (Typha angustifolia), dan sayar (Caryota mitis) yang hidup di ekosistem rimba rawa air tawar dan ada banyak beragam flora yang lain.

Dan, untuk fauna, walau Taman Nasional Ujung Kulon populer sebagai rumah untuk satwa epidemik Badak Jawa, ada banyak satwa epidemik yang lain yang dapat diketemukan di Taman Nasional Ujung Kulon, yaitu Owa Jawa (Hylobates moloch), Surili (Presbytis aigula) dan Anjing rimba (Cuon alpinus javanicus). Disamping itu, Anda bisa juga mendapati satwa yang lain seperti Banteng, Rusa, Kijang, Kancil, Kukang, Kera Ekor Panjang, Merak, Rangkong, Burung Enggang, Macan Dahan, Kucing Rimba dan beragam satwa liar yang lain.

Minimal ada 35 tipe mamalia, 5 tipe Primata, 240 tipe Burung, 59 tipe Reptilia, 22 tipe Amphibia, 72 tipe Insecta, 142 tipe Pisces, 33 tipe Terumbu Karang yang hidup dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Lokasi

Di mana lokasi Wisata Taman Nasional Ujung Kulon di Sumur Pandeglang Banten ? sama seperti yang tercatat di atas lokasi berada di Desa Ujungjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Tapi bila anda masih bimbang di mana lokasi atau letak Wisata Taman Nasional Ujung Kulon di Sumur Pandeglang Banten saya anjurkan anda cari dengan menulis Wisata Taman Nasional Ujung Kulon di Sumur Pandeglang Banten di search google maps saja. Di Google maps telah tertandai di mana lokasi yang anda mencari itu.

Destinasi Wisata di Taman Nasional Ujung Kulon
Selainnya jadi kawasan pelestarian, keindahan alam dari Taman Nasional Ujung Kulon membuat menjadi salah satunya arah wisata yang bagus sekali untuk ditelusuri. Ada banyak object wisata terkenal yang ada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon dan berikut salah satunya:

1. Pulau Peucang

Sering dipanggil ‘Dream Island’, Pulau Peucang ialah object wisata di Taman Nasional Ujung Kulon favorite untuk fans kegiatan snorkeling dan diving. Ini karena alam bawah laut di perairan sekitaran Pulau Peucang memang populer akan keelokannya. Tetapi, disamping itu Pulau Peucang mempunyai pantai indah yang masih alami menjadikan sebagai salah satunya arah wisata di Taman Nasional Ujung Kulon yang cukup terkenal.

2. Pulau Panaitan

Menyeberang dari Pulau Peucang, Anda dapat berkunjung Pulau Panaitan yang pasarkan pemandangan alam bawah laut yang tidak kalah mengagumkan untuk ditelusuri. Selainnya untuk diving atau snorkeling, ombak di kawasan pantai object wisata di Taman Nasional Ujung Kulon satu ini pas untuk lakukan aktivitas surfing. Salah satunya spot di Pulau Panaitan dikenali bernama ‘One Palm Point’ menjadi tujuan favorite beberapa peselancar karena ombaknya yang lumayan besar.

3. Gunung Honje

Sukai dengan aktivitas trackking di tengah-tengah alam yang hijau yang asri? Gunung Honje dapat menjadi tempat wisata di Taman Nasional Ujung Kulon yang wajib buat dikunjungi. Kawasan Gunung Honje dikitari oleh 19 desa penyangga yang beberapa dari sediakan sarana fasilitas untuk bermalam. Menelusuri lajur trackking Gunung Honje, Anda akan dibawa melalui beragam destinasi wisata yang lain di Taman Nasional Ujung Kulon, satu diantaranya ialah Sumber Air Panas Cibiuk.

4. Sumber Air Panas Cibiuk

Sesuai namanya, destinasi wisata di Taman Nasional Ujung Kulon seterusnya ini sebuah kolam pemandian air panas alami. Banyak wisatawan yang berkunjung Sumber Air Panas Cibiuk karena memercayai sumber air panas alami ini sanggup mengobati beragam penyakit. Tetapi, lepas dari hal itu, Sumber Air Panas Cibiuk sendiri dikitari oleh alam asri hingga tawarkan panorama yang cukup mengagumkan. Berkunjung object wisata di Taman Nasional Ujung Kulon satu ini, Anda dapat santai sambil merendam di pemandian air panas alami sekalian nikmati asrinya panorama yang mengitarinya.

5. Kepulauan Handeuleum

Kepulauan Handeuleum ialah arah wisata di Taman Nasional Ujung Kulon yang populer akan aktivitas susur sungainya. Berkunjung object wisata satu ini, Anda dapat telusuri keindahan alam liar memakai perahu kano. Tidak hanya pasarkan pemandangan indah, aktivitas ini terang sebagai salah satunya opsi kegiatan seru yang paling memorable yang dapat Anda kerjakan saat bertandang ke Taman Nasional Ujung Kulon.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *