Keindahan Goa Jomblang, Destinasi Wisata di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta


Keindahan Goa Jomblang, Destinasi Wisata di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta – Gunung Kidul memanglah diketahui selaku surga wisata di Jogja yang saat ini jadi primadona destinasi liburan. Tidak cuma kaya akan pantainya yang indah dan eksotis, Kabupaten di pesisir selatan Jogja ini nyatanya menaruh panorama alam goa yang luar biasa. Goa Jomblang ialah salah satu dari sekian banyak gunung yang menawarkan keindahan luar biasa.

Wisata Goa Jomblang di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta ialah salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Paddyjo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Wilayah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Wisata Goa Jomblang di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta ialah tempat wisata yang ramai didatangi turis baik hari biasa ataupun hari libur. Tempat ini sangat indah dan bisa membagikan sensasi yang berbeda untuk kegiatan kita tiap hari.

Wisata Goa Jomblang di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta mempunyai pesona keindahan yang sangat menarik untuk didatangi. Sayang sekali jika kamu terletak di kota Gunung Kidul untuk tidak mendatangi Wisata Goa Jomblang di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta yang mempunyai keindahan yang tiada tara.

Wisata Goa Jomblang di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta sangat sesuai untuk mengisi liburan liburan kamu paling utama pada dikala libur panjang semacam libur nasional, ataupun hari libur yang lain. Keindahan Wisata Goa Jomblang di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta ini okelah untuk kamu seluruh yang dekat ataupun yang jauh untuk mendatangi Tempat Wisata Goa Jomblang di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta yang terdapat di kota Gunung Kidul.

Jika dibanding dengan goa- goa lain yang terdapat di Gunungkidul, Goa Jomblang mempunyai karakteristik khas tertentu yang jadi magnet tertentu untuk turis dalam negeri ataupun mancanegara. Apalagi keindahan alam Goa ini sempat digunakan untuk syuting reality show berjudul The Amazing Race tahun 2011.

Lokasi

Dimana lokasi Wisata Goa Jomblang di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta? semacam yang tertulis di atas lokasinya terletak di Desa Paddyjo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Wilayah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Tetapi jika kamu masih bimbang dengan lokasi ataupun letak Wisata Goa Jomblang di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta, aku sarankan kamu mencari dengan mengetik Wisata Goa Jomblang di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta di search google maps saja. Di peta Google, itu diisyarati di mana lokasi yang Kamu cari.

Baca Juga: Tempat Wisata di Mojokerto yang Cocok Untuk Rekreasi

Sejarah Goa Jomblang

Proses terbentuknya goa yang terletak di Kabupaten Gunungkidul ini lumayan unik, kegiatan geologi yang terjalin jutaan tahun yang kemudian menyebabkan runtuhnya tanah dan seluruh vegetasi yang terdapat di atasnya sampai ke bawah bumi. Fenomena ini menyebabkan terjadinya lubang ataupun sinkhole dengan diameter kurang lebih 50 m.

Sinkhole ini kerap pula diucap oleh masyarakat dekat selaku sumur ataupun Luweng. Sehingga goa ini pula diketahui mempunyai nama lain ialah Luweng Jomblang. Goa Jomblang bisa digolongkan selaku Goa vertikal dengan jenis Collapse Doline.

Untuk merambah goa vertikal, turis wajib memakai Metode Tali Tunggal ataupun kerap diucap SRT. SRT merupakan metode yang biasa digunakan untuk merambah Goa vertikal. Metode ini memakai tali yang digunakan selaku lintasan dan untuk memanjat dan menuruni tempat- tempat vertikal.

Tidak cuma pesona panoramanya, terdapat pula sejarah kelam yang mengenai keindahan alam Goa Jomblang. Konon bagi goa setempat, goa ini sempat digunakan selaku tempat membasmi anggota PKI. Bagi masyarakat, PKI diperintahkan untuk berdiri di tepi mulut goa dan silih bergandengan. Kala salah satu dari mereka tertembak dan jatuh ke mulut Goa, yang lain terseret ke dalam Goa yang tingginya menggapai 80 m.

Bagi masyarakat, pada tahun 1982 pemerintah setempat mensterilkan sisa- sisa tulang manusia yang masih berantakan di dalam Goa. Tidak tanggung- tanggung, dekat 3 truk tulang sukses dievakuasi dari Goa Jomblang ini. Tidak cuma itu, cerita mistis yang membuat merinding pula sering terjalin. Kesimpulannya sehabis masyarakat berdoa bersama, peristiwa mistis tersebut saat ini lenyap.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *