Tempat Wisata di Mojokerto yang Cocok Untuk Rekreasi


Mojokerto adalah salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki sejarah panjang, di mana pernah berdiri di Nusantara kerajaan terbesar yaitu Majapahit. Selain peninggalan sejarah yang menjadi daya tarik pengunjung, tempat wisata di Mojokerto juga tak kalah indah dan menawan untuk dikunjungi oleh wisatawan jalanjalanaja.com.

Tempat wisata di Mojokerto memiliki destinasi menarik, yang wajib dikunjungi oleh wisatawan saat ingin menghabiskan liburan menyenangkan. Banyak tempat wisata yang bisa dieksplor. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, budaya, sejarah hingga wisata alam yang memiliki panorama indah dan asri.

1. Poetoek Soeko

Tempat wisata di Mojokerto yang wajib dikunjungi saat liburan, serta cocok dijadikan sebagai tempat untuk rekreasi keluarga adalah Poetoek Soeko. Destinasi wisata ini terletak di desa Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Jawa Timur Yang Lezat

Sampai sekarang, tempat ini dijadikan sebagai salah satu kawasan kebun dengan luas 7000 meter persegi, dan penuh dengan tanaman bunga matahari. Berada di dataran tinggi membuat pengunjung akan menikmati suasana di tempat wisata ini, sejuk dan juga asri.

2. Petirtaan Jolotundo

Petirtaan Jolotundo adalah tempat wisata di Mojokerto yang berlokasi di lereng Gunung Penanggungan, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas. Destinasi wisata ini adalah sebuah bangunan petirtaan yang dibuat zaman Airlangga pada masa Kerajaan Kahuripan. Memiliki panjang: 16,85 m, lebar: 13,52 m dan kedalaman: 5,20 m, tempat ini juga terbuat dari batu andesit yang diparut halus.

Tempat yang merupakan candi ini adalah monumen cinta kasih Raja Udayana untuk menyambut kelahiran anaknya, Prabu Airlangga. Akan tetapi, banyak sumber lain yang juga menyebutkan bahwa candi ini adalah tempat pertapaan Airlangga setelah mengundurkan diri dari singgasana saat digantikan oleh anaknya.

3. Air Terjun Watu Ondo

Selain memiliki tempat yang sarat akan sejarah, Wisata di Mojokerto yang cocok dikunjungi saat liburan adalah Air terjun Watu Ondo yang berada di Taman Hutan Raya Raden Soerojo. Memiliki dua aliran air yang jatuh ke tanah, membuat air terjun ini sekilas terlihat seperti air terjun kembar.

Air terjun pertama berketinggian sekitar 75 meter, sementara air terjun yang kedua sekitar 40 meter saja. Anda juga bisa menikmati pemandangan sekitar yang sejuk dan juga masih asri hingga sekarang.

4. Air Terjun Dlundung

Wisata di Mojokerto yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Air Terjun Dlundung yang memiliki lokasi di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas. Hal yang menjadi daya tarik tempat wisata di Mojokerto ini tentu saja adalah air terjun di lereng Gunung Welirang.

Kawasan air terjun Dlundung juga dilengkapi dengan bumi perkemahan dan warung-warung yang siap melayani para pengunjung dengan suasana pedesaan yang khas. Saat berada di sini, pengunjung akan menikmati nuansa alam dengan pegunungan nan sejuk juga indah sejauh mata memandang.

5. PPLH Seloliman Trawas

Wisata di Mojokerto yang sangat cocok dikunjungi serta menjadi tempat rekreasi keluarga yang seru juga menyenangkan adalah Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH). Tempat wisata di Mojokerto juga merupakan wisata edukasi karena cocok untuk mengenal lingkungan.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, tempat ini terletak di Desa Seloliman, Trawas, Mojokerto. Selain belajar, tempat ini juga menyediakan beragam fasilitas seperti area outbound, penginapan, pusat kuliner, kamar mandi, yang bisa digunakan oleh pengunjung.

6. Air Terjun Surodadu

Tempat wisata di Mojokerto yang wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Air Terjun Surodadu. Perlu diketahui bahwa tempat ini juga memiliki nilai sejarah, di mana dulunya Kawasan Gunung Welirang dijadikan tempat persembunyian bagi serdadu Jepang, sehingga air terjun ini diberi nama “Surodadu”.

Air terjun ini memiliki sumber mata air yang berasal dari kawasan gunung, membuat airnya tampak jernih meskipun diguyur hujan deras. Wisata yang tidak pernah sepi pengunjung ini, memiliki lokasi yang mudah untuk diakses, namun Anda membutuhkan trekking ringan di jalanan yang tidak terjal dan berkelok.

7. Bumi Perkemahan Dlundung

Tempat wisata di Mojokerto yang wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Bumi Perkemahan Dlundung. Destinasi ini memiliki daya tarik berupa suasana alam yang masih sangat asri juga dilengkapi hawa sejuk yang menyegarkan, sehingga bagi siapapun yang berkunjung merasa nyaman dan betah tinggal lebih lama di Bumi Perkemahan Dlundung ini. Jangan khawatir, karena tempat ini memiliki berbagai fasilitas yang memadai telah disediakan oleh pengelola di Bumi Perkemahan Dlundung.

8. Air Terjun Cuban Canggu

Saat ingin rekreasi yang seru juga menyenangkan bersama keluarga, maka tempat wisata di Mojokerti ini wajib untuk dikunjungi. Tempat ini merupakan air terjun dengan suasana sejuk dan segar. Saat ingin berkunjung ke Cuban Canggu, maka pastikan untuk melakukan olahraga ringan, karena akses menuju lokasi cukup melelahkan. Akan tetapi perjalanan melelahkan yang dilakukan akan terbayar ketika Anda sampai ke air terjun ini.

Bagi wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang indah dan berbagai spot foto menarik, juga memiliki mitos yang seringkali dipercaya oleh wisatawan yang berkunjung. Sumber air yang terdapat di sini, diyakini memiliki khasiat “enteng jodoh”.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *