Mengintip Keindahan Destinasi Wisata Alam Wakatobi


Mengintip Keindahan Destinasi Wisata Alam Wakatobi – Indonesia memanglah populer akan keindahan alamnya, Salah satunya keindahan di dasar laut. Hingga tidak dipungkiri banyak wisatawan yang mau menikmati keindahan alam dikala liburan di Indonesia.

Uniknya, nama Wakatobi sendiri ialah akronim dari 4 pulau utama. Tidak cuma keempat pulau, terdapat sebagian pulau kecil yang lain yang pula terdapat di daerah Wakatobi namanya merupakan Anano, Rundumana, Pulau Hoga dan Kapota.

Tentang Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi ini sudah diresmikan di tahun 1996. Total areanya merupakan 1, 39 juta hektar yang menyangkut dengan keanekaragaman hayatinya laut dan pula karang. Pula, menempati salah satu posisi prioritas paling tinggi dari konservasi laut yang terdapat di Indonesia. Sedangkan keindahan dan pula kekayaan kawasan ini pula telah populer di mancanegara. Paling utama sehabis terdapatnya Ekspedisi Wallacea dari Inggris yang terdapat di tahun 1995. Disitu disebutkan kalau kawasan Sulawesi Tenggara ini memanglah kaya akan spesies koral.

Terdapat dekat 750 dari total 850 spesies koran yang terdapat di dunia. Sedangkan konfigurasi kedalamannya pula bermacam- macam. Mulai dari datar sampai melandai ke laut dan pula di sebagian wilayah perairan yang mempunyai tebing curam. Di bagian terdalam perairannya bisa menggapai 1. 044 m.

Lokasi Taman Nasional Wakatobi

Letak dari objek wisata ini terletak di lepas pantai Provinsi Sulawesi Tenggara yang mana dari pulau utama sampai mengarah Tamana Nasional Wakatobi walaupun lewat kepulauan Buton. Untuk mengarah ke situ, ekspedisi ke Wakatobi memanglah memakai kapal laut ataupun pesawat. Jika Kamu memakai kapal laut hingga bisa jadi lebih murah. Namun memerlukan waktu yang lama. Sedangkan dari Makassar ke Wakatobi saja pula memerlukan waktu lebih dari 10 jam. Jika mau lebih kilat hingga bisa memilah pesawat.

Dikala ini untuk penerbangan ke Wangi- Wangi yang ialah ibukota dari Wakatobi. Terdapat salah satu maskapai penerbangan Wings Air yang melayani penerbangan dari kendari ke Wakatobi dalam satu hari sekali. Untuk keberangkatan kurang lebih jam 14. 45 waktu setempat ataupun Waktu indonesia tengah(WITA). Sedangkan waktu yang diperlukan untuk ekspedisi merupakan kurang lebih 45 menit saja.

Jika Kamu mau terbang dari Makassar pula senantiasa bisa. Namun harga tiket jadi 2 kali lipat dan waktu terbang pula menggapai 4 jam lebih. Karena penerbangan akan transit terlebih dulu di Kendari setelah itu ubah pesawat ke Wings Air.

Nantinya hingga di Wangi- Wangi, Kamu bisa mencari penginapan baik itu memakai taksi ataupun kendaraan

individu. Jika mau berkelana Wangi- Wangi Kamu bisa menyewa taksi dengan biaya dekat RP. 500. 000.

Baca Juga: Keindahan Goa Jomblang, Destinasi Wisata di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta

Rekomendasi wisata di Wakatobi

Jika kalian mau dan lagi terletak di Wakatobi, bisa jadi saran wisata ataupun tempat di dasar ini bisa jadi saran untuk kalian.

Lalu, apa saja tempat wisata di Wakatobi? Yuk, ikuti postingan sepenuhnya di dasar ini!

1. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi ini jadi surganya para pecinta diving yang mempunyai 750 dari total 850 spesies koral yang terdapat. Di dunia.

Hingga tidak heran jika pariwisata bahari jadi kegiatan andalan dikala melancong di Taman Nasionak Kepulauan Wakatobi. Tidak cuma populer dengan gugusan karang dan bermacam- macam tipe ikan di dasar lautnya, pulau Wakatobi ini mempunyai taman bermain ikan paus mani.

Spesies hewan ini umumnya mulai nampak pada bulan November kala perairan Wakatobi lebih hangat daripada laut di belahan bumi lain. Tidak hanya itu, kalian pula bisa menciptakan ikan pari manta yang cuma ditemui di perairan tropis.

Sebagian spot menyelam yang bisa kalian coba antara lain; Pantai Sombu dan Onemohute di Pulau Wangi- Wangi, Pulau Hoga di Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko.

2. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Untuk kalian yang menggemari petualangan di darat, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai di Pulau Wakatobi uni bisa jadi salah satu destinasi yang menarik didatangi.

Taman ini mempunyai luas 1. 050 kilometer persegi yang diisi oleh bermacam- macam vegetasi, mulai dari savana sampai hutan mangrove. Jika kalian tiba pada dikala masa penghujan, hingga bisa memandang hijaunya hamparan savana dengan latar belakang Gunung Watumohai.

Tetapi, untuk kalian pecinta camping dan gambar malam, kalian bisa mengabadikan pemandangan tenda di atas perbukitan dengan hamparan bintang- bintang di langit selaku latarnya.

Tidak cuma itu, kalian pula bisa menjumpai bermacam- macam tipe burung di situ, semacam elang, maleo, dan kakatua kecil jambul kuning. Menariknya lagi, kala menjelajahi tempat ini juga bisa dicoba dengan motor trail berkecepatan besar lewat lintasan dan gundukan tanah yang menantang.

3. Puncak Khayangan

Tidak hanya Wakatobi mempunyai banyak spot diving kesukaan semacam Marimabok, Roma Dive, Wreck Huntete, dan masih banyak lagi, Pulau Tomia pula sediakan spot gambar instagrammable berbentuk bentangan padang sabana, namanya Puncak Khayangan.

Puncak ini terletak di bagian timur Pulau Tomia yang jadi spot terbaik untuk menikmati panorama hamparan bukit- bukit hijau bergelombang yang berbatasan langsung dengan samudera.

Apalagi yang tidak boleh ketinggalan merupakan panorama sunset di Puncak Khayangan yang sangat menawan. Sehingga Puncak Khayangan ini jadi destinasi wisata yang harus kalian kunjungi loh!

4. Air Terjun Moramo

Berikutnya, wisata Air terjundi Wakatobi bisa jadi rujukan kalian dalam liburan. Air terjun ini mempunyai ketinggian dekat 100 m yang berbentuk air terjun berundak, dengan lebih dari 7 tingkatan utama dan 60 tingkatan kecil.

Kalian pula bisa berendam dan berenang di sebagian kolam natural di situ yang dilandasi oleh batuan granit. Apalagi pemandangannya sangat indah dengan menampakkan motif pelangi yang terpancar dari buih- buih air yang mengalir.

Tidak hanya itu, wilayah batuan kapur yang terdapat di situ menimbulkan bilik batunya tidak licin sebab susah ditumbuhi lumut, sehingga kalian juga bisa memanjatnya. Sehingga wisata air terjun ini bisa jadi tempat menarik yang kalian kunjungi loh!

5. Telaga Goa di Pulau Wangi- Wangi

Telaga goa di salah satu pulau kecil bernama Wangi- Wangi yang menawarkan daya tariknya sendiri dengan airnya yang jernih dan bersih.

Sebagian telaga goa yang populer merupakan Air Goa Kontamale dan Air Goa Tee Kosapi. Jaraknya ke tempat ini bisa diakses dengan mobil ataupun motor dekat 15 menit dari pusat kota Wanci, kecamatan Wangi- Wangi.

Walaupun Goa ini kepunyaan pemerintah wilayah, tetapi penduduk kerap menggunakan airnya selaku sumber air. Sehingga Goa ini jadi destinasi menarik yang bisa kalian kunjungi kala di Wakatobi.

6. Senja di Pulau Hoga, Kaledupa

Jika kalian mau mencari tempat yang jauh dari kebisaingan, Pulau Hoga merupakan rekomendasinya. Di pulau ini kalian akan memandang pemandangan jajaran tumbuhan kelapa dan hamparan pasir putih yang menyelimuti pantainya yang jernih kebiruan.

Tidak cuma itu, pantai dan ombak di pulau ini sangat indah sekali jika kalian kunjungi. Apalagi senja di pulau Hoga ini jadi daya tariknya, sehingga sesuai untuk kalian liburan dengan pendamping maupun keluarga.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *