Makanan Khas Betawi yang Terkenal Lezat


Betawi merupakan sebutan untuk suku orisinil kota Jakarta. Masakan Betawi diberi pengaruh oleh kultur Cina, Eropa, dan Arab, sehingga memberikan rasa gurih dan enak. Terdapat banyak makanan enak yang bisa kalian coba untuk nikmati dalam menyantap makanan terenak khas betawi jalanjalanaja.com.

Makanan Khas Betawi Paling Lezat

Hendak mencicipi makanan khas Betawi yang tenar, berikut ini sebagian saran hidangan menarik dan tentunya lezat!

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Angker di Jakarta yang Memiliki Nilai Sejarah

1. Soto Betawi

Masakan Betawi yang tenar. Saking terkenalnya, soto Betawi dapat Moms peroleh di tempat pinggiran Jakarta, seperti Tangerang, atau Depok.

Tak berbeda dengan soto lainnya, soto Betawi mengaplikasikan aneka jeroan sapi, dengan campuran santan dan susu, ditambahkan pelbagai jenis bumbu dan rempah lainnya.

2. Kerak Telur

Salah satu camilan unggulan, kerak telur merupakan makanan khas Betawi yang terbuat dari nasi, dicampur telor dan aneka bumbu lainnya, dan ditaburi serundeng.

Dapat memilih tipe telor ayam yang dipakai, merupakan telor ayam atau telor bebek. Ciri khas masakan ini merupakan metode memasaknya yang mengaplikasikan tungku api, sehingga rasa gurihnya konsisten terasa.

3. Asinan Betawi

Berbeda dengan asinan Bogor, asinan Betawi mengaplikasikan tipe sayuran seperti kubis, sawi, taoge, dan yang lainnya. Tapi, penyajian asinan Betawi juga mengaplikasikan teknik pengacaran dengan garam dan cuka.

Asinan Betawi juga diberi tahu dengan kuah gula merah rasa pedas serta manis yang tentunya sungguh menarik hati. Cobain yuk Moms makanan khas Betawi ini.

4. Gado-gado

Makanan khas Betawi ini menjadi makanan sehat dan digemari orang yang melakukan pola hidup vegetarian, sebab makanan ini mengandung aneka sayuran, seperti kangkung, kubis, tauge, kacang panjang.

Gado-gado diberi tahu dengan mengaplikasikan saus kacang yang gurih dan lezat. Seringkali, gado-gado juga diberi tahu dengan telor rebus dan emping.

5. Nasi Kebuli

Nasi kebuli merupakan makanan khas Betawi yang cukup populer di kalangan warga Betawi keturunan Arab. Maka, nasi kebuli mempunyai cita rasa rempah yang kaya.

Nasi kebuli dimasak dengan kaldu kambing, susu kambing, atau dapat diganti dengan santan, dan diberi tahu dengan tumisan daging kambing. Makanan ini paling enak kalau ditambah asinan nanas.

6. Roti Buaya

Mungkin telah tenar dengan roti buaya, yang menjadi makanan khas Betawi yang seharusnya dicoba. Roti buaya juga umumnya diberi tahu di acara pernikahan atau acara tradisional Betawi lainnya.

Roti buaya tradisional yakni roti tanpa isi. Namun ketika ini, roti buaya telah mempunyai pelbagai jenis macam roti yang diisi aneka jenis selai.

7. Nasi Uduk Betawi

Mungkin Moms bertanya-tanya, memang nasi uduk itu makanan khas Betawi ya? Nasi uduk merupakan masakan khas Betawi lainnya. Progres memasak beras untuk nasi uduk merupakan dengandiaron dengan mengaplikasikan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai lalu dikukus hingga matang. Rasanya gurih dan mempunyai bebauannya tersendiri.

Nasi uduk Betawi umumnya diberi tahu dengan taburan bawang goreng, dengan lauk seperti ayam goreng, sambel dan komplemen lainnya beserta daun kemangi.

8. Semur Jengkol

Nah, ini ia nih makanan khas Betawi lainnya yang tak boleh terlewatkan. Semur jengkol yakni hidangan khas Betawi yang tenar dengan bau nya yang kurang enak, tetapi nikmat!

Untuk sebagian orang, bau jengkol mungkin membikin rasa tak nyaman, namun untuk penggemar jengkol, hidangan ini sangatlah digemari.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *