Daerah Wisata Jakarta Terpopuler yang Wajib Dikunjungi


Sejumlah destinasi tamasya Jakarta malah berias untuk merayakan HUT Jakarta sekalian memberikan pengalaman tamasya terbaik terhadap masyarakat lokal, luar kota, dan mancanegara. Bicara perihal destinasi dan titik tamasya di Jakarta, tentunya banyak sekali yang dapat dibanggakan dan memberikan kebahagiaan bagi mereka yang sudah mengunjungi jalanjalanaja.com.

Indahnya Wisata Jakarta

Pada peluang kali ini, akan diulas enam titik tamasya Jakarta komplit dengan sejarah, sejumlah wahana, keunikan, serta experience baru yang dihadirkan. Sesuai banget untuk mengisi waktu tamasya buah hati-buah hati sekolah sekalian jelajah keberagaman Indonesia.

Baca Juga : Makanan Khas Betawi yang Terkenal Lezat

Tempat Wisata Populer di Jakarta

Ada bermacam anjuran tamasya mengasyikan dan memorable yang dapat kau nikmati bersama pasangan, kerabat, dan sahabat-sahabat.

1. Ancol
Menyinggung tamasya Jakarta, pasti tidak dapat dilepaskan dari Ancol atau Taman Cita-cita Jaya Ancol. Sebuah taman rekreasi terbesar di Indonesia dengan bermacam wahana dan atraksi unik, untuk dapat menjelajahi semuanya mungkin diperlukan waktu lebih dari seminggu.

Wilayah Ancol sejatinya sudah dilirik oleh Hindia Belanda untuk menjadi destinasi tamasya semenjak permulaan abad ke-17. Melainkan, pengembangan potensi wisatanya baru menerima perhatian dari Presiden RI Pertama, Soekarno, sepulangnya dari Amerika Serikat tahun 1954. Dari situlah konsep taman hiburan Ancol diwujudkan, pengembangan proyek Ancol yang terletak di Jakarta Utara ini terus berjalan sampai tahun 1966 dan di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta – Ali Sadikin semua progres proyek Ancol beralih terhadap Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya PT Pembangunan Jaya. Perseroan berperan dalam mempersiapkan semua jenjang perencanaan proyek, mulai dari penyiapan konsep pengembangan, taktik, master plan, sampai kesibukan pembangunan lainnya, termasuk taktik pemasaran.

2. Dunia Fantasi
Seiring berjalannya waktu, hadirlah sejumlah unit rekreasi, wahana, atraksi, dan event-event menarik. Ada 5 pantai familiar (Pantai Festival, Cantik, Elok, Ria, dan Carnival Beach Club), Dunia Fantasi (Dufan), Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Samudra, Seaworld Ancol, Pasar Seni, Allianz Ecopark, Faunaland. Ada resort & hotel untuk penginapan pelancong, lalu deretan resto & restoran serta stand UMKM yang menawarkan aneka makanan dan minuman. Kecuali destinasi unggulan merasakan tamasya dan akhir minggu, Ancol juga jadi tujuan untuk berolahraga seperti jogging dan bersepeda.

Pekarangan terpola Ancol juga menghadirkan beraneka kesibukan mengasyikan dari musik sampai pameran dan menjadi venue event-event nasional ataupun internasional. Paling segar yaitu gelaran Jakarta Formula E-PRIX 2022, seri balapan kesembilan dari gelanggang Formula E-PRIX 2022 yang berlangsung 3-6 Juni 2022 lalu. Untuk memeriahkan gelanggang hal yang demikian, Ancol juga menghadirkan Dufan Fun Dining (11 Juni 2022) dan Dufan At Night dengan Tema Sirkuit Balafun hingga 25 Juni 2022.

Untuk memanjakan pelancong sekalian memberikan peluang untuk dapat gembira, Ancol rutin memberikan promo spesial dana potongan harga di sejumlah unit atau wahana rekreasi.

Bergeser ke Jakarta Timur, ada Taman Mini Indonesia Cantik yang yaitu suatu wilayah taman tamasya bertema kultur dengan luas kurang lebih 150 hektare. Taman ini merangkum kebudayaan Indonesia yang meliputi beraneka aspek kehidupan masyarakat dari semua provinsi Indonesia yang ditampilkan dalam anjungan tempat berarsitektur tradisional, menunjukkan aneka busana, tarian, dan kebiasaan tempat.

Gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat peralatan Indonesia dengan seluruh isinya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah atau yang akrab diketahui Ibu Tien Soeharto pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. Di Indonesia melewati miniatur ini diinginkan bisa membangkitkan rasa berbangga dan rasa cinta tanah air pada semua kultur Indonesia.

Gagasan hal yang demikian makin mantap sesudah Ibu Tien mengunjungi sederet obyek tamasya di luar negeri, seperti Disneyland di Amerika Serikat dan Timland di Thailand. Karenanya dimulailah suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia “Indonesia Cantik”. TMII mulai dibangun tahun 1972 dan dilegalkan pada tanggal 20 April 1975. Sesudah dikelola selama lebih dari 44 tahun oleh Yayasan Kemauan Kita, sekarang TMII di bawah Kementerian Sekretaris Negara sedang dalam tahap revitalisasi menjadi taman kultur bertaraf internasional. Jadi untuk dikala ini, TMII tak dibuka untuk awam. Kalau penasaran wajah baru TMII, pantau terus di official akun Instagram Taman Mini Indonesia, ya!

3. TMII
Di TMII terdapat sebuah danau yang membuktikan miniatur kepulauan Indonesia, estetika itu dapat disaksikan melewati wahana kereta gantung. Kecuali Anjungan Tempat, pelancong juga dapat merasakan beraneka museum (Museum Indonesia, Pusaka, Transportasi, Olahraga, dan lain-lain), Flora dan Fauna serta beraneka sarana rekreasi (Snowbay, Istana Buah, Teater IMAX Keong Emas dan Taman Legenda, Teater 4D yang menghasilkan TMIII sebagai salah satu wilayah tamasya pujian Warga Ibu Kota Jakarta dan Indonesia.

4. Monas
Monumen Nasional atau Monas menjadi salah satu destinasi tamasya unggulan dikala musim tamasya panjang. Hampir tiap-tiap musim tamasya panjang, wilayah Monas senantiasa dipadati pengunjung. Terpenting jikalau sedang ada kesibukan atau event. Warga yang berkunjung, tidak cuma Jakarta, namun juga warga luar tempat. Kecuali sebab murah, berkunjung ke Monas juga menjadi peluang bagi keluarga untuk mempelajari sejarah bangsa Indonesia.

Sesudah dua tahun ditutup dampak pandemi, Pemprov DKI Jakarta mengisyaratkan membuka tamasya Monas untuk awam seiring dengan membaiknya keadaan pandemi. Alhasil ini tentu menjadi isu bersuka cita bagi masyarakat yang menantikan tamasya murah dan menyenangkan.

Monas yaitu monumen peringatan setinggi 132 meter yang didirikan untuk mengenang konfrontasi dan pengorbanan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari Belanda. Menilik sejarahnya, sesudah melewati pengerjaan yang panjang, akibatnya pembangunan monumen diawali pada 17 Agustus 1961 di bawah instruksi Presiden Soekarno. Keseluruhan bangunan Monas dirancang oleh para arsitek Indonesia, adalah Soedarsono, Frederich Silaban, dan Ir Rooseno. Dalam membangun Monas, Proklamasi 17 Agustus 1945 diwujudkan simbol yang dituangkan dalam bentuk tugu, supaya rakyat senantiasa dapat mengenang momen yang luar lazim hal yang demikian. Pekarangan pada 12 Juli 1975, Monas legal dibuka untuk awam.

Monas dibangun setinggi 132 meter, berbentuk lingga, dan semua bangunannya dilapisi oleh marmer. Di puncak Monas terdapat cawan yang menyangga nyala lampu perunggu yang beratnya menempuh 14,5 ton dan dilapisi emas 35 kilogram. Lidah api atau obor ini berukuran tinggi 14 meter dan berdiameter 6 meter terdiri dari 77 komponen yang disatukan.

Pekarangan awam, Monumen Nasional terdiri atas sebagian komponen, adalah: Pintu Gerbang Utama, Ruang Museum Sejarah Nasional, Ruang Kemerdekaan (Pekarangan Bawah), Badan Tugu, Pekarangan Cawan (Pekarangan Atas), dan Api Kemerdekaan. Terdapat sebuah elevator (lift) yang dibangun pada pintu sisi selatan untuk membawa pengunjung menuju pekarangan puncak berukuran 11 x 11 meter persegi di ketinggian 115 meter dari permukaan tanah.

5. Kota Tua Jakarta
Tamasya tamasya berikutnya yaitu Tamasya Kota Tua Jakarta yang berada di wilayah Jakarta Utara. Tamasya Kota Tua Jakarta menyuguhkan beraneka arsitektur bersejarah yang yaitu peninggalan masa penjajahan Belanda. Sebagai wilayah dengan bangunan-bangunan tua, karenanya terdapat seperti itu banyak titik menarik untuk mengetahui sejarah dan dapat berfoto bagi seluruh kalangan.

Kecuali sendirian, bersama pasangan, ataupun bersama keluarga akan terasa menyenangkan dikala kau ke Kota Tua, sebab banyak alternatif hiburan yang menyenangkan, seperti Museum Fatahillah, Taman Fatahillah, Museum Bahari, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Jembatan Kota Intan, Wilayah Kali Besar, dan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Taman Fatahillah dapat menjadi salah satu sentra keramaian, sebab kau dapat mengerjakan beraneka kegiatan di taman ini salah satunya bermain sepeda ontel. Apalagi sekiranya telah digelar pasar malam, peristiwa untuk belanja dan tamasya masakan. Kecuali itu, ada bermacam resto dan restoran dengan experience unik yang dapat kau kunjungi, semisal Restoran Jamu Acaraki, Demikian Historia Jakarta, Demikian Batavia, Locarasa dan masih banyak lagi.

6. JIEXPO Kemayoran

Setelah ada perayaan HUT Jakarta, JIEXPO Kemayoran malah menjadi destinasi yang banyak dikunjungi masyarakat. Pasalnya, tiap-tiap tahunnya JIEXPO Kemayoran menjadi venue gelaran Jakarta Fair atau Sentra Raya Jakarta (PRJ). Sesudah tidak datang selama dua tahun sebab pandemi, Jakarta Fair kembali digelar pada 9 Juni – 17 Juli 2022. Kecuali tahun-tahun sebelumnya serangkaian acara mulai dari bazar masakan, pameran, sampai konser musik akan tersaji untuk memeriahkan HUT Jakarta. Ada banyak kejutan, hadiah, dan bintang tetamu mengasyikan yang dapat dirasakan masyarakat.

Jakarta International Expo atau diketahui JIEXPO Kemayoran yaitu sentra konvensi dan eksibisi yang berlokasi di tempat Jakarta Pekan. Dibuka tahun 1992, JIEXPO mempunyai 5 balai dengan kapasitas 5.000 sampai 12.000 daerah duduk. tipe pameran, konser, dan event spesial bagus nasional ataupun internasional acap kali digelar di daerah ini. Kecuali Sentra Raya Jakarta, ada Java Jazz Festival, Warehouse Project, International Comedy Festival, pameran otomotif Indonesia International Motor Show, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *