Rekomendasi Makanan Ciri Khas Tulungagung


jalanjalanaja.com – Makanan ciri khas Tulungagung memang populer mempunyai macam cita-rasa yang unik dan nikmat. Di sini banyak kulineran yang diproses dan dihidangkan dengan tradisionil hingga mempunyai cita-rasa dan wewangian yang unik. Anda bisa mendapati banyak kulineran ciri khas yang dapat dicicipi sebagai makanan berat atau untuk sekedar cemilan. Tidak cuma populer nikmat, kulineran ciri khas Tulungagung populer ramah kantong, lho. Nach, bila Anda merencanakan untuk bertandang ke Tulungagung, Berikut ialah daftar makanan ciri khas Tulungagung yang harus buat anda cicip.

Krupuk Kulit Rambak

Krupuk kulit memang sama sebagai salah satunya oleh-olehan, yang dapat diketemukan lumayan gampang di Kabupaten Tulungagung. Pelancong dapat beli makanan ciri khas Tulungagung ini di beberapa kios yang jual olahan ini di tepi jalan. Rambak ialah makanan ciri khas Tulungagung yang dibikin berbahan dasar kulit sapi dan kerbau. Sama sesuai namanya, krupuk kulit ini memiliki struktur gurih dan benar-benar pas untuk dikonsumsi dengan sajian berkuah. Di Tulungagung ada dua tipe rambak. Pertama ialah rambak dari kulit sapi dengan warna yang ceria. Dan yang ke-2 , sebagai rambak dari kulit kerbau. Makanan ciri khas Tulungagung ini menjadi satu diantara referensi rekreasi kulineran yang wajib buat dicicip.

Nasi Lodho

Kulineran Tulungagung yang harus dicoba ialah Nasi Lodho. Secara penampilan nasi ini serupa dengan kari ayam. Perbedaannya berada di proses pembikinan makanan ciri khas Tulungagung itu. Untuk membuat, ayam lebih dulu akan dipanggang saat sebelum diolah selanjutnya. Selanjutnya diolah berbahan yang lain. Proses pemanggangan berikut sebagai kunci khusus kesedapan nasi lodho. Disamping itu, keunggulan dari nasi lodho sebagai makanan ciri khas Tulungagung yakni pada kuahnya. Kuah nasi lodho mempunyai cita-rasa pedas dan dibagi jadi kuah kental dan kuah encer.

Baca Juga : Bendungan Paselloreng Panorama Alam Menakjubkan di Wajo

Jenang Grendol

Jenang grendol mempunyai cita-rasa manis dan renyah. Makanan ciri khas Tulungagung ini benar-benar pas dikonsumsi saat waktu rileks. Makanan ini dibuat dari tepung kanji dan gula merah. Prosesnya yakni dengan direbus sampai membuat jel lekat warna merah. Umumnya jenang grendol dihidangkan dengan bubur ketan hitam. Disamping itu, ada pula yang menambah umbi-umbian di pada makanan itu.

Gembrot

Gembrot ialah makanan ciri khas Tulungagung yang unik. Dibuat dari dedaunan hijau seperti semangi, jantung pisang, sambiloto, dan lain-lain, yang digabung parutan kelapa muda dan bumbu. Makanan ini dibuntel daun pisang lalu dikukus. Beberapa penjual sering menambah ikan, teri, tempe, dan yang lain.

Cimplung

Cimplung dibuat dari singkong atau ketela yang telah dikupas dan dibersihkan sampai bersih, lalu dimasukkan ke sebuah wajan besar sisa gula Jawa. Makanan ciri khas Tulungagung ini punyai cita-rasa manis legit.

Sate dan gulai kambing

Mungkin di kota Anda ada beberapa penjual sate dan gulai kambing. Namun di Tulungagung mempunyai sate dan gulai kambing dengan rasa yang unik dari wilayah ini. Ini karena bumbu yang diberi berasa lebih masuk dan menyerap ke dagingnya. Disamping itu bedanya ada juga di saat proses mengolahnya. Proses mengolahnya dengan dibakar dan di celupkan ke kuah gulainya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *