Inilah Makanan Khas Sumba


jalanjalanaja.com – Selainnya populer karena keelokan alam dan kekayaan budayanya, Sumba Timur mempunyai macam kulinerannya seperti kaparak, manggulu, kacang-kacangan yang bisa dicicipi pelancong.

Bertandang ke Kabupaten Sumba Timur kelihatannya kurang komplet tanpa mencicip bermacam kulineran yang paling sedap dan beragam cita-rasa. Beragam kulineran ciri khas yang dibuat dari olahan kekayaan alam Sumba Timur. Kulineran ciri khas Sumba Timur juga benar-benar komplet.

Ka’Pu Pantunnu

Ka’Pu Pantunnu adalah tipe makanan ciri khas sumba olahan yang terbanyak dicintai oleh warga lokal Sumba. Ini adalah tipe makanan buatan dari jantung pisang yang ditumis. Olahan jantung pisang ini ada di pada makanan ciri khas yang lain berada di Sumba bernama sayur rumpu rumpe. Tetapi yang membuat berlainan ialah bila di sayur rumpu rumpe jantung pisang dipakai cuma untuk tambahan.
Di olahan ka’pu pantunnu ini jantung pisang dipakai sebagai bahan khusus. Di mana proses memakainya anda harus membakar jantung pisang lebih dulu. Sesudahnya anda dapat potong kecil jantung pisang. Apabila sudah anda dapat menambahkannya dalam parutan kelapa yang telah dipanggang. Umumnya masyarakat Sumba benar-benar sukai menambah jantung pisang ini dengan irisan daun kemangi. Anda pernah coba?

Kadapet Watara

Kadapet watara ialah tipe kue kering berbahan intinya ialah jagung, pisang dan kombinasi kacang tanah. Ke-3 bahan khusus ini digabung dan jadi sebuah adonan selanjutnya dibuat bundar. Sesudahnya, dibuntel dengan memakai daun jagung. Disaksikan secara sepintas memang kadapat berita ini cukup serupa dengan wajik kelapa dengan daun jagung. Dan rasa dari makanan ciri khas sumba ini telah banyak yang mengaku bila begitu enak dan benar-benar pas buat anda yang sukai dengan tipe kue manis.

Baca Juga : Pesona Keindahan Wisata Taman Nasional Ujung Kulon Di Banten

Kaparak

Salah satunya tipe makanan ciri khas sumba ini diproses berbahan dasar jagung. Tetapi yang lain ialah jagungnya telah di tabrak. Atau bila tidak ada jagung umumnya warga sekitaran memakai beras atau sagu. Seterusnya bahan dimasak dengan tehnik sangrai tanpa minyak. Sesudah kelihatan peralihan warna dan harum karena itu seterusnya digabung dengan kacang yang telah ditumbuk, kelapa dan gula pasir.
Nach beberapa bahan yang telah disangrai sampai masak barusan akan berbeda warna cukup kekuning – kuningan dan akan menggumpal. Apabila sudah berbentuk itu, karena itu anda dapat angkat dan langsung bisa dicicipi bersama. Meskipun material dasar dan proses olahannya benar-benar gampang dan simpel. Tetapi dari hasil Kaparak ini begitu enak.

Manggulu

Manggulu sebagai kue tradisionil ciri khas dari Sumba. Manggulu mempunyai rasa asam dan manis karena dibuat dari pisang, gula merah, dan kacang tanah. Proses pembikinan manggulu benar-benar gampang tapi memerlukan waktu yang lama, pisang dijemur sepanjang 3 hari selanjutnya ditumbuk bersama dengan gula merah dan kacang tanah yang sudah disangrai sampai tercampur rata. Sesudah tercampur, wujud adonan jadi memanjang dan buntel dengan daun pisang atau daun lontar.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *