Curug Cisarua Air Terjun Indah di Kota Garut

curug cisarua

Curug Cisarua ini salah satu tempat wisata terbaik di garut yaitu salah satu liburan curug atau air terjun yang ada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Seperti yang kalian tahu di kota dodol ini mempunyai destinasi liburan alam jalanjalanaja.com yang cukup banyak.

Kali ini aku akan mengulas perihal salah satu curug atau air terjun yang ada di Kabupaten Garut, tepatnya di Kecamatan Cilawu, ialah Curug Cisarua.

Baca Juga : Inilah Makanan Khas Sumba

Mengenal Curug Cisarua

Rupanya bukan cuma Bogor yang mempunyai Curug Cisarua, di Garut bahkan ada sebuah curug yang bernama Curug Cisarua. Yang berada di kaki Gunung Cikuray, dan letaknya cukup tersembunyi. Curug mulai disahkan dan dihasilkan destinasi liburan pada tahun 2016 oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Ketinggian Air Terjun

Curug Cisarua berada di Ketinggian 1.400 Mdpl yang lumayan betul-betul tinggi untuk ukuran curug, so pastinya panoramanya cantik banget.

Tak lupa juga bagi kalian yang mau berkunjung kalian dapat sekaligus datang ke Curug Aden dan Curug Cihanyawar sebab letaknya tak terlalu jauh dari curug ini.

Sebab berada di ketinggian sekitar 1.400 mdpl, dan berada cukup tersembunyi, secara tak seketika kau telah mengenal bahwa wajib melaksanakan trekking lebih-lebih dulu.

Ya, untuk merasakan estetika air terjun terindah, kau wajib melaksanakan trekking dengan menelusuri jalan setapak yang masih rindang dengan hiasan alam yang teduh.

Jalan Setapak Menuju Lokasi

Jalan setapaknya masih berupa tanah dan bebatuan, dikiri dan kanannya beberapa tertutupi sebagian tanaman yang cukup tinggi.

Jalanannya tak terlalu menanjak atau bawaan yang cukup tajam, masih dapat lah dilewati oleh kaum emak-emak milenial hehehe….

Jalan jalan atau trekking dari parkiran menuju Curug Cisarua ini mencapai sekitar 2 Km atau dengan estimasi waktu sekitar 25 menit.

Rasa lelah tidak semacam itu kau rasakan, sebab sepanjang perjalanan merasakan panorama yang betul-betul cantik, dengan lewat perkebunan sayuran dan juga zona pesawahan.

Aliran Sungai Curug Cisarua

Sesudah berjalan lama kalian akan lewat aliran sungainya dengan jembatan dari sebagian batang pohon kayu di harapkan kalian hati-hati ya dikala melaluinya.

Kau dapat juga menjadikannya sebagai titik untuk berfoto, dengan latar aliran air terjun yang cukup tinggi.

Lokasi Curug Cisarua

Lokasi air terjun ini bertempat tinggal di Kampung Kopi Patrol, Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Rute Menuju Lokasi Air Terjun

Rute ini jika dari Garut kota, akan mencapai dengan perjalanan sekitar 23 Km, dengan estimasi waktu 50 menit melewati jalan menuju Cilawu ke arah Tasik.

Kalian dapat datang kesini dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4, dengan kendaraan awam bahkan dapat dengan menaiki angkutan kota rute cilawu warna putih biru lalu turun dengan barometer Pasar Bojong Loa deket sd dan pangkalan ojek.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *