Berbagai Makanan Khas Rote


jalanjalanaja.com – Rote sebagai kepulauan yang ada di daerah Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau ini jadi daerah paling selatan di Indonesia. Karena keelokan alamnya yang memikat, Pulau Rote menjadi satu diantara tujuan rekreasi di NTT.

Selainnya menyajikan keelokan alam, Pulau Rote mempunyai kulineran ciri khas yang unik dan sedap. Apa kulineran ciri khas pulau paling selatan di Indonesia ini? Yok, baca di bawah ini.

Susu Goreng Ciri khas Rote

Susu Goreng adalah makanan ciri khas Rote yang perlu Anda coba saat liburan ke situ. Kulineran ini memadankan rasa yang betul-betul unik yakni susu yang renyah dan legit dan gula air yang manis.Hidangan kulineran ini dapat Kamu dapatkan dimanapun saat liburan ke Pulau Rote.

Susu Goreng sebagai kulineran ciri khas lokal yang dengan bahan dasar susu kerbau yang fresh dan gula air.Berikut yang membuat unik, yakni susu kerbau bukanlah susu mainstream seperti susu sapi atau susu kambing.

Jagung Bose Rote NTT

Makanan ciri khas Rote setelah itu Jagung Bose yang bahan intinya ialah jagung.Kamu tak perlu kagum, karena NTT ialah propinsi yang terkenal karena produksi jagungnya yang berlimpah.

Karenanya banyak kulinerannya yang dengan bahan dasar jagung.Untuk warga asli Pulau Rote, Jagung Bose ini menjadi alternatif nasi. Umumnya sajian ini dibuat dari jagung dan kacang-kacangan yang diolah dengan santan.

Namun ini tidak baku, karena banyak macam berbahan pengiring Jagung Bose, semua sesuai dengan selera masing-masing.=Meskipun bukan warga asli Rote, Kamu dapat coba membuat Jagung Bose karena triknya benar-benar gampang.

Pertama Kamu harus memanasi air, sesudah mendidih masukan kacang merah dan kacang tanah.Sesudah kacang empuk, Kamu dapat masukkan jagung ke dalamnya. Sebagai macam Kamu bisa juga menambah sayur lain seumpama labu.Nach, bila beberapa bahan di atas telah empuk, karena itu seterusnya dapat menambah santan.

Taburi garam dan penyedap rasa dan diamkan sampai kuah telah cukup menyusut supaya bumbu teresap dengan prima.Kamu dapat menambah daging ayam atau sapi sebagai topping dari sajian Jagung Bose.

Daging Se’i Ciri khas NTT

Makanan ciri khas Rote yang perlu Kamu cicip saat liburan ke situ ialah Daging Se’i. Pada intinya Daging Se’i sama dengan daging sapi yang diasap (smoked beef).Yang membuat lain dengan daging sapi asap yang lain ialah berada di proses pembakarannya.Daging Se’i umumnya dihidangkan dengan sambal bawang, sayur hijau dan sepiring nasi hangat. Telah kebayang kan nikmatnya?

Berlainan dengan daging sapi asap yang lain kemungkinan cuma memakai arang, Daging Se’i ini memakai arang plus kayu tanaman kosambi.Ya, pengasapan memakai kayu tanaman kosambi ini memberi dampak yang lain pada daging sapi.Yakni wewangian dan kesannya yang dapat membuat daging asap lebih sedap dan nikmat.Proses pengasapan harus dilaksanakan sepanjang beberapa jam supaya sedap untuk dikonsumsi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *