Inilah Makanan Khas Lombok


jalanjalanaja.com – Lombok memang sukses memancing ketertarikan beberapa orang karena panorama dan makanan ciri khas Lombok. Panoramanya cantik, ada panorama bawah laut, pantai, bukit, dan pegunungan yang dapat kamu telusuri tiada henti.

Tidak hanya panoramanya, makanan ciri khas Lombok juara sekali. Populer dengan rempah-rempahnya, kamu akan tambah terus dech makannya. Bisa jadi justru membeli kembali untuk dibawa pulang, seperti makanan ciri khas Lombok berikut ini.

Plecing Kangkung

Salah satunya makanan ciri khas Lombok Timur yang jangan dilewati ialah plecing kangkung. Perjalanan Mam dan keluarga ke Lombok rasanya tidak komplet jika tidak mencicip plecing kangkung.Plecing kangkung dibuat dari kangkung yang direbus, dihidangkan dingin, dengan sesendok sambal khusus sebagai pendamping. Disamping itu umumnya plecing kangkung didampingi sayur lain seperti tauge, buncis, dan kelapa parut.

Kangkung yang dipakai untuk membikin plecing kangkung juga bukan kangkung biasa, tetapi kangkung ciri khas Lombok yang mempunyai ukuran tangkai yang sangat besar.Mencuplik dari Lake Toba, ada banyak faedah kangkung untuk kesehatan, salah satunya bisa menahan insomnia, menahan sembelit, menahan diabetes, dan sebagainya.

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang sebagai salah satunya rekreasi kulineran Lombok terpopuler dari Lombok yang bisa kamu dapatkan di wilayah mana saja. Kesedapan bumbu Ayam Bakar Taliwang Ciri khas Lombok ini selanjutnya dapat membuat sajian ini jadi sasaran pelancong yang tiba ke Lombok. Resep Ayam Bakar Taliwang ini sendiri lumayan gampang diolah, marinasi ayam sama air jeruk dan garam lalu bakar sampai 1/2 masak.

Baca Juga : 15 Macam Jajanan Kuliner Khas Jakarta Yang Harus Kalian Coba

Selanjutnya, oseng bumbu Taliwang sampai jadi harum dan saran kembali ayam, sesudah bumbu menyerap, bakar kembali ayam dengan memakai bumbu sampai masak. Kamu bisa nikmati menu ini di sejumlah warung populer seperti salah satunya Ayam Taliwang Irama Lombok atau Ayam Taliwang Ciri khas Pak Udin. Untuk harga, umumnya Ayam Taliwang ini ada di sekitaran Rp25.000,00 sampai Rp. 60.000,00 bergantung pada ukuran dan jatah ayam.

Nasi Balap

Nasi Balap sering jadi sajian ciri khas Lombok yang gampang sekali kamu temui di luar wilayah Lombok. Warga Lombok sendiri kerap menyebutkan Nasi Balap ini sebagai Nasi Balap Puyung atau Nasi Puyung karena wilayah aslinya yang disebut Daerah Puyung.

Nasi Balap sendiri biasa terhidang dengan lauk suwiran pada ayam pedas, kacang kedelai, oseng buncis, dan pada kering kentang atau telur sebagai pendamping. Cita-rasa pedas dan renyah dari suwiran ayam dan beragam lauk yang lain membuat Nasi Balap ini berasa nikmat dan cocok untuk jadi menu makan pagi.

Sayur Ares

Berbahan pelepah pisang, sayur ciri khas Lombok ini renyah sekali. Kuahnya memakai santan dan rempah-rempah. Dasarnya renyah sekali dech!

Sate Rembige

Makanan tradisionil ciri khas Nusa Tenggara Barat ini populer dengan rasa sensasi bumbunya yang tajam, keluarkan wewangian yang paling memikat saat dibakar. Umumnya, Sate Rembige dihidangkan bertepatan dengan lontong atau nasi.

Kelaq Kelor

Selainnya Plecing Kangkung, Sayur Fresh yang terkenal antara Makanan Ciri khas Nusa Tenggara Barat yang lain ialah Kelaq Kelor.Kulineran ciri khas Lombok ini diolah dari daun kelor dan sayur-sayuran hijau yang lain diolah dengan kuah bening. Selainnya beri kesegaran, manfaat yang terdapat dalam sayur ini dapat juga menolong mempertahankan kesehatan badan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *