Gunung Bulusaraung, Nikmati Keindahan Alam dan Panorama Sunset yang Memikat

Gunung Bulusaraung

Gunung Bulusaraung, Nikmati Keindahan Alam dan Panorama Sunset yang Memikat – Gunung Bulusaraung adalah gunung sebagai favorite untuk beberapa pendaki di Sulawesi Selatan. Ketinggiannya cuma 1.535 mtr. di atas permukaan laut, tetapi mendaki gunung ini bukan kasus yang gampang. Gunung ini akan memberi penjelajahan yang mendebarkan untuk beberapa pendaki karena medannya yang melawan.

Lajur ke arah pucuk gunung ini populer mempunyai batu-batuan dan jalan yang curam. Karena itu, fisik dari pendaki akan dites. Mempunyai sepuluh pos peristirahatan, pucuk gunung ini diikuti dengan pemancar radio yang dipunyai oleh BTNBB. Disini, semua capek akan terobati dengan pemandangan bentangan Karst Maros yang paling cantik.

Gunung ini termasuk juga kawasan Taman Nasional Bantimurung. Taman nasional ini mempunyai misi jadikan kawasan ini sebagai tujuan ekowisata. Karena itu pengurus terus mengatur wisata ini dengan membuat pusat info untuk fasilitas simpatisan untuk pendaki. Dengan dibuatnya fasilitas ini, diharap makin bertambah juga pengunjung mendatang.

Daya Ambil yang Dipunyai Gunung Bulusaraung

Sebagai tujuan favorite untuk beberapa pendaki, Bulusaraung mempunyai daya magnet yang tidak diketemukan di lain tempat. Jalan yang terjal malah jadi rintangan untuk beberapa pendaki yang menyenangi penjelajahan. Perjuangan yang cukup meletihkan akan terbayar oleh apa yang ditawari oleh gunung ini, sebagai berikut.

1. Bentangan Karst Maros

Di pucuk Gunung Bulusaraung, Anda akan menyaksikan kawasan Karst Maros yang menarik. Berbentuk serangkaian bukit-bukit karst yang berada di utara Maros dan Selatan Pangkep, kawasan karst ini jadi yang terluas di Indonesia dan terluas ke-2 di dunia sesudah karst yang ada di Guangzhou, Cina. Karenanya, pemandangan ini cuma akan Anda saksikan bila mendaki gunung ini.

Sesudah capek mendaki dengan medan yang tidak gampang, pendaki akan disajikan dengan karst yang menjadi satu diantara daya magnet yang dipunyai oleh gunung ini. Dipadankan dengan awan-awan putih dan langit yang biru, barisan bukit-bukit yang luas ini benar-benar cantik dilihat mata dan akan bayar rasa capek sesudah pendakian.

2. Sunrise dan Sunset

Salah satunya daya magnet yang nyaris tak pernah dilewati oleh pendaki ialah sunrise. Umumnya pendaki akan membuat tenda di pos 9 agar menyaksikan sunrise pada pagi harinya. Ditambah lagi pemandangan alam dan bukit-bukit karst, beberapa pendaki selalu tiba untuk memburu matahari keluar.

Bila tidak dapat bangun pada pagi hari, sunset di gunung ini tidak kalah cantiknya. Matahari yang kemerahan saat tenggelam akan menghipnotis Anda hingga ingin masih tetap lama-lama nikmati situasi. Sunrise dan sunset memang menambahkan keromantisan antara view keindahan alam Sulawesi Selatan disaksikan di atas ketinggian.

3. Taman Purbakala Sumpang Bita

Salah satunya tujuan yang hendak Anda lalui saat ke arah basecamp Gunung Bulusaraung ialah Taman Purbakala Sumpang Bita. Sebagai kawasan dengan beragam warisan purbakala yang menjadi situs cagar budaya Sulawesi Selatan. Website ini mempunyai dua goa prasejarah yang bisa Anda datangi yakni Goa Sumpang Bita dan Goa Bulu-bulu Sumi.

Pada Goa Sumpang Bita, Anda bisa menyaksikan warisan arkeologis yang menakjubkan berbentuk lukisan dinding, cangkang molusca, artefak batu, bagian gerabah, dan ada bagian gigi dan tulang. Lukisan dinding yang ada pada goa berwujud cap tangan dalam beragam ukuran, terhitung kaki anak-anak. Selanjutnya ada gambar babi rusa dan lukisan seperti perahu.

Dan pada Goa Bulu-bulu Sumi mempunyai tinggalan arkeologis berbentuk artefak batu, lukisan dinding, cangkang moluska, dan bagian gerabah. Semua lukisan warna merah yang dibikin dengan tehnik bikin semprot. Sedang artefak cangkang moluska dan bagian gerabah itu di lantai goa, khususnya di mulut sampai pekarangan goa.

Semua artefak ini jadi daya magnet khususnya untuk yang mempunyai minat dengan riwayat purbakala. Banyak pendaki yang singgah untuk menyaksikan hasil kreasi yang penuh magic dari manusia purba yang dahulu menempati daerah itu.

4. Flora dan Fauna

Terhitung dalam kawasan Taman Nasional, Gunung Bulusaraung populer dengan komunitas dari beragam jenis kupu-kupu. Beragam tipe kupu-kupu ini jadi daya magnet khusus, bahkan dipanggil Kerajaan Kupu-kupu atau The Kingdom of Butterfly oleh Alfred Russel Wallace yang mempelajari beragam tipe kupu-kupu pada tempat ini

Ada minimal 250 spesies kupu-kupu dan jadi komunitas dari beberapa spesies kupu-kupu epidemik. Dan minimal 20 tipe kupu-kupu sekarang diproteksi oleh pemerintahan karena sangat jarang dan sebagai spesies unik, bahkan juga salah satunya cuma hidup di kawasan ini saja.

Selainnya kupu-kupu, gunung ini sebagai komunitas asli dari beragam fauna, misalkan saja musang dan kera hitam. Di sejauh lajur pendakian, Anda pun bisa banyak mendapati beragam tipe tumbuhan seperti kemiri, rotan, dan kelapa. Bermacam flora dan fauna berikut sebagai daya magnet hadirnya beberapa pendaki dan beberapa pencinta alam.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi

Gunung Bulusaraung ada di Kecamatan Balocci yang masuk ke Kabupaten Kepulauan Pangkajene. Lokasi ini tidak jauh dari pusat Kota Makassar. Waktu perjalanan sampai pada basecamp pendakian yang ada di Desa Tompobulu cuma sekitaran 2 sampai 3 jam perjalanan.

Jalur awalnya dari Kota Makassar ialah ke arah Pangkep. Kemudian Anda bisa membelok ke kanan ke arah jalan masuk yang sejalan dengan Pabrik Semen Tonasa. Sesampainya di pabrik, Anda tinggal ikuti jalan sampai mendapati persilangan. Seterusnya Anda ambil ke arah kanan. Ada panduan arah yang hendak mempermudah Anda atau bisa juga menanyakan arah pada masyarakat sekitaran.

Anda bisa memakai perjalanan darat dengan kendaraan individu. Jalan ke arah basecamp tidak susah dilewati. Memang tidak begitu lebar, tetapi cukup mulus hingga tidak merepotkan perjalanan Anda.

Bila Anda ingin mendaki Gunung Bulusaraung, lebih dulu Anda harus ke arah basecamp. Nanti masyarakat akan arahkan Anda untuk lakukan register pengunjung dan bayar ticket masuk. Harga ticket murah. Anda perlu keluarkan uang sejumlah Rp 10.000 yang telah terhitung dengan ongkos parkir kendaraan.

Tidak jauh dari basecamp, ada warung di mana Anda dapat belanja logistik sebagai perbekalan mendaki. Anda dapat beli keperluan lain seperti battery. Bila mendaki Anda memang seharusnya menyiapkan semua peralatan yang diperlukan saat sebelum mengawali pendakian dari lokasi awalnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *