Daftar Makanan Tradisional Khas Solo


jalanjalanaja.com – Solo atau Surakarta, dikenali sebagai kota yang kental akan budaya dan tradisi istiadat Jawa. Disamping itu, kota ini punyai beragam makanan ciri khas yang paling mengunggah hasrat. Kulineran ciri khas Solo dapat disebut cukup bermacam, seperti Timlo Solo, Cabuk Rambak, Nasi Liwet Solo, dan yang lain. Bukan hanya makanan, kota yang kental akan tradisi istiadat keraton Surakarta ini mempunyai beberapa jajan menarik. Pelancong dapat bertandang ke beragam tujuan rekreasi di Kota Solo, sekalian memburu kulineran unik dan tidak biasa di situ.

Nasi Liwet Solo

sebuah sajian referensi makanan ciri khas solo. Terbagi dalam nasi renyah yang dipadankan bersama sayur jipang, telur, daging ayam, santan mengenal, opor dan beberapa bahan makanan lain. Nasi liwet dihidangkan dengan memakai daun pisang.

Langkah penyuguhannya termasuk unik karena daun pisangnya ditekuk dan dipasangkan memakai lidi supaya seperti kerucut. Warga disebutkan dengan pincukan.

Baca Juga : Mengintip Pesona Keindahan Danau Kaco di Jambi

Ada banyak warung makan di Solo yang jual nasi liwet, Anda dapat tiba ke wilayah mangkunegaran, disitu banyak penjual nasi liwet. Kota Solo sama dengan makanan yang ini. Referensi makanan Ciri khas Solo ini dapat dijumpai nyaris setiap pojok kota itu.

Sambal Goreng Labu Siam

Berkunjung Kota Solo, kurang komplet rasa-rasanya bila tidak mencicip nasi liwet yang dihidangkan juga sambal goreng labu siam. Kehadirannya akan membuat lidah kita makin asyik rasakan kulineran nasi liwet.

Tengkleng

Tengkleng sebagai makanan dengan memakai daging kambing sebagai material dasarnya. Tengkleng semakin banyak berisi tulang kambing dengan sedikit daging yang melekat. Secara sepintas masakan yang ini serupa dengan gulai, tapi kuahnya sedikit encer.

Tengkleng mempunyai cita-rasa pedas dan gurih, hingga membuat kita makin nikmat saat mencicipinya. Makanan yang dengan bahan dasar dalaman daging kambing ini punyai rasa yang sedap. Tengkleng menjadi satu diantara kulineran populer asal Kota Solo.

Krengsengan

Krengsengan Mempunyai penampilan serupa semur daging, krengsengan dapat dijadikan salah satunya menu kulineran yang dikonsumsi saat ada di Solo. Makanan ciri khas Solo ini dibikin dari daging kambing dan biasa dihidangkan dengan petis. 5. Gudeg Ceker Solo punyai gudeg. Namanya gudeg ceker. Kulineran ini dapat dijumpai disekitaran Jalan Monginsidi, Surakarta. Kabarnya, warung yang menawarkan menu ini telah ada sekitaran tahun 1960-an dan tak pernah sepi pengunjung.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *