Daftar Kuliner Khas Semarang


jalanjalanaja.com – Apa yang tebersit dalam pikiranmu saat ditanyakan sekitar makanan ciri khas Semarang? Dapat menjadi yang langsung ada dalam kepala ialah lumpia. Sebetulnya, Semarang punyai banyak makanan ciri khas yang tidak kalah nikmat dan menganakemaskan lidah. Berikut makanan ciri khas Semarang yang pantas dicoba.

Lumpia

Lumpia adalah kulineran yang terpopuler dan jadi keunikan dari kota Semarang. Hingga ada yang memberikan panggilan Kota Semarang sebagai Kota Lumpia. Makanan ciri khas Semarang lumpia ini sangat populer jadi makanan Semarang yang wajib buat dicoba saat bertandang ke Semarang, sama seperti seperti bakpia Jogja saat kamu bertandang ke Jogja. Riwayat lumpia sendiri bermula dari kreativitas seorang yang dari Tionghoa yaitu Tjoa Thay Yoe yang tinggal di Semarang dan membuat lumpia dengan cita-rasa lokal.

Lapis Legit

Semarang yang dahulunya jadi pusat pemerintah Belanda telah agak banyak menyerap kebudayaan Eropa dan ini bisa kita saksikan dari Kue Lapis Legitnya. Lapis Legit atau yang disebutkan Spekuk ini di inspirasi dari kue lapis Eropa plus tambahan beragam jenis rempah dan wewangiantik hingga berasa manis. Resep lapis legit tidak berbeda jauh dengan kue lapis lain. Namun, dalam adonan akan dikasih tambahan kapulaga dan rempah yang lain. Adonan yang telah maka lalu akan ditempatkan ke loyang dengan bertahap. Hingga nanti lapis itu akan memiliki minimum 18 susunan dan bersusun yang rapi.

Baca Juga : Mengintip Pesona Keindahan Alam di Nusa Penida Bali

Wingko Babat

Selainnya jajan seperti lumpia atau lapis legit, Semarang populer dengan salah satunya jajannya yang namanya Wingko Babat Semarang. Wingko Babat ini biasanya banyak dipasarkan di tempat stasiun, terminal, dan toko kue dan toko oleh-olehan ciri khas Semarang. Kue tradisionil ini dibuat dari parutan kelapa muda, tepung beras ketan, dan gula yang berwujud bundar. Rasa renyah yang dari kelapa dan manis dari gula jawa yang terpanggang benar-benar pas untuk dicicipi sambil minum kopi atau teh. Kamu dapat beli Wingko Babat di pusat oleh-olehan di Jl. Pandanaran yang jual merk Wingko Babat populer. Harga satuannya relatif murah, yakni sekitaran Rp2.000,00 per buntelnya atau Rp26.000,00 isi 20.

Nasi Ayam Semarang

Nasi ayam ciri khas Semarang jadi makanan yang harus dicoba. Makanan satu ini didalamnya berbentuk nasi liwet, telur rebus, dan suwiran ayam yang dikasih kuah opor dan tambahan sambal goreng jipan.Sepintas memang serupa dengan nasi liwetnya Solo, tetapi nasi ayam ini biasa dihidangkan plus tambahan sate telur puyuh, satu usus, dan teh hangat. Ketidaksamaan yang lain ialah nasi liwet memakai kuah areh, dan nasi ayam menggunakan kuah opor kuning.Untuk penyuguhannya cukuplah sederhana, yaitu cuma ada di atas piring yang sudah dikasih alas dari daun pisang dengan isian sama seperti yang sudah disebut seperti pada atas.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *