7 Makanan Khas Jawa Timur Yang Lezat


Tidak komplit bila berkunjung ke suatu tempat melainkan tak menikmati makanan khasnya. Tamasya masakan memang tidak kunjung habisnya, terutama Jawa Timur. Banyak sekali makanan dari Jawa Timur yang membikin pelancong lokal ataupun pelancong asing tidak kunjung bosan untuk mencicipinya jalanjalanaja.com.

Tidak cuma makanan dari tempat lain yang tersebar di bermacam tempat. Makanan khas dari Jawa Timur juga dapat kau dapatkan dimana saja. Sebagian diantaranya merupakan soto lamongan dan bakso malang.

Baca Juga : Makanan Khas Jakarta Paling Enak

Dua makanan ini betul-betul banyak ditemukan. Kuliner Jawa Timur lazimnya mempunyai cita rasa yang khas, yakni rasa pedas, asin, gurih dan kaya akan rempah. Walaupun makanan khas Jawa Timur, tapi banyak sekali orang yang di luar Jawa yang merasakan makanan hal yang demikian.

Makanan Jawa Timur ini banyak digemari oleh orang-orang sebab tak sulit ditemukan. Berikut ini merupakan sebagian makanan khas Jawa Timur yang dapat membikin kau temui dan menggugah selera.

1. Soto Lamongan
Salah satu makanan khas Jawa Timur yang penjualnya dapat kau temui di bermacam tempat di segala kawasan di Indonesia. Rasa soto lamongan ini betul-betul nyaman di perut. Apa lagi jika kau makannya waktu sotonya masih hangat dan suasana di luar sedang dingin dan hujan.

Kaprah-kaprah kau tahu tak apa yang membedakan soto lamongan dengan soto lainnya? Yap! Perbedaan soto lamongan dengan soto lainnya merupakan koya. Koya yang diaplikasikan pada kuah soto menambah cita rasa soto untuk kian lezat.

Koya merupakan sejenis bubuk kaldu yang rasanya gurih dan terbuat dari krupuk udang dan bawang putih yang dihancurkan sampai lembut. Koya nantinya akan ditaburkan di atas isian soto sebelum dipersembahkan.

Soto lamongan lazimnya berisi potongan ayam yang disuir atau dipotong kecil-kecil, bihun, telor, dan irisan kol. Isian hal yang demikian kemudian ditaburi dengan koya dari krupuk udang yang telah dihaluskan bersama bawang putih goreng, kemudian disiram dengan kuah kuning berkaldu yang betul-betul lezat.

Lazimnya orang-orang akan ketagihan dengan rasa koya yang ada di dalam kuah soto lamongan. Tidak lupa dengan jeruk nipis dan saus pedas yang membikin soto ini kian enak dan kaya akan rasa.

2. Rawon
Siapa yang tidak ketahui dengan rawon? Makanan khas yang dengan kuahnya yang berwarna hitam ini. Bila kau belum pernah mencobanya, inilah ketika bagi kau untuk mencobanya!

Kuah rawon mempunyai warna hitam sebab dibuat dari kluwek dan kuahnya inilah yang menjadi ciri khasnya.

Rawon lazimnya menerapkan daging sapi yang diiris kotak-kotak dan direbus dalam waktu yang lama untuk menjadikan daging yang empuk. Rawon awam dipersembahkan dengan kecambah tauge.

Makanan pendamping yang awam dipersembahkan bersama rawon merupakan telor asin dan saus pedas, serta jeruk nipisnya. Rawon juga betul-betul enak bila ditambah dengan krupuk udang.

Meski rawon sebagai makanan khas dari tempat Surabaya, tapi sebagian tempat di Jawa Timur juga mempunyai sebagian resep khas rawon pantas dengan daerahnya.

Rawon merupakan merupakan salah satu makanan atau hidangan tertua yang ada dalam sejarah Jawa kuno. Rawon telah ada semenjak sembilan ratus satu masehi atau lebih tepatnya telah ada semenjak era Kerajaan Mataram.

3. Bakso Malang
Siapa yang tidak ketahui dengan bakso malang? Makanan yang tak jarang kali terdengar dan via depan rumah kalian bukan? Bakso malang identik dengan pangsitnya yang membikin bakso ini mempunyai bermacam variasi tekstur.

Makanan khas Jawa Timur yang sepatutnya kau coba yang pastinya bikin kau ketagihan. Pada biasanya, bakso malang dipersembahkan dengan kuah yang hangat, gurih, dengan isian yang lengkap.

Lazimnya isinya ada bakso, tahu putih atau cokelat, bakso aci, juga toping mie, bihun, dan sayuran. Bakso malang ini mencantumkan kata “malang” di dalam namanya sebab memang asal dari bakso ini dari Malang.

4. Rujak Cianjur
Makanan khas kota Surabaya, Jawa Timur ini mempunyai hal yang betul-betul membikin ketagihan, rujak cingur. Rujak Cingur berisi bermacam variasi macam sayuran dan buah. Sayuran dan buah hal yang demikian ada krai, tauge, kangkung, nanas, kacang panjang, kedondong, dan sebagainya.

Di rujak cingur, krai, tauge, kangkung, nanas, kacang panjang, kedondong, dan sebagainya dicampurkan dengan tempe, tahu, lontong, sampai hidung sapi alias cingur.

5. Selain Campur
Setelah soto lamongan dan rawon, tahu campur juga menjadi salah satu makanan khas yang populer di Magelang, Jawa Tengah. Selain campur ini terdiri dari tauge, lontong, mie kuning, tahu goreng, potongan lentho singkong, dan selada.

Seandainya itu, bahan-bahan itu akan disiram dengan kuah kaldu tetelan sapi yang gurih dan betul-betul kental. Setelah itu, tahu campur juga terdiri dari kikil sapi dan sop daging sapi kenyal.

6. Pecel
Pecel Madiun yakni salah satu masakan dari Jawa Timur yang banyak ditemukan di bermacam tempat di Indonesia. Bahan dari pecel yang gampang dan mudah ditemukan membikin banyak sekali orang yang dapat membikin makanan khas tempat ini.

Cita rasa dari pecel madiun ini tidak bisa diragukan. Makanan khas Jawa Timur ini digemari oleh bermacam kalangan dari yang muda sampai tua. Makanan ini juga tidak menjadi penghambat untuk wanita dan laki-laki untuk menyukainya.

Dikarenakan banyaknya penggemar dari pecel khas Jawa Timur ini, pecel diciptakan dengan sebagian macam menyesuaikan dengan daerahnya masing-masing. Pecel ada yang khas Jember dan ada juga pecel khas Malang.

Kau yang membedakan pecel dari bermacam tempat merupakan macam isian sayur dan juga makanan pendamping. Ada pecel yang dilengkapi dengan makanan pendamping rempeyek, ada juga pecel yang dilengkapi dengan krupuk.

Bila kau berharap membuatnya, bumbu pecel ini dapat kau sesuaikan rasanya pantas dengan cita rasa yang kau sukai.

7. Bebek Madura
Siapa yang menduga meski mempunyai letak geografis yang berbeda, rupanya Madura masih satu provinsi dengan Jawa Timur loh. Salah satu makanan khas dari Madura merupakan bebek gorengnya. Makanan hal yang demikian tak jarang kita panggil dengan bebek madura.

Bebek goreng madura ini tak cuma di Madura dan Surabaya. , telah populer di kalangan pelancong asing ataupun pelancong lokal. Penjual bebek madura malah tak susah untuk ditemukan. dapat menemukan penjual bebek madura di bermacam kawasan di Indonesia.

Memang, tidak asik bila tak mencicipinya secara lantas di kota asalnya, Madura, bukan? Buat kau yang sedang jalan-jalan dan berwisata ke tempat Jawa Timur, terutama Madura. Jangan lewatkan kans emas untuk mencoba hidangan khas bebek goreng ini ya.

Bebek goreng madura mempunyai perbedaan dengan bebek goreng khas di Surabaya. Tentu saja hal yang membedakan merupakan bumbunya. Hampir di tiap tempat mempunyai resep dan ciri khas sendiri perihal bumbu bebek. Inilah yang terjadi pada bebek ungkep gaya Madura dan Surabaya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *