Pulau Tabuhan, Pulau Cantik Yang Mempesona di Banyuwangi

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan, Pulau Cantik Yang Mempesona di Banyuwangi – Pulau Tabuhan berada di Dusun Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Pulau Tabuhan sebagai pulau kecil di perairan Selat Bali. Jarak menempuh Pulau ini dari Kabupaten Banyuwangi lebih kurang 25 km sama waktu menempuh sekitaran 45 menit. Berikut daya magnet dan jalur ke Pulau.

Daya Tarik Pulau Tabuhan Pulau

Tabuhan sebagai pulau yang tidak memiliki penghuni dan mempunyai pemandangan pantai yang sangat cantik. Pantai di Pulau ini mempunyai pasir putih yang halus komplet dengan pohon hijau disekelilingnya. Luas Pulau Tabuhan sekitar 5 sampai 6 hektar dengan pemandangan laut biru luas dan spot snorkeling. Pulau ini mempunyai pemandangan laut yang jernih hingga pengunjung dapat menyaksikan keadaan bawah laut secara jelas.

Dari pulau ini, wisatawan bisa menyaksikan Kawah Ijen, Gunung Raung, dan Balunara yang ada di samping barat pulau. Wisatawan dapat nikmati sunset dan sunrise di pinggir pantai.

Untuk wisatawan yang ingin berkeliling-keliling pulau ada beberapa kapal yang dikontrakkan untuk nikmati keindahan pulau ini. Pulau ini dikenalkan pada umumnya pada 9-10 Agustus 2014 dalam Festival Kite Surfing. Penyelenggaraan acara ini diprakarsai sepasang suami istri pemilik Bangsring Breeze, perkebunan yang berada di bawah kaki Gunung Ijen.

Kite Surfing sebagai olah raga ekstrim yang memadankan selancar dan paralayang. Olah raga ini memerlukan angin yang kuat untuk gerakkan papan selancar. Festival Kitesurfing sebagai salah satunya langkah mengenalkan Pulau Tabuhan secara internasional.

Kegiatan di Pulau Tabuhan Pulau

Tabuhan mempunyai air yang jernih hingga wisatawan bisa lakukan snorkeling yang disiapkan pengurus. Wisatawan dapat berenang sekalian nikmati keindahan alam bawah laut yang memiliki beberapa ribu spesies ikan, bunga karang, terumbuh karang, dan lain-lain. Di pulau ini, wisatawan bisa juga lakukan aktivitas Kitesurfing karena angin yang sangat konstan, di antara 20-25 knot.

Langkah Ke arah Pulau ini.

Perjalanan ke Palabuhan Tabuhan dari Banyuwangi bisa ambil arah ke Dermaga Ketapang – Pantai Watudodol – lalu turuti panduan ke arah jalan rumah apung (Dusun Bangsring). Setelah tiba di Pantai Bangsring, wisatawan bisa sewa kapal dan melaut sepanjang 15 menit.

Baca Juga : Banda Neira, Keindahan Pulau Surga dari Maluku Tengah Indonesia

Wisatawan dari Luar Kota Banyuwangi

Wisatawan di luar kota yang memakai kendaraan umum bisa turun di Stasiun Banyuwangi Baru dan meneruskan perjalanan dengan angkutan umum ke arah Terminal Sritanjung. Perjalanan diteruskan memakai bis ke Situbondo dan turun di Dusun Bangsring (rumah apung). Bila, wisatawan dari Surabaya bisa pilih bis jalur Bali atau Banyuwangi melalui Situbondo. Seterusnya, wisatawan turun di muka Dusun Bangsring (rumah apung).

Untuk sampai ke Pulau Tabuhan, wisatawan harus mempersiapkan ongkos sewa kapal lebih kurang sejumlah Rp 500.000 per kapal dengan optimal penumpang 10 orang.

Dan ongkos snorkeling, wisatawan bisa sewa perlengkapan dangan harga Rp 30.000.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *