Pulau Bahuluang Cantik dengan Panorama Bawah Lautnya


Pulau Bahuluang merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Selayar Kepulauan. Pulau ini terkenal akan keindahan alam dan laut yang sangat menakjubkan. Deretan pasir putih panjang dengan jernihnya air biru membuat siapa pun akan betah berlama-lama menghabiskan waktu jalanjalanaja.com. Tak salah jika destinasi ini mulai banyak di datangi wisatawan.

Konon Pulau Bahuluang terbentuk dari patahan karang. Setelah itu lama kelamaan terbentuklah sebuah pulau indah seperti yang saat ini tersaji. Nampak destinasi seperti sebuah tempat pribadi yang mana terpisah dari tempat lain. Bahkan untuk sampai di sini maka dibutuhkan perjalanan menggunakan kapal terlebih dahulu.

Baca Juga : Daftar Makanan Enak Khas Depok, Wajib Coba!

Pulau cantik nan indah ini cocok untuk menghabiskan waktu libur. Apalagi banyak kegiatan menarik yang bisa pengunjung lakukan. Tidak hanya melihat pemandangan alam di darat saja melainkan objek bawah laut pun sangat indah. Tidak salah kegiatan menyelam seperti diving atau snorkling merupakan salah satu yang wajib dilakukan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Bahuluang Selayar

1. Terbentuk dari Patahan Karang
Daya tarik ketika datang ke Pulau Bahuluang ialah Anda akan seperti berada di pulau pribadi. Berada di daratan kecil lautan membuat wisatawan akan merasa liburan yang lebih seru. Wisata alam ini mulanya terbentuk dari patahan sebuah karang yang kemudian membentuk sebuah pulau cantik.

Berada di Bahuluang sangat cocok untuk piknik seru Anda. Sebab nuansa alam yang ditawarkan begitu asri menyejukan. Panorama indah menjadikan siapa pun yang datang akan merasa betah. Pengunjung dapat pula memilih untuk camping untuk lebih mendapatkan pengalaman yang seru.

2. Panorama Bawah Laut yang Mempesona
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa panorama Bahuluan terkenal akan keindahan alam yang memukau. Gugusan batu jernih menambah indah sebuah destinasi wisata. Apalagi wisata alam berupa pulau ini tidak hanya menyajikan keindahan di daratan saja. Pemandangan bawah lautnya pun sangat menarik untuk di eksplor.

Pulau Bahuluan merupakan surganya bawah laut indah. Tidak salah bila banyak sekali penggemar berenang atau menyelam memilih untuk datang ke destinasi ini. Apalagi air pantai terkenal tidak terlalu dalam dengan ombak juga tidak terlalu deras. Jadi Anda tidak perlu lagi untuk melihat langsung keindahan bawah laut Bahuluan.

3. Bentuknya Berubah-ubah. Ombak dan Angin Laut?
Fakta menarik satu lagi yang ada di destinasi cantik ini adalah bentuknya yang suka berubah-ubah. Perubahan bentuk konon sudah banyak di amati sendiri oleh beberapa orang. Bahkan begitu jelas di amati. Belum ada alasan pasti mengapa peristiwa itu terjadi. Meski begitu ada dugaan bahwa ombak dan angin laut yang menjadi penyebab terjadinya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Penting bagi wisatawan untuk tahu mengenai alamat dan rute menuju sebuah destinasi. Untuk Pulau Bahuluang itu sendiri yakni terletak Appatanah, Bontosikutu, Sulawesi Selatan. Billa ingin berkunjung maka dibutuhkan perjalanan menggunakan kapal sejauh 40 km jika Anda berangkat dari arah kota Benteng.

Rute menuju lokasi dapat ditempuh melalui jalur laut tepatnya dari pelabuhan Benteng ke pelabuhan Barang. Selain itu, bisa juga menuju Bone Tarigan yang ditempuh dalam jarak sekitar 45 km. Wisatawan mau tidak mau harus menyewa kapal. Bagaimana pun telah banyak kapal sewa yang mampu mengangkut penumpang hingga 20 orang.

Perjalanan menuju Bahulang memang akan sangat panjang bagi wisatawan. Di awali dengan perjalanan darat menuju Appatanah. Dari kota ini butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai di pusat kota Benteng yang mana menjadi ibukota Selayar. Kemudian perjalanan harus diteruskan dengan memanfaatkan fasilitas sewa kapal yang banyak disediakan nelayan setempat.

Biaya Wisata ke Kawasan Pulau

Pulau Bahuluang sudah lama terkenal akan keindahan panorama alamnya. Tidak salah jika wisatawan mulai banyak berdatangan. Untuk Anda yang ingin sampai di sini maka butuh untuk tahu mengenai estimasi biaya yang harus di persiapkan. Sebaiknya datang dengan rekan atau rombongan agar dana dapat ditekan atau jauh lebih murah.

Bagaimanapun biaya yang dikeluarkan akan lebih menekankan terhadap alat transportasi atau biaya perjalanan. Mengingat Anda akan melewati perjalanan panjang serta harus menyewa kapal. Menuju Pulau Bahuluang naik kapal dikenakan tarif sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 dengan mampu menampung sebanyak 20 orang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Bahuluang

1. Menikmati Keindahan Panorama Alam
Wisatawan tidak akan bosan selama datang ke Pulau indah ini. Sebab panorama yang disuguhkan terkenal sangat memua. Gugusan batu jernih dengan hamparan pasir putih terlihat sangat memanjakan mata. Apalagi terdapat pepohonan sekitar pantai yang tentunya menambah udara segar selama berkunjung.

Bersantai sembari menikmati pemandangan indah akan menjadi momen seru untuk dilakukan. Momen yang paling ditunggu ketika berada di pulau cantik ini adalah pada sore hari yang mana mata hari terbenam atau sunset terlihat begitu indah. Demikian pula dengan Sunrise yang menjadi dambaan untuk wisatawan yang menginap dengan camping.

2. Bermain Air atau Berenang
Tidak lengkap jika datang ke Bahuluang Selayar tanpa menikmati aktivitas seperti berenang atau bermain air. Apalagi ombak dan air di sana terkenal dangkal sehingga tidak terlalu menyulitkan untuk di lihat keindahannya, Anda dapat menikmati menyelam dengan nyaman dengan kegiatan seperti diving ataupun snorkling.

Dengan melakukan kegiatan tersebut maka wisatawan berpotensi akan melihat biota laut yang menakjubkan. Deretan terumbu karang indah masih terjaga dengan baik. Demikian pula dengan ikan-ikan yang menambah memanjakan mata. Mengingat belum ada fasilitas sewa perlengkapan renang jadi sebaiknya Anda jangan lupa untuk membawa sendiri.

3. Camping
Berkunjung ke Pulau Bahuluang Selayar seperti akan datang ke pulau pribadi. Apalagi saat pengunjung tidak terlalu banyak. Untuk itu aktivitas berupa camping akan seru untuk dilakukan. Panorama memukau dijamin akan bikin betah pengunjung. Wisatawan dapat pula mendirikan hammock untuk tempat bersantai menikmati kesejukan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *