Berbagai Makanan Khas Lampung


jalanjalanaja.com – Makanan Ciri khas Lampung Sekarang ini tidak susah untuk memperoleh masakan ciri khas Lampung. Pemda dan pebisnis mempunyai semangat tinggi untuk memperkenalkan masakan tradisionil ke masyarakat luas. Beberapa tempat khusus dibuat supaya pelancong lokal atau pelancong asing bisa secara mudah nikmati kulineran Lampung. Berikut 10 makanan ciri khas Lampung dan keunikannya masing-masing.

Seruit

Seruit sebagai salah satunya makanan ciri khas Lampung yang kerap disajikan ketika berada acara keluarga, pernikahan, acara tradisi dan acara keagamaan. Dalam pada itu, seruit ini kerap jadi makanan dasar yang dimakan setiap hari oleh warga Pepadun. Seruit sebuah makanan yang dibuat dari ikan bakar yang mix dengan beragam sambal terasi ciri khas kota Bandar Lampung seperti tempoyak atau ada juga yang menambah mangga.

Pada intinya ikan-ikan yang dipakai untuk membikin seruit cukup bermacam, tetapi ikan yang tersering dipakai adalah ikan yang dari sungai seperti ikan baung, ikan balide, ikan layis dan yang lain. Saat melahap seruit ini umumnya akan dipertambah lahapan supaya memberi cita-rasa yang lebih sedap dan nikmat.

Tempoyang

Apa anda menyenangi makanan buatan dari durian? Bila dia, karena itu anda pantas coba makanan ciri khas kota Lampung yang ini. Tempoyang sebuah makanan yang memakai material dasar buah durian yang telah difermentasikan.

Untuk proses pembikinan tempoyang termasuk gampang yaitu dengan mempersiapkan daging durian yang tidak memiliki kandungan air yang banyak. Nach, agar membuat tempoyang yang sedap anda sebaiknya cari durian dengan kualitas yang bagus dan telah betul-betul masak. Sesudahnya anda dapat pisahkan di antara biji dengan daging duriannya lalu diberi sedikit garam.

Seterusnya anda dapat menambah cabai rawit seperlunya, bila semuanya sudah dilaksanakan karena itu anda dapat menyimpan di lokasi yang tertutup atau jua dapat dimasukkan ke kulkan. Ini bermanfaat untuk mempercetap reaksi peragian tempoyak. Jika sudah difermentasikan sepanjang 2 sampai 5 hari karena itu anda dapat selekasnya memprosesnya dengan kombinasi ikan. Ikan yang umumnya dipakai cukup bermacam seperti ikan mujair, ikan teri, ikan mas dan yang lain.

Baca Juga : Pantai Pajala dengan Hamparan Pasir Merah di Muna Barat

Untuk anda yang ingin membuat sambal karena itu harus menambahkan bawang merah, bawang putih, cabai yang sudah dilumatkan atau dipotongi kecil, selanjutnya tambah sedikit gula. Selanjutnya anda dapat mengorengnya sampai 3 menit, seterusnya tempoyak langsung bisa disajikan dan dikonsumsi.

Geguduh

Untuk anda yang menyenangi makanan yang mempunyai cita-rasa yang manis-manis, karena itu anda haru coba makanan ciri khas kota Bandar Lampung ini. Gegaduh sebagai salaha satu makanan yang semacam dengan kue dan dibuat dari pisang yang telah dilumatkan. Gegadu ini umumnya dihidangkan untuk beberapa tamu dan untuk dicicipi dengan keluarga ketika berada acara keluarga.

Pada proses pembikinan gegaduh diperlukan beberapa bahan yang paling gampang buat anda dapatkan seperti buah pisang yang telah dilumatkan, tepung terigu, selai dan susu. Seterusnya tepung terigu dan pisang digabungkan dan diaduk-aduk sampai rata, pada tahapan ini anda harus juga memasukkan susu dan selai yang telah disiapkan.

Sesudahnya anda dapat selekasnya mengoreng geguduh sampai masak. Pada intinya untuk membikin gegaduh ini kerap memakai pisang kepok, apabila ingin menambahkan wewangian yang lezat karena itu anda dapat memakai daun pandan atau air kapur sirih.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *