Berbagai Makanan Khas Serang


jalanjalanaja.com – Indonesia populer dengan keberagaman masakan kulineran yang unik setiap wilayah. Lalu, apa ya kulineran ciri khas Serang?Populer dengan panorama alam yang cantik, rupanya Serang punyai kulineran makanan yang sedap. Selainnya nikmati eksploitasi keelokan alamnya, janganlah sampai terlewatkan makanan ciri khas Serang yang mengunggah hasrat.Seperti makanan ciri khas Serang yang harus kamu makan, berikut penjelasannya.

Sate Bandeng

Biasanya sate memakai daging ayam, sapi, atau kambing sebagai material dasarnya. Tetapi sate ini kali berlainan, Serang mempunyai sate unik memakai ikan bandeng sebagai bahan intinya. Hingga sate bandeng menjadi satu diantara makanan ciri khas Serang. Sate bandeng ciri khas Serang ini tidak mempunyai duri, jadi membuat penikmatnya tidak kesusahan saat makan ikan.

Proses pembikinannya merusak daging ikan lebih dulu agar terpisah dari kulitnya. Selanjutnya digabung dengan santan dan bumbu rempah lalu daging ikan ditempatkan ke kulit ikan bandeng hingga seperti terlihat utuh kembali.

Sate bandeng sebagai makanan ciri khas serang yang cukup bertahan lama karena diawetkan dengan dibakar. Sampai sekarang sate bandeng jadi makanan yang harus dicoba untuk wisawatan yang bertandang ke Serang.

Pecak Bandeng

Makanan ciri khas Serang yang lain yang dengan bahan dasar ikan bandeng ialah Pecak Bandeng. Hampir serupa seperti sate bandeng, proses pembikinan Pecak Bandeng dengan dibakar tapi tidak dihancurkan.

Baca Juga : Bukit Khayangan, Wisata Khayangan Di Kota Jambi

Hal yang spesial dari Pecak Bandeng ialah sambalnya yang digabung langsung dengan ikan bandeng. Rasa sambalnya yang unik sangat terasa pedas dan fresh. Umumnya dihidangkan dengan sayur asem atau lahapan berbentuk ketimun dan daun kemangi sebagai pendampingnya.

Rabeg

Makanan berkuah ciri khas Serang ini mempunyai rasa renyah, manis dan pedas yang hendak membuat kamu suka. Rabeg ciri khas Serang dengan bahan dasar daging atau dalaman kambing dengan kuah hitam kecokelatannya yang unik.

Masakan ini beraroma ciri khas Timur tengah yang pada jaman dulu dihidangkan untuk penghuni istana secara turun-temurun. Sepintas makanan ini serupa dengan semur, tapi rabeg mempunyai rasa yang lebih unik dan semakin kuat.

Gerem Asem

Gerem asem ialah makanan ciri khas Serang yang memakai daging ayam atau bebek sebagai bahan intinya. Makanan ini mempunyai rasa ciri khas yakni pedas dan asam. Umumnya gerem asem digabung dengan sayur dan cabai rawit yang didiamkan utuh hingga membuat penampilannya makin menarik. Digabung dengan tetes jeruk nipis yang hendak membuat rasanya fresh saat dikonsumsi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *