6 Kerajinan Khas Bondowoso Paling Unik


Bondowoso yaitu salah satu tempat di Jawa Timur yang tenar akan sektor pariwisatanya. Tidak heran, kabupaten ini senantiasa ramai dikunjungi pelancong lebih-lebih dikala hari libur datang. Tidak cuma itu, Bondowoso ternyata menaruh produk-produk kerajinan yang amat unik dan menarik. Sebagian produk kerajinan khas ini malahan sudah diekspor ke beraneka kawasan, dan menjadi pensupport ekonomi kreatif tempat jalanjalanaja.com.

Kerajinan Khas Bondowoso Paling Unik

Berikut 6 kerajinan khas Bondowoso yang paling unik dan banyak dicari. Pantas jadi oleh-oleh buat keluarga di rumah, nih!

Baca Juga : Wisata Alam di Bondowoso Dengan Panorama Cantik

1. Kerajinan Kuningan
Kerajinan khas Bondowoso pertama yang sudah tenar di segala Indonesia yaitu kerajinan kuningan. Pengrajin ini bisa kau peroleh di Desa Cindogo dan Desa Jurangsapi. Kerajinan kuningan di Bondowoso tenar mempunyai banyak keistimewaan. Di antaranya, kadar mengkilat yang lebih awet, warna kuning yang lebih bendung lama, serta opsi barang-barang yang amat variatif dan berkhasiat. Pengrajin di Bondowoso juga siap menyediakan produk kuningan apa saja yang kau butuhkan, lho! Mulai dari vas bunga, guci, sampai lencana dapat kau pesan di sini.

2. Kerajinan Klompen
Klompen yaitu produk tradisional berupa sandal dengan bahan dasar kayu. Sandal ini umum mempunyai format unik, dengan beraneka ukiran yang menarik. Klompen, dulunya banyak dipakai oleh wanita-wanita di masa lampau. Sekarang pengrajin dari Bondowoso hadir, dan menyuguhkan klompen dengan warna dan teladan yang lebih trendy dan pelbagai. Kau tertarik untuk coba gak nih?

3. Batik Tulis Khas Bondowoso
Kerajinan batik di Bondowoso tenar mempunyai motif khas yang sudah eksis secara turun menurun. Motif ini seringkali disebut dengan batik cassava. Motif yang berbentuk daun singkong, dan bambu ini pada mulanya diciptakan dengan teknik yang unik, merupakan mencetak seketika medium-medium daun ke kain dengan mutu terbaik. Batik khas ini diketahui dengan nama Batik Sumbersari. Kau bisa membeli dan memandang seketika pelaksanaan pembuatan batiknya di Jalan Sukowono I/07-09, Maesan, Bondowoso.

4. Kerajinan Limbah
Tidak keok unik dari produk sebelumnya, kerajinan limbah di Bondowoso juga mempunyai jenis produk yang super asli. Limbah yang dipakai sebagai bahan dasar diantaranya yaitu limbah pelepah pisang, gulungan kain, sampai kulit kayu manis. Limbah-limbah ini kemudian diolah menjadi banyak produk kerajinan kreatif, seperti ornamen berbentuk orang dan hewan, ransel, daerah pensil, sampai vas bunga dan gelas. Kerajinan khas Bondowoso ini, sekarang sudah sukses diekspor ke luar tempat seperti Jogja, Bandung, sampai Batam, lho!

5. Kerajinan Kandang Burung
Kabupaten Bondowoso ternyata juga mempunyai pabrik penghasil kerajinan kandang burung yang sudah amat populer. Mengaplikasikan beraneka tipe kayu, pabrik yang berlokasi di Desa Mengen, Bondowoso ini memproduksi sarang burung dengan beraneka teladan dan ukuran yang bermacam-macam-ragam.

6. Kerajinan Kulit
Kerajinan khas Bondowoso berikutnya yaitu kerajinan berbahan dasar kulit. Kerajinan unik ini berlokasi di Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso. Sebagian produk yang diwujudkan, antara lain ransel, ikat pinggang, dompet dan baju hangat dengan pelbagai opsi teladan, warna dan ukuran.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *