Minuman Khas Semarang, Wajib Cobain!


jalanjalanaja.com – Minuman ciri khas Semarang menjadi satu diantara kulineran yang harus kamu coba saat bertandang ke sana. Semarang memang populer dengan jejeran kulinerannya yang nikmat, dimulai dari lumpia, nasi goreng babat sampai kue mochi. Selainnya makanan, Semarang mempunyai minuman ciri khas yang tidak kalah nikmat. Nach, bila kamu ingin mencicipinya, berikut ialah minuman ciri khas Semarang yang harus buat kamu coba.

Wedang Kacang Tanah

Wedang kacang tanah sebagai minuman yang pas buat kamu cicipi saat udara dingin menimpa Semarang. Sesuai namanya, wedang ini dibuat berbahan khusus kacang tanah yang direbus. Karena telah direbus, kacang tanah yang dihidangkan pada minuman ini akan mempunyai struktur yang halus saat sampai dimulut.

Kacang tanah yang telah direbus itu dihidangkan bersama kuah yang berbentuk sari kacang tanah hasil rebusan barusan dan ditambah lagi beragam rempah-rempah. Wedang kacang tanah mempunyai rasa manis yang dari air kuahnya. Minuman ini akan dihidangkan dalam sebuah mangkuk kecil dan dicicipi saat lagi hangat.

Wedang Tahu

Minuman wedang yang lain yang dari kota Semarang ialah wedang tahu. Wedang tahu dibuat dari kembang tahu dan dihidangkan dengan kuah jahe yang hangat. Kembang tahu yang dipakai berasal berbahan sari kedelai yang direbus sepanjang lebih kurang empat jam sampai jadi kembang tahu.

Kabarnya, wedang tahu awalnya dibawa masuk ke Semarang oleh beberapa imigran Tiongkok pada era ke 19. Wedang tahu akan terlihat seperti bubur sumsum yang cukup menggumpal dengan wewangian jahe dan rempah yang unik. Kuah wedang nini dibuat dari jahe, gula pasir, gula jawa, dan kombinasi rempah-rempah yang lain memberikan gabungan rasa manis, hangat, dan sedikit pedas.

Baca Juga : Mengintip Pesona Keindahan Alam di Nusa Penida Bali

Jamu Jun

Minuman jamu sering sama dengan cita-rasanya yang pahit, tetapi di Semarang ada minuman jamu dengan rasa yang manis, yakni jamu jun. Jamu jun sebagai minuman ciri khas tradisionil dari Semarang berbentuk kombinasi 21 rempah-rempah yang digabung dengan gula jawa hingga tidak berasa pahit.

Jamu jun memakai bahan tepung beras, tepung ketan, dan santan yang membuat teksturnya kelihatan cukup kental. Disamping itu, saat dihidangkan jamu jun umumnya dipertambah bola-bola kecil warna coklat yang disebutkan krasikan dan dibuat dari parutan kelapa, jahe, dan gula merah. Jamu jun akan dihidangkan pada kondisi hangat.

Es Puter Cong Lik

Es puter Cong Lik teksturnye halus dan lembut, rasanya tidak begitu manis hingga tidak membuat eneg saat dikonsumsi.
Ada beragam opsi seperti rasa rasa cokelat, kelapa muda, leci, mangga, blewah, dan durian, bergantung hasrat. Jika ingin mencicip es puter cong lok dapat singgah di Jl. Ahmad Dahlan Semarang. Harga Rp13.000-Rp20.000 per jatah.

Kolak Setting Pisang

Minuman ini dibuat berbahan pisang yang diolah tanpa tambahan santan, tetapi kayu manis dan pandan. Hingga jika diminum rasanya lebih fresh. Kolak setting pisang gampang ditemui di warung makanan di daerah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *