Minuman Enak Segar Khas Tegal

Minuman Enak Segar Khas Tegal

Minuman Enak Segar Khas Tegal – Tegal sebagai kota budaya dengan slogannya Tegal Laka-laka yang maknanya Tegal tidak ada duanya. Tegal banyak memiliki makanan ciri khas yang paling mengundang selera makan. Makanan berikut yang banyak dicari saat beberapa orang tegal yang ada dimana saja mudik.

Berikut jalanjalanaja telah merangkum informasi minumannya antara lain:

Es Sagwan

Untuk kamu masyarakat Tegal pasti tidak asing dengar nama Es Sagwan. Tetapi untuk yang tidak datang dari Tegal, kemungkinan agak aneh dengar nama es ini . Maka, Es Sagwan ialah es yang ada butiran panjang seperti dawet, namun berwarna putih dan dibuat dari tepung tapioka. Es Sagwan dihidangkan dengan pendamping berbentuk potongan nangka, es serut, santan, lalu dipadankan dengan sirup merah.

Es Lontrong

Es Lontrong dibuat dari kombinasi kacang hijau, cincau hitam, es serut dan santan kental, lalu disiram dengan sirup pandan merah. Diberi nama Es Lontrong karena dahulu ada satu pedagang es dari Slawi, yang jualan di gang kecil namanya Gang Lontrong. Cara membuat es ini sendiri lumayan gampang Gansist.

Es salju

Es salju sebagai hidangan kulineran serupa es campur, satu jatahnya bersisi bermacam jenis toping, seperti roti, agar-agar, cincau, ketimun suri, sirup dan susu.Namun, es yang dihidangkan berlainan dari es-es yang lain. Es salju memakai serutan es yang telah digabung dengan santan, potongan nangka dan kolang-kaling.

Harga cukup ramah kantong, Anda perlu bayar Rp10.000 untuk biasa nikmati satu mangkuk segarnya es salju. Sementara bila ingin menambahkan toping durian cukup bayar Rp15.000.Kulineran yang telah ada semenjak 1990 ini dapat dijumpai di Jalan Kapten Ismail persisnya di muka SD Pius Tegal atau seberang jalan Gereja Mahanaim Tegal.

Es Dawet Beras Tegal

Es yang ini sebagai kulineran tradisionil ciri khas Kota Tegal. Kulineran ini mempunyai wewangian yang unik yakni wewangian harum jeruk purut.Langkah penyuguhannya juga unik, mangkok yang akan dipakai awalnya di pukul-pukul dengan jeruk purut. Selanjutnya dawet dimasukkan pada mangkok dan ditambah lagi gula merah yang telah dicairkan.

Sama seperti dawet secara umum, langkah pemrosesan dawet beras juga sama. Namun, bahan yang dipakai berlainan. Dawet beras memakai bahan baku dari tepung beras.

Es Cream Batok

Nach, bila Anda ke Slawi, Kabupaten Tegal, tidak boleh terlewat minuman modern es cream batok Galawi yang berada di Jalan KH Top Hasyim atau persisnya di samping selatan SMA N 1 Slawi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *