Berbagai Minuman Khas Pontianak


jalanjalanaja.com – Pontianak sebagai ibu-kota propinsi Kalimantan Barat yang dikenal juga sebagai Kota Khatulistiwa. Di wilayah Siantan, utara Kota Pontianak, ada Tugu Khatulistiwa. Tugu ini dibuat di lokasi yang dilewati garis khatulistiwa.

Dampak dari lokasi geografisnya, Pontianak memiliki temperatur udara yang memadai tinggi. Apa lagi di siang hari yang dapat capai 35 derajat celcius. Tidak sangsi, bila kota yang dilewati Sungai Kapuas ini mempunyai bermacam kulineran fresh yang dapat hilangkan dahaga dan panasnya sengatan panas matahari.

Ya, tidak cuma populer akan jeruk Pontianak yang rasanya fresh dan manis, kota ini memiliki minuman ciri khas fresh. Dimulai dari es cream angi sampai es jagung Pontianak yang pasti dapat buat dahagamu lenyap saat itu juga.

Ce Hun Tiao/Ce Hun Tiaw

Minuman ciri khas Pontianak ini disebutkan es campur ala-ala Pontianak. Didalamnya berbentuk kacang merah, cincau dipotong dadu kecil-kecil, jelly bening panjang, ketan hitam dan sepotong bongko. Bongko sendiri sebagai kue hijau dengan bahan warna alami pandan atau daun suji. Semua beberapa bahan itu ditumpuk dengan es serut dan disiram kuah santan encer. Kebayang donk segarnya seperti bagaimana? Oh ya, Ce Hun Tiaw ini terbanyak diketemukan di Jalan W.R Supratman atau yang umum disebutkan masyarakat sekitaran bernama Jalan Waru.

Es cream angi

Siapa sich yang tidak sukai es cream? Nach, Pontianak punyai es cream ciri khas yang tidak kalah nikmat. Berbeda dari es cream yang lain, es cream angi dihidangkan gunakan sebuah batok kelapa muda. Kelapanya dibuat sebegitu rupa supaya seperti mangkuk. Satu jatah es cream angi berisi 3 scoop es cream homemade dengan variasi rasa berbeda. Selanjutnya diperlengkapi dengan jelly panjang seperti mi dan kacang merah. Fresh, manis, dan renyah pada sebuah suapan. Kebayang nikmatnya, kan?

Baca Juga : Resep Gudeg Khas Jogja Yang Harus Kalian Coba

Es lidah buaya

Selainnya jeruk, kota Pontianak sebagai produsen lidah buaya favorit di Indonesia. Tidak bingung jika es lidah buaya ciri khas Pontianak menjadi salah satunya minuman yang punyai banyak fans. Bahkan juga minuman ini jadi menu wajib buat buka pada bulan puasa. Umumnya lidah buaya dicuci dan diproses lebih dulu, seterusnya dipotong dadu. Selanjutnya digabungkan dengan sirup dan es batu. Atau juga bisa dikasih tambahan biji selasih. Fresh setelah!

Es jagung Pontianak

Walau dibuat berbahan yang antimainstream, minuman ciri khas Pontianak ini punyai rasa yang akan buat kamu rindu. Es unik satu ini dibuat dari jagung manis yang masih terbilang muda. Jagung muda itu selanjutnya direbus sampai lunak dan gurih. Kulineran fresh dengan sari jagung manis ini umumnya dihidangkan dalam mangkok dengan es baru, sedikit gula dan susu kental manis. Halus, manis, dan segarnya es jagung akan menganakemaskan lidahmu, apa lagi bila dikonsumsi di siang hari.

Es jeruk

Pontianak terang populer dengan salah satunya buahnya, yakni jeruk pontianak. Tidaklah aneh, bila kamu akan secara mudah mendapati penjual es jeruk pontianak di sini.

Buahnya yang telah berasa manis perlu dikasih sedikit gula sesudah diperas dan dipertambah air. Kamu dapat nikmati es jeruk ini saat cuaca sedang terik. Ditanggung, kamu segera kembali fresh, dech.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *