Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng

Wisata Petak 9 Bukit

Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng – Panorama Dataran Tinggi Dieng memang amat mempesona. Deretan bukit dan gunung-gunung dengan pohon-pohon hijau berkabut yang memutari telaga-telaga cantik dan pemukiman penduduk di bawahnya menghasilkan lanskap alam yang memikat. Lanskap panorama Dataran Tinggi ini tentu akan lebih cantik apabila disaksikan di daerah yang tinggi dan strategis. Salah satu daerah strategis untuk memperhatikan estetika alam Dataran Tinggi Dieng dari dari atas yakni Wana Tamasya Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng. Sama seperti Telaga Warna, Wana Tamasya Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng juga berlokasi di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah jalanjalanaja.com.

Mengenal Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng

Wana Tamasya Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng adalah sebuah bukit kecil di zona wilayah liburan Telaga Warna yang menjadi salah satu daerah unggulan pelancong untuk memperhatikan lanskap Telaga Warna dari atas. Objek liburan ini amat strategis untuk menerima view Telaga Warna bersandingan dengan Telaga Pengilon dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang mengelilinya. Dari puncak Bukit Sidengkeng ini warna-warni permukaan Telaga Warna yang berkilau ketika disinari sang surya kelihatan lebih terang, tidak terhalang oleh pemukiman penduduk atau pohon-pohon yang rindang. Apalagi ketika kabut tak terlalu tebal. Titik menawan inilah yang diburu penikmat alam dan pecinta fotografi dari beraneka penjuru.

Baca Juga : Wisata Wonosobo yang Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Lanskap panorama Telaga Warna sesungguhnya telah kelihatan di tengah perjalan menuju Wana Tamasya Petak 9. Melainkan, untuk panorama yang lebih terang tentu ada di puncaknya. Di puncak Bukit Sidengkeng, terdapat sebuah rumah pohon untuk beristirahat dan baru-baru ini difungsikan sebagai gardu pandang oleh pelancong untuk memperhatikan Telaga Warna. Meskipun tak terlalu tinggi, dari rumah pohon ini Anda dapat menerima titik Telaga Warna terbaik. Kecuali itu, rumah pohon juga dapat dimasukkan dalam objek foto dengan latar belakang Telaga Warna.

Camping Asyik di Camping Ground Wana Tamasya Petak 9 Bukit Sidengkeng

Tak akan puas rasanya apabila Anda cuma sejenak saja di Wana Tamasya Petak 9 Sidengkeng Dieng. Banyak lagi objek menawan yang semestinya Anda saksikan dan dokumentasikan kecuali Telaga Warna yang berwarna-warni dan Telaga Pengilon yang bening. Untuk memuaskan dahaga Anda akan panorama cantik, Anda dapat camping asyik di Camping Ground yang terdapat di Puncak Bukit Sidengkeng. Pengelola Wana Tamasya Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng menyediakan zona camping di tanah yang datar dan luas. Zona camping yang luas ini dapat muat sampai 100 buah kemah. Tak akan mengecewakan camping di Bukit Sidengkeng. Apalagi di zona camping Anda akan dikelilingi oleh bunga-bunga yang menawan.

Dengan ber-camping Anda juga dapat memperhatikan gagahnya gunung-gunung yang memutari Dataran Tinggi Dieng. Jikalau cuaca cemerlang dan kabut tak terlalu tebal, Anda akan dapat memperhatikan Gunung Sindoro yang berwarna biru, Gunung Prau yang membumbung tinggi, dan Gunung Sumbing yang megah di kejauhan. Pemukiman penduduk dengan hamparan lahan pertaniannya juga tidak keok cantik dari Puncak Bukit Sidengkeng.

Tak cuma itu, camping di Wana Tamasya Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng akan membikin Anda berkesempatan memperhatikan cantiknya sunrise di pagi hari dan sunset di senja harinya di langit Dieng yang menakjubkan. Di kala malam Anda juga dapat merasakan taburan bintang (milky way) yang menawan apabila tak berkabut. Benar-benar camping yang seru.

Penamaan Wana Tamasya Petak 9 Bukit Sidengkeng

Banyak orang yang masih belum tahu mengapa Bukit Sidengkeng juga disebut Petak 9. Untuk dikenal, Bukit Sidengkeng diberikan nama Petak 9 oleh Perum Perhutani. Hakekatnya, Perum Perhutani memberi nama “petak” untuk seluruh objek liburan Dieng, seperti halnya Gunung Prau diberikan nama Petak 8 dan Bukit Sikunir diberikan nama Petak 10. Padahal istilah wana liburan bisa diistilahkan sebagai objek-objek liburan alam yang dibangun dan dimaksimalkan oleh Perum Perhutani di dalam wilayah hutan produksi atau hutan lindung dengan tak merubah fungsi pokoknya, yakni daerah liburan.

Wana Tamasya Petak 9 Bukit Sidegkeng sebagai Wilayah Konservasi Tanaman Endemik Dieng

Tenaga tarik Wana Tamasya Petak 9 Bukiti Sidengkeng Dieng tak cuma sebatas lanskap Dataran Tinggi Dieng saja. Jikalau Anda mendaki bukit akan terasa hawa teduh dari pohon-pohon dan tanaman-tamanan bunga menawan yang mungkin saja belum pernah Anda lihat sebelumnya. Pohon-pohon dan bunga itu yakni beberapa tanaman endemik Dataran Tinggi Dieng. Sebagai wana liburan, Bukit Sidengkeng yang masuk dalam Wilayah Konservasi Telaga Warna dihasilkan daerah pengumpulan dan pengembangbiakan tanaman endemik Dataran Tinggi Dieng. Jadi, dapat dikatakan Wana Tamasya Petak 9 Dieng sebagai hutan lindung yang diwujudkan untuk melestarikan tanaman endemik Dieng yang telah mulai punah dan sebagai sarana belajar.

Trek Masuk Wisata Petak 9 Bukit

Rute menuju Wana Tamasya Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng sangatlah gampang sebab posisinya masih di wilayah liburan Telaga Warna. Dari kota Wonosobo Anda dapat berkendara ke Dieng. Tidak di Dieng Anda akan menjumpai pertigaan. Dari pertigaan ambil jalanan kiri ke arah Telaga Warna. Tak terlalu jauh dari pertigaan, yakni sebelum Telaga Warna, disebelah kiri jalan Anda akan menjumpai sebuah gerbang masuk atau gapura berbentuk candi bertuliskan “Welcome to WANA WISATA PETAK 9 DIENG”. Parkirkan kendaraan Anda lalu lantas membayar karcis masuk wilayah liburan sebesar Rp5.000,- di pintu gerbang masuk.

Gerbang Liburan Wana Tamasya Petak 9 oleh Wulan Praptiwi

Dari gapura wana liburan, Anda semestinya mendaki bukit via jalan setapak untuk menempuh puncak. Jangan kuatir, medan pendakian cukup gampang dan cuma memerlukan waktu 15 menit saja sampai puncak. Di permulaan pendakian Anda akan menjumpai jalan kecil menanjak yang telah di cor sekitar 50 meter. Walaupun itu Anda akan mendaki di jalan tanah yang cukup berdebu. Sekitar sebagian menit, jalan setapak yang dilewati cukup rimbun oleh pohon-pohon dan tanaman-tamanan yang menawan. Rindangnya pohon-pohon meneduhkan perjalan Anda dan tentu saja membikin udara menjadi teduh. Melainkan, sesudah hampir menuju puncak pohon-pohon mulai jarang, cuma ada sedikit di kanan-kirinya. Meskipun tak terlalu menanjak, Anda konsisten semestinya hati-hati melangkah sebab di sisi kanan jalan setapak ada lembah yang cukup terjal. Walaupun 15 menit mendaki sampailah di Puncak Bukit Sidengkeng.

Telaga Warna Dieng dari Wisata Petak 9 Bukit

Sesampai di puncak, semua lelah selama perjalanan akan hilang. Pandangan Anda akan segera tertuju pada lanskap Telaga Warna bersandingan dengan Telaga Pengilon yang bersolek lukisan cantik gunung-gunung hijau yang memikat. Benar-benar akan menjadi perjalanan liburan yang takkan terlupakan. Lepaskan semua lelah dan problem yang menjadi rutinitas Anda dengan memperhatikan cantiknya Dieng dari Wana Tamasya Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng. Niscaya rasa tenteram dan rileks akan Anda temukan. Dan jangan lupa siapkan kamera Anda untuk mengabadikannya atau berfoto ria dengan latar belakang lanskap Telaga Warna.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *