Taman Nasional di Sumatera Penjaga Flora & Fauna


Taman Nasional di Sumatera tidak cuma menaruh estetika alamnya saja, tapi rumah bagi satwa-satwa yang hampir punah. Taman nasional juga menjadi rumah dan sumber kehidupan dari suku-suku yang hidup di dalamnya jalanjalanaja.com.

Daftar Taman Nasional Di Sumatera

Berikut ini review seputar taman nasional di Sumatera yang menjadi pelindung dari keanekaragaman hayati alam Indonesia.

1. Taman Nasional Gunung Leuser (Aceh)

TNGL ialah singkatan dari Taman Nasional Gunung Leuser, sebuah daerah pelestarian alam dengan luas sekitar 1.094.692 Ha. Letak dari TNGL sendiri berada di di Provinsi ialah DI Aceh, dan Sumatera Utara. TNGL mempunyai dua status internasional ialah Cagar Biosfer dan Web Warisan Dunia.

Baca Juga : 10 Buah Khas Kalimantan dengan Rasa dan Bentuk yang Unik

Nama taman nasional ini berasal dari Sebuah Gunung di Aceh dengan nama yang sama. TNGL menjadi rumah bagi spesies langka yang dilindungi seperti Orangutan Sumatera, harimau Sumatera, Badak Sumatera dan yang lainnya. TNGL juga menjadi lokasi tumbuhnya bunga langka Rafflesia.

Domisili : Kong Paluh, Kutapanjang, Kab. Gayo Lues. Prov. DI Aceh
Jam Buka : 24 Jam
HTM : Weekday WNI Rp5.000, WNA Rp150.000, Weekend WNI Rp7.500, WNA Rp225.000

2. Taman Nasional Way Kambas (Lampung)

Dikala mendengar Taman Nasional Way Kambas, mungkin hal pertama yang terlintas yaitu gajah. Melainkan kecuali dari gajah, taman tamasya ini juga ialah daerah konservasi untuk Badak Sumatera. Sumatera Rhino Sanctuary ialah program pengembangbiakan badak yang betul-betul langka.

Way Kambas juga mempunyai keanekaragaman hayati pada empat ekosistem yang dimilikinya. Kecuali sebagai daerah konservasi Taman Nasional Way Kambas juga mempunyai wahana tamasya yang bisa kau kunjungi. Kecuali dari memperhatikan gajah dari dekat kau juga bisa menelusuri sungai juga hutannya.

Domisili : Kec. Labuan Ratu Timur, Kab. Lampung Tengah & Lampung Timur. Provinsi Lampung
Telepon/Fax : 0725-7645024 / 0725-7645090
Jam Buka : 24 Jam
HTM : Weekday WNI Rp5.000, WNA Rp150.000, Weekend WNI Rp7.500, WNA Rp225.000
Parkir : Motor Rp5.000, Beroda Rp10.000, Bis Rp10.000

3. Taman Nasional Berbak (Jambi)

Taman Nasional Berbak atau yang lazim disingkat dengan TNB ialah taman nasional yang berada di Provinsi Jambi. Taman Nasional ini mempunyai wilayah pelestarian yang unik, perpaduan antara hutan rawa gambut dengan hutan rawa tawar. Berbak mempunyai fauna yang populasinya betul-betul sedikit.

TNB ialah wilayah konservasi hutan rawa yang terluas di Asia Tenggara, dan daerahnya yang masih perawan. Lanskap dari TNB sering kali dianggap orang mirip dengan lanskap dari hutan Amazon. Panorama dari sungainya yang di pagari mangrove mengingatkan orang pada hutan Amazon.

Daerah ini mempunyai berjenis-jenis spesies, secara khusus untuk pencinta burung, kau bisa melaksanakan pengamatan pada berjenis-jenis burung yang terdapat di wilayah ini. Kecuali itu kau juga bisa melaksanakan susur sungai di sungai Air Hitam yang airnya berwarna hitam yang berasal dari gambut.

Domisili : Kab. Tanjung Jabung, Provinsi Jambi
Telepon : (0741) 667983
Jam Buka : 08.00 – 22.00 WIB
HTM : Rp10.000

4. Taman Nasional Siberut (Sumatera Barat)

Taman Nasional Siberut ialah sebuah wilayah konservasi yang berada di Pulau Siberut di Kabupaten Mentawai di Provinsi Sumatera Barat. Luas dari taman nasional ini sekitar 190.500, dan ialah rumah bagi primata yang terancam punah seperti siamang dan kera Mentawai.

TN Siberut ialah satu diantara sebagian taman nasional yang diatur sebagai cagar biosfer di Indonesia oleh UNESCO. Wilayah ini masih minim sentuhan manusia sehingga habitat dari flora dan faunanya jauh lebih bagus. Wilayah ini juga mempunyai potensi sebagai wahana tamasya.

Wisata di TN Siberut ini tentunya bagi orang-orang yang senang berpetualang. Wisatanya berupa menyusuri atau trekking hutan dan sungai, atau bermain di pantainya. Selain dari wisata alam kamu juga dapat mengenal kearifan lokal yang khas dari masyarakat di sekitar TN Siberut ini.

Alamat : Siberut Utara, Kab. Kepulauan Mentawai. Provinsi Sumatera Barat
Telepon : (061) 761-2517
Jam Buka : 07.00 – 18.00 WIB
HTM : Rp95.000 – Rp300.000 (Biaya penyebrangan kapal fery)

5. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (Riau & Jambi)

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh atau yang biasa disingkat TNBT merupakan taman nasional yang melintasi dua provinsi dan juga kabupaten. TNBT berada di Provinsi Riau dan juga Jambi dengan luasnya sekitar 143.143 hektar, dengan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah.

Ekosistem yang dimiliki oleh TNBT menjadikan hutannya kaya akan keragaman flora dan fauna. Kawasan ini juga merupakan rumah bagi satwa-satwa yang terancam punah. Tak hanya rumah bagi satwa langka, TNBT juga rumah bagi Orang Rimba dan Talang Mamak, suku asli dari kawasan ini.

Alamat : Rantau Langsat, kec. Batang Gangsal, Kab. Indragiri Hulu. Provinsi Riau
HTM : WNI Rp5.000, WNA Rp150.000

6. Taman Nasional Kerinci Seblat (Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu)

Taman Nasional Kerinci Seblat yang disingkat TNKS merupakan taman nasional terluas di Sumatera dengan luasnya sekitar 1.424.650 ha. Luas dari taman nasional ini meliputi hingga 20 kota dan 4 provinsi, diantaranya adalah Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu.

Taman nasional ini memiliki hampir 30 gunung dan bukit, dengan gunung tertingginya adalah Gunung Kerinci. Ketinggian dari Gunung Kerinci tersebut 3.805 mdpl, dan memiliki flora dan fauna endemik. TNKS juga termasuk taman nasional yang masuk ke dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Pendakian menuju Gunung kerinci merupakan satu dari beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan di TNKS. Selain tempat pendakian, di TNKS ini kalian juga dapat melihat keindahan dari danau yang berada di ketinggian. Satu diantaranya adalah Danau Gunung Tujuh, danau tertinggi di Asia Tenggara.

Alamat : Jl. Basuki Rahmat No.11 Kec. Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi
Telepon : +62 822 8939 4947
Jam Buka : 24 Jam
HTM : WNI Rp22.000, WNA Rp250.000

7. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (Lampung & Bengkulu)

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang biasa disingkat dengan TNBBS merupakan kawasan pelestarian yang ditujukan untuk melindungi hutan hujan tropis di daerah Sumatera. UNESCO pun telah memasukan TNBBS ke dalam Situs Warisan Dunia pada tahun 2004.

Taman Nasional ini membentang di antara dua provinsi yaitu Lampung dan Bengkulu, dengan luas sekitar 355.511 hektar. Kawasan ini merupakan rumah bagi, gajah, harimau, dan badak sumatera yang terancam punah. TNBBS memiliki pesona alam yang luar biasa, yang membuatmu terpesona.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *